Trafik Website Atau Blog Anda Menurun Tiba-Tiba? Ternyata Ini Penyebabnya

Trafik Website Atau Blog Anda Menurun Tiba-Tiba? Ternyata Ini Penyebabnya 1

Saya yakin anda akan geram dan kesal ketika mendapati salah satu trafik di blog anda tiba tiba turun drastis. Banyak orang kesal dan geram lantaran trafik blog nya turun drastis padahal dia merasa tidak melakukan kesalahan sedikitpun, Namun buat kamu para blogger hal ini biasa terjadi dalam dunia website jadi sebelum kamu panik dan kesal sebaiknya kamu menenangkan dirimu terlebih dahulu.

Biasanya seorang blogger akan enggan melanjutkan menulis karena cuma gara gara turun nya trafik, padahal segala sesuatu itu dimulai dari kegagalan dan tidak ada orang yang sukses mendadak tanpa usaha yang gagal karena dengan kegagalan inilah yang memotivasi diri dan mendorong kita mencapai kesuksesan dengan pengalaman yang kita dapatkan ketika gagal dulu.

Mungkin sudah banyak dari kamu merasakan kesuksesan pada saat tinggi tingginya trafik pada blog kamu tentu kamu merasakan sangat senang bukan, Apalagi website yang kamu gunakan sebagai website bisnis namun sebagian orang akan merasakan kesal dicampur adukkan dengan frustasi jika trafik blog kamu turun drastis sudah pasti profit website kamu juga akan ikut turun.

Biasanya turunnya pengunjung pada blog kamu disebabkan oleh faktor faktor yang sederhana tetapi tidak disadari para blogger penasaran? Langsung aja simak 5 penyebab trafik blog anda turun drastis dan hal yang harus kamu lakukan ketika blog trafik blog anda turun.

1. Jarang Upload Artikel

Biasanya para pengunjung tetap diwebsite dia pasti menginginkan info terupdate dan menarik jika pengunjung tetal ini sudah membaca semua artikel kamu tetapi kamu jarang atau lupa upload artikel hal ini akan memberikan dampak kepada kamu contohnya para pengunjung akan bosan dan beralih kewebsite lain yang lebih update dan menarik. Kembali saya tekankan memperbarui konten dalam suatu website itu sangatlah penting, Biasanya banyak kesalahan kesalahan fatal dalam menerbitkan artikel baru seperti langsung membuat artikel sebanyak banyaknya dan menerbitkan semua artikel itu dalam satu hari setelah itu kamu enggak menerbitkan artikel lagi dengan alasan sudah banyak kemarin artikel yang diterbitkan, Dalam membuat artikel kamu harus lebih terjadwal tetapi tetap konsisten. Dari pada kamu membuat artikel sebanyak banyaknya lalu jarang terbuka artikel lagi lebih baik kamu membuat 1 hari 1 artikel lalu besok nya lagi 1 artikel dan seterusnya dengan ini konten kamu kan jadi terjadwal dan konsisten Nah untuk tips agar tetap konsisten dan terjadwal dalam perbarui konten simak tips tips dari saya ini yaa.

  • Kumpulkan ide judul sebanyak banyak mungkin dan semenarik mungkin.
  • Setelah dikumpulkan ide ide judul tadi kamu salin semua judul itu ke draft pada website caranya seperti kamu menulis artikel hanya saja kamu buat judul saja lalu kamu klick simpan draft.
  • Nanti jika kamu ingin menulis artikel kamu bisa memilih ide judul yang menarik yang telah kamu buat dan menulis sesuai dengan tema judulnya begitu juga menulis artikel ke hari yang akan datang juga. Jika pada suatu bulan ada 30 hari dan kamu setidaknya menyediakan 30 ide judul artikel juga agar nantinya menulis 1 artikel dalam 1 hari.

Gimana simple bukan tips nya, bisa nih kamu praktekin agar website kamu menjadi website yang konsisten dan teratur.

