Toleransi antar Masyarakat di Indonesia khususnya antar umat beragama

Toleransi antar Masyarakat di Indonesia khususnya antar umat beragama

Manusia adalah makhluk sosial, sebagai makhluk sosial tidak bisa mengabaikan keberadaan orang lain di kehidupan pribadinya. Sesama manusia dituntut untuk saling berinteraksi satu sama lain, dari hubungan individu tersebut dihadapkan dengan banyak nya perbedaan seperti perbedaan Ras,Suku,Agama dan juga Budaya.

adalah dengan banyak Ras, Suku,Budaya dan Agama yang tersebar di masing-masing daerah. Dengan banyak nya perbedaan ini membuat setiap individu harus memiliki sikap antar sesama, dengan adanya perbedaan apapun tidak dapat mempecahbelahkan masyarakat di daerah manapun.

sendiri artinya sikap toleran atas perbedaan yang ada, menghargai perbedaan, menghargai sesama manusia, tanpa membedakan dia berasal dari suku dan agama apapun. merupakan hal wajib yang dimiliki seseorang, bahkan setiap pemeluk agama harus saling bertoleransi terhadap agama masing-masing untuk kemaslahatan sesama serta perdamaian akan selalu menyertai.

Baca juga  Alasan Orang Indonesia Malas

Agama Mengajarkan kepada kita pengikutnya agar menjadi umat yang baik di dunia, saling mengenal, menyayangi dan mengasihi, saling bergotong royong saling membantu tanpa membedakan antar sesama. Tanpa ada sikap saling menghormati, pergesekan antar suku,agama pasti akan menimbulkan permasalahan baru di masyarakat.

Baca juga  5 Wisata Padang Pasir Terkenal Yang Ada di Indonesia

Bahkan dalam UUD 1945 pasal 29 ayat 2, membebaskan setiap warga nya untuk memeluk dan mempercayai agama yang mereka anut tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. dengan ini Hak dan Kewajiban umat beragama telah tertanam dalam nilai-nilai yang terkandung dalam UndangUndang.

keberagaman agama di Indonesia
keberagaman agama di

memiliki banyak manfaat bagi sesama makhluk hidup, yaitu

  1. memperkuat hubungan antar individu
  2. membuat tali silaturahmi yang baru
  3. memperkaya pertemanan
  4. hidup bermasyarakat menjadi tentam dan aman
  5. menjadikan diri kita menjadi orang yang sangat menghargai perbedaan dan bisa menerimanya

Dengan banyak nya pentingnya ini, sedari kecil mulai tumbuhkan ke diri kita, ke anak kita, ke sesama makhluk untuk saling bertoleransi. Demi terciptanya kerukunan, perdamaian, dan kesejahteraan masyarakat di tengah banyak nya perbedaan yang ada. menjadi garda terdepan untuk menciptakan suasana tersebut.

Baca juga  Nostalgia, 5 Klub Era Galatama yang Sempat Populer di Masa Lalu

Dengan demikian, Sikap yang perlu kita tumbuh kembangkan untuk menjaga dimulai dengan praktik kehidupan sehari-hari yang berdasar pada prinsip kehidupan bermasyarakat. untuk itu kita perbaiki bagaimanakita harus bersikap yang baik terhadap sesama dan tanpa harus membeda-bedakan setiap orang dari sisi manapun.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Tria Sulistiawati