Top 5 Serangan Fatal dari Buah Segar


Top 5 Serangan Fatal dari Buah Segar 1

Sketsa terkenal dari superstar komedi Monty Python tahun 1969 mengingatkan kita akan bahaya yang sangat realistis yang ditimbulkan oleh calon penyerang yang dipersenjatai dengan sepotong buah segar. Entah itu karena tersedak atau keracunan,  buah segar dapat membunuh. Memang terdengar mengerikan karena mana mungkin sepotong buah segar dapat membunuh seseorang? Namun, hal tersebut memanglah dapat terjadi, dan berikut adalah 5 contoh kasus menarik mengenai serangan fatal dari buah segar yang terkenal :

1. Leci mematikan

Top 5 Serangan Fatal dari Buah Segar 3

Jadi apabila sesuatu tidak langsung beracun, dan tidak membawa infeksi yang dibawa oleh bakteri, aman bukan? Belum tentu. Pada tahun 2017, penelitian yang diterbitkan di Lancet menunjukkan bahwa leci telah meracuni lebih dari 100 anak setiap tahun di India utara. Mungkin buah leci adalah suguhan yang eksotis dan lezat. Namun, sampel urin menemukan bahwa dua pertiga dari anak-anak yang sakit menunjukkan bukti paparan racun dalam biji leci, yang ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi pada buah-buahan mentah. Dengan adanya racun ini, sintesis glukosa sangat terganggu lalu menyebabkan gula darah rendah yang berbahaya dan peradangan otak.

Bagi anak-anak yang kekurangan gizi dan kurang makan, mengemil leci terbukti lebih menyebabkan kematian. Leci memiliki sejenis racun yang masuk dan mengendap di hati anak-anak ini, dan ketika suhu naik, racun itu dilepaskan. Separuh dari korban yang dirawat di rumah sakit di Muzaffarpur, India utara, tidak pernah pulih.

2. Melon melankolis

Top 5 Serangan Fatal dari Buah Segar 4

Infeksi listeria paling sering dikaitkan dengan produk susu yang tidak dipasteurisasi dan sandwich kemasan dingin yang sudah dikemas, tetapi terdapat sebuah insiden akibat infeksi listeria ini pada buah. Pada 2011, CDC melaporkan lima belas orang yang meninggal setelah mengonsumsi melon-melon yang terkontaminasi, bersama dengan 72 penyakit tambahan menjadikannya wabah penyakit yang ditularkan melalui makanan paling mematikan di Amerika sejak 1998.

Pada 2018, empat orang di New South Wales meninggal karena listeria yang tertular dari semangka yang terkontaminasi, mendorong buah ditarik dari rak supermarket. Bahkan, kehamilan dapat meningkatkan peluang tertular listeria sepuluh kali lipat .

3. Serangan cherry

Top 5 Serangan Fatal dari Buah Segar 5

Pada tahun 1850, Presiden AS ke-12 Zachory Taylor, menemui ajal setelah menyikat beberapa  buah cherry. Pada bulan July di Washington, D.C., Presiden Taylor menghadiri perayaan di tempat yang baru saja didedikasikan di mana Monumen Washington akan didirikan. Menurut beberapa sumber, Taylor menelan sejumlah besar ceri dan es susu dan kemudian kembali ke Gedung Putih, di mana dia memuaskan dahaga dengan beberapa gelas air. Lima hari kemudian, pada usia 65 tahun, dia meninggal.

Mitos yang ada pada saat itu mengaitkan timbulnya kram perut adalah akibat dari mengonsumsi banyak buah dan susu pada saat yang sama, khususnya ceri dalam jumlah besar. Berlainan dengan mitos, dokter memutuskan bahwa Presiden Taylor meninggal karena ‘kolera mobus’ yang lazim di era pembuangan limbah dan sanitasi yang buruk, bakteri yang ada di air yang dia minum serta air yang digunakan untuk mencuci buah cherry tersebutlah yang mengakitbatkan ia meninggal.

4. Apel kecil kematian

Top 5 Serangan Fatal dari Buah Segar 6

Pohon ‘Machineel’ (‘manazilla de la muerte‘ dalam bahasa Spanyol, diterjemahkan sebagai ‘apel kecil kematian’) umum ditemukan di sepanjang pantai Karibia dan terkenal mematikan. Pohon itu sendiri menghasilkan zat pengiritasi yang kuat pada getahnya. Menyentuh kulit kayu, atau hanya berdiri di bawah pohon tersebut, dapat menyebabkan cedera. Meskipun buahnya yang berwarna hijau cerah menyerupai apel yang matang, efek toksiknya meliputi gastroenteritis parah, pembengkakan saluran napas dan tenggorokan, serta pendarahan internal.

Para pelaut yang karam selama berabad-abad telah berjatuhan dari ‘apel surga’ ini. Juan Ponce de Leon penjelajah Eropa terkenal atau 1513, juga konon meninggal di tangan tanaman beracun itu.

5. Anggur yang murka

Top 5 Serangan Fatal dari Buah Segar 7

Bulat, matang dan enak? Jangan biarkan ukurannya yang kecil membuat anda terbutakan oleh bahaya mereka . Anggur adalah buah yang disepelekan oleh orang-orang, karena mereka berpikir buah ini tidak dapat membunuh. Pada tahun 2017, seorang bocah lelaki berusia lima tahun tersedak sampai tewas  sepulang sekolah karena anggur. Upaya yang cepat dan tepat untuk mengeluarkan anggur tersebut, tidaklah berhasil dan anak tersebut mengalami serangan jantung. Lalu kemudian, paramedis berusaha mengeluarkan anggur tersebut dengan penjepit khusus, tetapi usaha mereka sudah terlambat.

Itulah 5 kisah yang mengakibatkan serangan fatal diakibatkan oleh buah-buah yang segar. Siapa kata buah tidak dapat membunuh manusia? Memang lebih tepat apabila kita berhati-hati dalam memakan buah atau dalam beraktivitas.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Carelo Caiiel

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap