Tradisi Riungan Hari Raya Idul Fitri yang Harus di Lestarikan

Tradisi Riungan Hari Raya Idul Fitri yang Harus di Lestarikan


Hari Senin (01/06/2022) telah ditetapkan sebagai awal bulan Syawal 1443 H, yang berarti Hari Raya Idul Fitri.

Hari Kemenangan ini disambut gembira dan rasa syukur oleh seluruh umat Islam.

Takbiran merupakan momentum dalam menyambut hari raya idul fitri. Untuk menagungkan Kebesaran Allah SWT.

Dok.dadannurjaman
Dok.dadannurjaman

Di Kampung Cimanggu Rt 001 Rw 007, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, ada tradisi ngariung yang dilaksanakan pada malam menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga  Kandungan Kalori dalam Kue Kering

Dalam tradisi ngariung ini, semua masyarakat di kampung membawa makanan yang mereka miliki seperti nasi, lauk pauk dan juga kueh-kueh khas kampung ke masjid terdekat atau mushalah.

Makanan yang terkumpul ini kemudian makan kembali kepada seluruh warga,  sebagai bekal untuk masyarakat yang melangsungkan takbiran di mesjid.

Baca juga  Selain Pusat Kota Bandung, Berikut 6 Tempat Wisata Bandung yang Instagrammable

Sebelum makanan dibagikan, masyarakat membacakan dzikir tahlil dan surat yasin sebagai rasa syukur kepada Allah Swt.

makanan yang terkumpul dalam acara ngariung dimakan bersama-sama secara acak kepada masing-masing warga. Agar kebersamaan masyarakat semakin kuat.

Baca juga  Ide Mengisi Libur Lebaran di Rumah bersama Keluarga Besar
Dok.Dadannurjaman
Dok.Dadannurjaman

“Kalau warga lain gak punya daging kerbau, ada warga yang punya. Kan warga yang gak punya bisa makan daging,” ujar Didin, selaku ketua Rt kp cimanggu.

Menurut Didin , tradisi ngariung ini banyak hikmahnya. Selain untuk mempererat silaturahmi antarwarga, ngariung juga mengajarkan kedermawanan dan menumbuhkan rasa simpati di antara sesama manusia.

Tradisi riungan ini harus kita jaga dan rawat jangan sampai hilang karena sangat banyak manfaat dan hikmah yang bisa di ambil.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Dadan Nurjaman