Tips yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertama

Tips yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertama 1

Semester pertama adalah langkah awal dari perjuangan panjang anda selama kuliah. Apa yang anda lakukan di semester pertama kuliah sangatlah berdampak pada empat tahun kedepannya.

Dan, Berikut Tips yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertama

Rajin Masuk Kelas

Tampaknya sederhana, tetapi ini cukup menjadi masalah bagi sebagian orang. Masuk perkuliahan, anda sudah mulai bebas dengan gaya belajar anda tanpa pengawasan orang tua yang ketat. Iman anda bakal tergoda untuk bolos kelas apalagi dengan kondisi seperti sekarang yang masuk kelas menggunakan google classroom. Kalau di semester awal saja sudah sering membolos, apalagi di semester akhir nantinya.

Kenali Diri Anda Lebih Dalam Lagi

Yaps, di semester pertama adalah waktunya untuk menjelajahi dan menggali lebih dalam makhluk apa sebenarnya anda ini. Apa passion, kelebihan dan tujuan hidup anda. Jika tidak bisa mengenali diri sendiri, susah juga untuk sukses dalam perjuangan anda kedepannya.

Ikutilah tes psikologi online gratis yang tersedia di internet, sering-seringlah konsultasi dengan ahli psikologi pendidikan kampus anda. Biasanya di kampus terdapat badan konsultasi mahasiswa yang siap menerima kegalauan dan curhatan keresahan anda.

Bergabung dengan Organisasi maupun UKM

Kuliah pertama anda adalah momentum untuk ekslorasi. Banyak organisasi dan ukm di kampus yang mulai open recruitment. Biasanya mereka baru buka lagi setahun sekali, jangan sampai menyesal karena tidak memanfaatkan waktu pendaftaran ini. Jangan sampai jadi mahasiswa yang kuliah kupu-kupu atau mahasiswa kelelawar.

Petakan Orang-orang di Lingkungan Sekitar Anda

Sebagai anak mahasiswa baru, anda harus mulai memetakan orang-orang yang ada di sekitar anda agar tidak salah pergaulan. Anda akan dikelilingi banyak orang dari A sampai Z. Kenali dosen yang killer, mana dosen yang santai. Mana teman  yang serius kuliah dan mana yang kuliahnya cuman main-main saja. Anda harus bisa memilih jaringan mana yang terbaik untuk dijaga dan diprioritaskan.

Perluas Jaringan Anda

Anda harus sering-sering PDKT ke dosen, senior, staf kemahasiswaan, anak pers, Ketua Organisasi, BEM kampus dan sebagainnya. Mereka adalah orang-orang yang prospektif yang bermanfaat jika anda kenal akrab dengan mereka.

Mulai Mencari Mentor

Anda harus menarget beberapa orang yang anda anggap sebagai role model, sosok inspiratif penuh pengalaman yang bisa memberikan arah dan nasehat. Orang ini bisa saja dosen, senior, orang-orang berprestasi, kenalan organisasi bahkan teman seangkatan. Anda akan bertemu banyak orang hebat disana, jadikanlah mereka mentor agar anda tidak tersesat mengejar kesuksesan anda. Keep Humble and Learn From Them!

Mulai Membuat Rencana Jangka Panjang

Setelah lulus besok mau ngapain? mungkin agak susah menjawab pertanyaan itu waktu anda masih semester pertama. Namun, anda tetap harus punya tujuan jangka panjang meskipun masih fleksibel, ini sebagai standing point kesuksesan anda kelak nantinya. Jangan sampai menyesal karena terlambat mempersiapkannya. Segeralah cari-cari info terkait kampus atau perusahaan tujuan anda setelah lulus nantinya. Jangan lupa juga timeline persemester mau ngapain aja dari sekarang, persiapkan dari sekarang itu sangat perlu dan penting.

Maksimalkan Media Sosial untuk Update Berbagai Info

Sosial media anda harus mulai follow akun info penting untuk kesuksesan anda. Mulailah follow akun yang membagikan tentang info seputar kampus, beasiswa, exchange, dan sebagainnya. Informasi adalah hal sederhana dan utama kesuksesan anda, jangan sampai hanya karena telat info jadi alasan kegagalan anda.

Aktif di Dalam Kelas

Hal yang perlu anda lakukan adalah aktif di kelas, aktif di dalam kelas ini berarti ketika ada diskusi di dalam kelas maka anda akan mengeluarkan pendapat atau bertanya. Kalau dosen anda bertanya maka anda akan menjawabnya dengan benar dan anda pun akan mengerjakan semua tugas-tugas yang diberikan oleh dosen anda.

Aktif di dalam kelas ini pun dapat mempengaruhi nilai akhir anda nantinya, Kalau anda ingin mendapatkan IPK  yang bagus maka, cobalah untuk aktif di dalam kelas. Hal ini pun menjadi suatu hal yang wajib untuk anda lakukan.

Buatlah Daftar Tugas, Deadline Waktu Skala Prioritas Lakukan Segera dan Jangan Menunda Tugas

Agar tidak lupa buatlah daftar tugas berikut tanggal batas akhir pengumpulan tugas dan buat skala prioritas pekerjaan sesuai dengan batas akhir pengumpulan. Daftar ini bisa dibuat dalam kertas atau noted dengan warna terang dan di taruh di meja atau bisa juga dicatat di handphone.

Lakukan segera jangan menunda tugas karna itu penting dilakukan, hal tersebut merupakan langkah awal yang baik untuk menyelesaikan tugas tepat waktu dan menjadi langkah awal yang buruk bila tidak menyelesaikan tugas dengan tepat waktu karna disamping itu juga belajar cara memanage waktu karna kalo di semester pertama saja sudah tidak mengerjakan tugas dengan baik apalagi nantinya di semester lainnya.

Berikut, Tips yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertama, gimana? banyak kan yang harus anda lakukan di semester pertama jadi mulailah berdaptasi dan berkembang dari berbagai aspek untuk menjadi mahasiswa yang berkualitas dari segi apapun. Semoga Bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Divisi Danus