Tuai Kritik, Bahiyyih KEP1ER Kembali Menjadi Topik Perbincangan Netizen

Tuai Kritik, Bahiyyih KEP1ER Kembali Menjadi Topik Perbincangan Netizen 1

Pada 4 November 2021, KEP1ER telah menggelar siaran langsung untuk VLIVE perdana mereka untuk pertama kali sejak resmi terbentuk. Grup ini merupakan hasil voting dari Planet Guardians (sebutan fans) dari program acara survival show Girls Planet 999” yang diselenggarakan oleh Mnet acara TV Korea Selatan. Melalui siaran live streaming tersebut, member KEP1ER memiliki sesi berbincang dan berinteraksi dengan penggemar mereka yang dapat dikirim melalui kolom komentar selama .

Sejak awal terbentuknya grup KEP1ER yang beranggotakan sembilan orang gadis muda yang lolos dari program tersebut, banyak netizen memiliki sisi pro dan kontra. Hujatan maupun komentar jahat dari netizen tak henti-hentinya menimpa salah satu anggota bernama Huening Bahiyyih.

Huening Jaleh Bahiyyih merupakan gadis muda blasteran Korea Selatan dan Amerika Serikat ini  lahir pada tahun 2004 dan trainee dibawah agensi Play M Entertainment. Ia juga menempati posisi kedua di survival reality show “Girls Planet 999”, sehingga membuatnya debut di grup KEP1ER. Di sisi kehidupan personalnya, Bahiyyih merupakan adik kandung dari member boygroup TXT yaitu Huening Kai.

Foto Huening Bahiyyih KEP1ER dan berbagai hate comments yang ditujukan padanya. 
Foto Huening Bahiyyih KEP1ER dan berbagai hate comments yang ditujukan padanya. 

Terlepas dari kehidupan pribadinya, banyak penggemar yang mendukung Bahiyyih berhak untuk debut karena talenta yang dimiliki.  Namun, dari sisi kontra, banyak yang kecewa atas debutnya di grup dan lebih memilih peserta Girls Planet 999 yang tidak lolos untuk debut.  Bahkan beberapa dari mereka membentuk kelompok sendiri, seperti dukungan atas KEP1ER 8 member serta berencana menyebarkan komentar jahat dengan hastag #BAHIYYIH_OUT di Twitter maupun komentar di VLIVE secara masif.

Foto kesembilan member KEP1ER saat siaran VLIVE berlangsung (4/11).
Foto kesembilan member KEP1ER saat siaran VLIVE berlangsung (4/11).

Kesembilan member KEP1ER berbagi 2 buah iPad untuk melihat komentar penggemar. Bahiyyih terlihat tidak membawa iPad dan justru hanya mengintip dari tempat duduknya. Namun, hal itu dibantahkan oleh penggemar KEP1ER yang memberikan pembelaan bahwa para member sedang melindungi Bahiyyih untuk tidak membaca hate comment secara langsung. Pada saat siaran VLIVE berlangsung, netizen berspekulasi bahwa para member KEP1ER seakan menjauhi Bahiyyih. Ia terlihat pasif dan lebih banyak diam karena hanya duduk di pojok. Netizen pun menambahkan bahwa Bahiyyih memiliki sikap yang buruk.

Menanggapi hal tersebut, netizen yang pro melontarkan komentar yang melindungi Bahiyyih,

“Aku pikir mereka masih canggung satu sama lain karena belum terbiasa bersama. Aku tak yakin Bahiyyih akan langsung merasa percaya diri. Para member lainnya juga membacakan komentar yang mengatakan Bahiyyih sangat cantik dan menjaganya selama siaran berlangsung,”

“Itu menyakitkan bagi saya jika member KEP1ER yang lain tahu akan kebencian yang ditujukan kepada Bahiyyih. Bagaimana mereka mencoba untuk memberikan semangat selama acara VLIVE pertama mereka. Para member hanya membacakan komentar bagus untuknya (Bahiyyih),”

“Netizen menuduh Bahhiyih merasa left out dan para anggota bersikap kasar padanya,”

Meskipun begitu, terdapat komentar netizen yang berpikir berbeda dalam menanggapi situasi tersebut. Salah satu netizen berkomentar,

“Anda seharusnya tidak harus membuatnya seperti Huening Bahiyyih sedang ditinggalkan oleh anggota lain. Sikapnya harus dikritik, bukan? Bahkan jika reaksi dari Mnet tidak baik, dia tidak seharusnya seperti itu. Dia menjadi sangat pasif sepanjang siaran berlangsung. Selama waktu para anggota membaca komentar, bahkan Yujin (anggota tertua) dan memiliki banyak pengalaman turut bergabung secara proaktif dan berusaha bergaul dengan yang lain untuk membaca komentar. Jangan bilang dia dibully, maka member lain akan mendapatkan komentar jahat. Berhenti membingkai Huening Bahiyyih sebagai korban bullying. Saya pikir masalahnya adalah bahwa Huening hanya diam di sudut pojok seperti itu,”

Banyak netizen yang menyayangkan atas sikap Bahiyyih. Tidak bisa dipungkiri bahwa sikap tersebut perlu dimaklumi karena Bahiyyih mendapatkan begitu banyak komentar negatif sehingga membuat kepercayaan dirinya menurun. Selain itu, komentar tentang penggemar Bahiyyih mencurangi vote sehingga dia bisa debut menjadi bagian dari grup.

Menurut saya pun, kepercayaan diri tidak bisa dilihat dari satu waktu saja. Jika saya jadi dia (Bahiyyih), saya pun akan berhati-hati dalam bersikap pada siaran perdana dan merasa sedikit less-confidence hingga putus asa. Bagaimana pun juga kita sebagai penggemar seharusnya mendukung dan pikirkan untuk melontarkan komentar positif dan semangat.

Ada salah satu quotes yang menarik untuk disimak,

Orang-orang yang membencimu akan selalu percaya pada rumor yang tidak benar, bahkan ketika kamu mencoba untuk menjelaskannya. Tak peduli, mereka akan tetap membencimu dan tidak mempercayaimu. Tetapi, orang yang benar-benar mencintaimu akan terus percaya dan mendukungmu walau rumor menerpa.

Lalu, bagaimana tanggapanmu mengenai situasi ini? Hayo, jempol netizen perlu dijaga nih. Sudahkah kalian berkomentar baik hari ini?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Winda Nurmalita