Traveling

6 Tips Berlibur Saat Musim Hujan Biar Ga Ngerasa Gagal

Musim hujan telah tiba, namun musim hujan bukanlah halangan bagi kamu yang sudah memiliki rencana liburan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar liburan mu tetap seru meski saat musim hujan.

Simak 6 tips berikut ini, jika kamu akan berlibur saat musim penghujan.

1. Cek Prakiraan Cuaca

Mengecek prakiraan cuaca sangat perlu kamu lakukan, apalagi saat musim penghujan. Kamu bisa melakukan pengecekan satu hari sebelum keberangkatan. Agar bisa memiliki persiapan yang tepat dan tempat wisata yang akan menjadi tujuan.

Kamu bisa mengecek prakiraan cuaca melalui laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan geofisika (BMKG). Atau laman prakiraan cuaca lainnya.

 

2. Persiapkan payung dan jas hujan

Mempersiapkan payung ataupun jas hujan wajib kamu lakukan saat berlibur di musim penghujan. Seperti kata peribahasa “sedia payung sebelum hujan”. Karena tidak ada salahnya berjaq-jagq sebelum musibah datang.

Payung selain bisa di gunakan untuk melindungi saat hujan, payung juga busa melindungi kamu dari paparan sinar UV. Jas hujan bisa kamu gunakan sebagai alternatif lain, selain payung. Jas hujan sangat pas di pakai jika kamu terjebak hujan.

 

3. Bawalah pakaian hangat

Saat musim penghujan tiba, suhu akan terasa lebih dingin dari biasanya. Siapkanlah pakaian hangat seperti jaket atau sweater agar bisa menghangatkan badanmu. Selain itu, siapkanlah pakaian ganti alternatif, untuk berjaga-jaga jika kehujanan.

Kamu juga perlu mempersiapkan sandal  untuk dipakai saat hujan. Selain itu, siapkan plastik untuk menampung baju yang basah terkena hujan.

 

4. Carilah alternatif indoor sebagai alternatif saat hujan turun

Berwisata ke pantai atau gunung, perlu kamu urungkan saat musim hujan. Selain trek jalan yang licin, suasana yang dingin serta berenang di pantai saat hujan bisa mengurangi keseruan kamu menikmati liburan. Namun, tak perlu khawatir kamu bisa memilih tempat wisata indoor agar liburan kamu tetap menyenangkan. Spot destinasi wisata indoor bisa kamu temukan misalnya berkunjung ke pusat perbelanjaan atau museum.

Wisata berbelanja juga tak boleh kamu lewatkan jika berwisata. Kamu bisa berburu oleh-oleh di pusat perbelanjaan. Tak hanya itu, saat ini banyak pusat perbelanjaan yang sudah di lengkapi dengan wahana permainan indoor yang tak kalah dengan wahana permainan outdoor.

 

Baca juga  6 Tips Liburan Hemat Ke Bali Ala Backpacker

5. Wisata kuliner

Wisata kuliner menjadi agenda wajib yang tak boleh kamu lewatkan. Saat musim hujan, pilihlah kuliner hangat. Selain untuk pengisi perut kamu, kuliner hangat juga bisa menghangatkan badan saat cuaca dingin karena hujan.

Disetiap daerah tentunya menyediakan kedai yang memiliki menu makanan berkuah. Misalnya wisata kuliner bakso, soto ataupun kuliner lainnya yang cocok di nikmati saat hujan turun. Wisata kuliner seperti ini, jika di temani keluar atau teman akan menambah seru liburanmu.

 

6. Menjaga kondisi badan

Menjada kondisi badan tetap fit wajib kamu lakukan jika akan travelling. Kamu tidak ingin bukan, liburan yang telah direncanakan gagal karena kondisi badan mu yang tidak fit? Jika perlu minumlah vitamin untuk menjaga tubuh kamu tetap fit. Bawalah obat-obatan yang di perlukan, seperti minyak angin untuk menghangatkan badan. Konsumsi air putih yang banyak agar badan tidak dehidrasi saat perjlanan panjang.

Nah, 6 tips di atas bisa kamu praktikan, jika ingin liburan saat musim hujan. Liburan akan tetap seru meski cuaca tidak menentu.

Related posts
LifestyleTraveling

5 kota Teramah di Dunia Bagi Pengguna Sepeda

Kesehatan

5 Tips Mencegah Sakit Akibat Kehujanan

Traveling

6 Tips Liburan Hemat Ke Bali Ala Backpacker

Traveling

7 Candi Di Yogyakarta, Alternatif Wisata Murah, Namun Tetap Instragamable