2. Melupakan Konten Pilar

Konten pilar dapat menjadi fondasi dasar dari konten kita yang mampu berikan jawaban detail pada setiap pertanyaan yang diajukan audiens, selain harus memiliki artikel setiap website harus memiliki konten pilar. Dengan konten pilar ini trafik pengunjung akan lebih meningkat dari pada website yang isi artikelnya berbeda beda topik nya antara artikel 1 dan artikel lain, berbeda dengan konten pilar dengan ini para pengunjung dapat menemukan apa yang mereka cari secara detail. Untuk lebih lanjut berikut keuntungan pemamfaatan konten pilar,

Membuat para pengunjung lebih lama dan betah di website kita karena menyediakan artikel dengan topik yang sama sehingga para pengunjung dapat melanjutkan membaca artikel yang serupa.

Konten pilar biasanya menghasilkan konten yang evergreen sehingga konten tersebut tidak akan mudah basi dimasa yang datang atau dapat kita sebut konten tersebut selalu berkaitan setiap waktu yang lama.

Dengan banyaknya pengunjung tadi dan menjadi refrensi maka akan semakin mudah konten kita dihalaman pencarian teratas.

3. memasang terlalu banyak iklan

Mengejar pendapatan dari iklan sah sah saja bahkan tidak dilarang namun memasang iklan sebaiknya sewajarnya saja karena para pengunjung akan kesal jika tiba tiba iklan muncul saat ia sedang membaca artikel coba kamu bayangkan saat kamu sedang membaca artikel di sebuah website, saat kamu baru buka artikel tiba tiba saja kamu dihadapkan dengan iklan pada saat keluar dari iklan muncul lagi iklan lainnya, saya yakin kamu pasti kesal kan? Tentu saja dengan memasang iklan tidak sewajarnya hal ini akan mengurangi peforma dari website kamu dan mengurangi kenyamanan para pengunjung mungkin pengunjung akan langsung keluar dari artikel kamu dan mencari artikel lain yang membuatnya lebih tertarik dan nyaman hal ini malah merugikan kamu bukan? Kenapa tidak seharusnya pengunjung membaca jadi tidak jadi membaca hanya karena iklan. Ingat suatu website dapat dikatakan media marketing digital jika mempunyai trafik pengunjung jadi prioritaskan kenyamanan dan kebetahan pengunjung agar para pengunjung website kamu tidak beralih kewebsite lain

Jadi saya sarankan buat kamu yang ingin memasang iklan sebaiknya pasanglah iklan sekadarnya dan jangan berlebihan demi kenyamanan dan kebetahan pengunjung.

4. Memasang backlink Terlalu banyak

Keinginan untuk meningkatkan trafik pengunjung sah sah saja tetapi kamu harus memerhatikan setiap tempat yang kamu letakkan backlink tersebut apakah itu mengganggu pemandangan saat membaca atau tidak, dan saya sarankan memasang backlink harusnya sekadarnya saja atau tidak berlebihan apalagi kalau kamu memasang backlink disetiap paragraf tentu memunculkan ketidaknyamanan dan kejenuhan.

Selain membuat para pengunjung jenuh karena melihat terlalu banyak backlink hal ini juga membuat kecurigaan pada mesin pencari, jangan cuma gara gara untuk meningkatkan trafik pengunjung kamu memasang backlink sebanyak banyaknya dan website kamu berakhir dengan cara di finalty hal ini kan sangat merugikan bukan.

5. Perubahan Algoritma Google

Penyebab lainnya trafik google kamu turun drastis adalah disebabkan karena perubahan algoritma google hal ini wajar terjadi bukan hanya situs kamu saja situs situs lain yang sudah besar dan sukses juga bisa turunnya trafik pengunjung sekalipun. Perubahan ini biasanya berdampak pada posisi blog dan ranking blog secara global.

