Traveling

10 Tips Yang Harus Kalian Perhatikan Jika Berkunjung ke Pulau Komodo, Labuan Bajo

Pulau Komodo adalah salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Tidak hanya untuk wisatawan lokal namun juga wisatawan asing. Hal ini dikarenakan pulau komodo memiliki satu – satunya binatang langka yang ada disana yaitu Komodo. Sebagai orang Indonesia, tentu saja sangat disayangkan jika tidak melihat salah keindahan satwa yang hanya ada di Indonesia bukan. Nah, jika kalian sendiri memiliki niatan untuk berkunjung di Pulau Komodo, berikut adalah beberapa Tips yang harus kalian perhatikan jika berkunjung ke Pulau Komodo.

Untuk Berkunjung ke Pulau Komodo, kalian harus melewati Labuan Bajo, dan menggunakan pelabuhannya dengan kapal. Biasanya akan banyak paket tour yang ditawarkan menuju pulau komodo sendiri dan tergantung dari paket tour tersebut, kalian akan bermalam diatas kapal selama 1 / 2 hari penuh. Beberapa tips dibawah ini, berlaku agar kalian dapat menikmati perjalanan kalian diatas kapal tersebut.

1. Perhatikan Cuaca Sebelum Berangkat

Untuk berkunjung ke Pulau Komodo sendiri, kalian harus menaiki kapal yang bisa diakses dari Labuan Bajo. Oleh Karena itulah, cuaca sangat perlu diperhatikan sebelum kalian berangkat ke Labuan Bajo dari kota asal kalian. Tentu saja kalian tidak ingin menaiki kapal pada saat cuaca Hujan dan Laut berombak bukan.

2. Lokasi Penginapan / Akomodasi

Karena Labuan Bajo sendiri merupakan kota kecil yang memiliki sedikit penduduk dibandingkan dengan kota besar lainnya. Walaupun begitu, karena Labuan Bajo merupakan salah satu tempat wisata terkenal, Kota ini memiliki tempat penginapan yang cukup banyak. Namun, ada beberapa penginapan yang memiliki lokasi yang cukup jauh dari pelabuhan yang akan membawamu ke labuan bajo. Oleh karena itulah, ingat untuk memilih daerah hotel yang dekat dengan pelabuhan kota. Sehingga kalian tidak memerlukan sarana transportasi untuk pergi ke Pulau komodo. Hal ini dapat dilakukan untuk menghemat biaya secara keseluruhan.

Baca juga  12 Museum 3D di Indonesia Yang Unik, Menarik & IGable

3. Signal HP

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu alasan untuk traveling tidak hanya di Pulau komodo yaitu untuk panjat sosial, mengupdate postingan di Instagram ataupun di tempat lainnya. Oleh karena itulah kita memerlukan signal HP yang cukup kuat pada saat berkunjung di Labuan bajo, Sayangnya hanya ada 1 signal paling kuat disana untuk saat ini (Sampai saat artikel ini di publish) yaitu Telkomsel.

Note : Untuk kalian yang bertanya – tanya, akan ada tempat charger di kapal, jadi kalian dapat mengecas hp kalian pada saat diatas kapal menuju Pulau Komodo

4. Obat – Obatan

Hal yang tidak kalah penting dan memang seharusnya sudah dibawa oleh para traveler, adalah obat – obatan. Jika kalian memiliki riwayat penyakit yang cukup serius. Mohon sedia obat saat traveling.

5. Bawalah Uang Secukupnya

Pada saat diatas kapal, tidak akan ada ATM yang secara tiba – tiba muncul di tengah laut. Parahnya lagi, kalian harus membayar beberapa akses untuk masuk seperti tiket masuk, dana retribusi dan sebagainya. Belum lagi jika kalian ingin membeli souvernir di sana. Bawalah uang secukupnya tergantung dengan jumlah orang yang akan membayar, sekitar 500.000 / orang untuk jaga – jaga.

6. Bawalah Baju Secukupnya

Diatas kapal, akan ada beberapa paket tour di labuan bajo dimana kalian dapat melakukan snorkeling dan diving, tergantung dari paket yang ditawarkan. Oleh karena itulah, kalian harus membawa baju ganti dan handuk agar dapat merasa nyaman setelah selesai.

7. Bawalah Tissue Basah

Akan ada saat dimana kalian harus mandi diatas kapal dengan persediaan air bersih yang terbatas. Namun, jika kapal kalian tidak memiliki persediaan air, akan lebih baik jika kalian menggunakan tissue basah untuk mencuci diri kalian, terutama pada saat diatas kapal.

Baca juga  5 Destinasi Wisata Bertema Cinta, Cocok Bagi Kamu Yang Sedang Galau

8. Berkomunikasilah dengan Baik

Salah satu alasan untuk bertraveling adalah untuk mencari sesuatu hal yang baru. Pertukaran budaya antara kalian dan orang lain yang hanya bisa didapatkan dari traveling. Oleh karena itulah, sangat disayangkan jika kalian hanya berdiam dan menikmati pemandangan. Selain menambah teman, kalian juga akan lebih terbuka dengan orang lain dari pengalaman tersebut.

9. Perhatikan Fasilitas yang akan diberikan oleh paket tour kalian

Akan ada beberapa fasilitas yang diberikan sebelum menaiki kapal, seperti alat snorkeling. Kalian sendiri perlu menjaga alat tersebut, agar tidak membayar uang lebih jika kalian kehilangan alat snorkeling tersebut.

10. Ikutilah Petunjuk Tour Guide dalam Pulau Komodo

Walaupun memiliki jumlah yang sedikit, tidak dapat dipungkiri bahwa komodo merupakan makhluk yang berbahaya. Oleh karena itulah, berhati – hatilah pada saat berada di Pulau Komodo. Ikutilah petunjuk tour guide karena mereka akan menjagamu di sana jika ada masalah.

Itulah beberapa petunjuk atau tips yang bisa kami berikan untuk kalian yang ingin berkunjung ke pulau Komodo. Tertarik dengan tips – tips lainny? Baca lagi artikel menarik lain tentang traveling dan artikel lain dari penulis kita Jason Yong.

Related posts
Traveling

5 Destinasi Wisata di Busan Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan, Pecinta Drama Korea Wajib ke Sini

Traveling

5 Alasan Traveling Bersama Teman Lebih Seru dan Menyenangkan Dibanding Sendirian

Traveling

5 Wisata Padang Pasir Terkenal Yang Ada di Indonesia

K-PopTravelingTV Series

5 Lokasi Syuting Drama Korea Yang Bisa Kamu Kunjungi