Perlu anda ketahui google sebagai pemilik mesin pencari sering kali memperbarui algoritma dengan tujuan untuk memperbaiki setiap kelemahan mesin pencari sehingga hasil pencarian yang ditanyakan sesuai dengan yang ditanyakan para pencari dengan hal ini pengguna mendapatkan hasil yang ia cari. Walaupun untuk meningkatkan kestabilan dan pencarian yang sesuai hal ini berdampak pada stabilitas dan trafik pengunjung blog. Namun kamu harus terima coba deh kamu bayangkan ketika algoritma diupdate oleh google dan artikel kamu mendapatkan posisi teratas dimesin pencari, Apa yang kamu rasakan? Pasti senang bukan, begitu juga saat artikel kamu tidak masuk mesin pencari teratas kamu harus menerimanya karena itu untuk menstabilkan mesin pencari juga bukan, nah jika artikel kamu tidak masuk mesin pencari teratas kamu jangan menyerah dulu sebaiknya kamu membuat artikel yang menjawab pertanyaan para pencari agar trafik pengunjung kamu meningkat dan artikel kamu masuk di pencari teratas.

6. Blog Kurang Promosi

Ternyata promosi juga memengaruhi dalam meningkatkan trafik pengunjung lho, sama halnya seperti jualan offline dilapak atau toko pasti setiap baru memulai membuka toko kamu melakukan promosi apalagi kalau promosi kamu menarik pasti para pembeli kelapak anda untuk membeli sama halnya dengan promosi website ini apalagi buat kamu yang masih baru dan polos dan dunia blog kamu bisa promosi blog kamu digrup grup WhatsApp komunitas blogger ataupun kamu promosi di Instagram atau lainnya buat promosi semenarik mungkin agar para pembaca tertarik dan melihat website kamu siapa tahu mereka tertarik dan betah dengan website kamu.

7. Website Kena Penalty Google

Bukan cuma di lapangan bola saja yang ada penalty dilapangan website juga ada yang namanya penalti hanya saja berbeda jika penalti di lapangan bola itu menendang bola dengan tujuan mencetak goal jika di lapangan website penalty adalah jenis penalti langsung yang diberikan Google kepada situs web yang melanggar Google’s Quality Guidelines.

Penalti ini berbeda dengan algoritma, Algoritma ini berdampak pada semua web sedangkan penalti hanya kepada situs web yang melanggar saja.

Yaudah langsung aja kita lihat apa aja sih yang membuat situs web seseorang itu kena penalti.

  • Melanggar Google Quality Guidelines
  • Terdeteksi konten bajakan
  • Over Optimasi
  • Backlink yang tidak wajar, Biasanya yang terkena backlink ini adalah backlink yang mengandung konten Ilegal dan backlink hasil beli.

Itulah penyebab penyebab trafik website anda menurun secara tiba tiba semoga dengan adanya artikel ini kamu menjadi lebih terjadwal dan konsisten lagi dalam menulis artikel.

Pesan saya adalah jika kamu memiliki website yang memadai saya sarankan kamu tidak mementingkan trafik jika menulis artikel, Coba deh kamu bayangkan kalau kamu membuat artikel untuk mengejar trafik pasti dipikiran kamu hanya bingung dan bingung akan membuat artikel apa yang mendatangkan  trafik dan profit yang besar.

dari pada seperti itu lebih baik kamu menulis me- Prioritaskan kenyamanan dan kesenangan para pencari dengan ini jika mereka merasa nyaman mereka juga akan betah dan nyaman dengan ini profit kamu bisa meningkatkan sedikit demi sedikit hingga ke laman pencari keatas jadi gimana? Bagus bukan dengan prioritas kenyamanan pencari para pengunjung berdatangan sudah bisa dipraktekin? Ayo praktekin sekarang

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhamad_Kukuh

   

" Dimana sebuah internet yang menyediakan berbagai informasi, sama hal nya seperti blogger yang menuangkan inspirasi nya dan menghasilkan ide ide serta menyalurkan informasi yang cemerlang," Ayo jangan buang waktu kamu lagi yang kamu cari ada dibagian bawah ini ya.