Tutorial Excel Ini Bisa Buat Kamu Langsung Jago & Lebih Siap Melamar Pekerjaan

Tutorial Excel Ini Bisa Buat Kamu Langsung Jago & Lebih Siap Melamar Pekerjaan

era digital saat ini, kemampuan sangat diperlukan. Kita sering lihat di beberapa lowongan , untuk posisi-posisi tertentu dari mulai kasir, admin, staff hingga manager, mengharuskan kita menguasai perangkat lunak .

Contoh satu lowongan pekerjaan di bagian stock control dengan beberapa persyaratan
Contoh satu lowongan pekerjaan di bagian stock control dengan beberapa persyaratan

Memang tidak hanya kemampuan yang harus kita siapkan, kesiapan lainnya seperti harus mempunyai kemampuan berfikir analitis dan mempunyai komunikasi yang baik serta mampu bekerjasama dalam sebuah tim itu semua adalah sesuatu yang bisa kita latih. Akan tetapi kemampuan komputer adalah salah satu yang perlu kita pelajari.

Banyak sekali aplikasi-aplikasi untuk mengolah data. Namun saat ini microsoft excel masih banyak digunakan di beberapa perusahaan untuk mengolah sebuah data. Excel relatif lebih mudah dioperasikan daripada aplikasi lain seperti SAP .

Apabila kamu adalah orang yang gaptek alias gagap , jangan khawait. Disini saya akan menyampaikan beberapa tutorial, tips dan trik mempelajari excel dengan cepat dan mudah.

Untuk mempelajari sebuah aplikasi, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah tombol-tombol atau tools yang ada di dalam aplikasi tersebut. Berikut tampilan beberapa tools dan menu dalam microsoft excel.

Tampilan Microsoft Excel (2013)
Tampilan Microsoft Excel (2013)

Pada tab “HOME” kita akan menemukan beberapa menu yaitu Clipboard, Font, Allignment, Number, Styles, Cells dan Editing.

  1. Clipboard, di dalamnya terdapat item cut, copy, paste dan format painter.
  2. Font, di dalamnya terdapat jenis font, ukuran font, bold, italic (huruf miring), underline (garis bawah), border (garis cell), warna kolom dan warna huruf.
  3. Allignment, terdiri dari allignment left (rata kiri), justify (rata tengah) dan allignment right (rata kanan), top align (teks mengambang diatas cell), middle  align (teks ditengah-tengah cell), bottom align (teks di bagian bawah cell), orientation (mengatur kemiringan teks), indent (mengatur jarak spasi antar baris), wrap text (membuat teks muat sesuai lebar kolom) dan merge and center (menyatukan dan memisahkan beberapa cell)
  4. Number, di dalamnya terdapat item untuk mengubah format cell, cell bisa dijadikan sebuah teks, angka, mata , tanggal, waktu, persen dll.
  5. Styles, di dalamnya terdapat item conditional formatting yang biasa dipakai untuk memberikan tanda spesial terhadap cell dengan kriteria tertentu. Pada artikel ini hanya akan dijelaskan pengenalan kegunaan masing-masing tidak lebih ke cara mengoperasikannya (cara mengoperasikan akan saya buat di artikel selanjutnya)
  6. Cells, di dalamnya terdapat item insert cells, delete cells dan format cells.
  7. Editing, di dalamnya terdapat item untuk membuat formula perhitungan angka secara singkat yang terdiri dari sum (jumlah), average (rata-rata), count (hitung), max (angka tertinggi), min (angka terendah) dan formula matematis lainnya. Di dalam editing juga terdapat menu untuk menyortir cell berdasarkan angka (terbesar ke terkecil atau sebaliknya) dan berdasarkan huruf (A-Z atau sebaliknya) serta item find and replace untuk menemukan dan mengganti huruf yang akan kamu cari.
Baca juga  3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melamar Pekerjaan

Tab selanjutnya yang sering digunakan adalah tab “INSERT”. Banyak sekali item yang bisa digunakan di menu insert seperti pembuatan /grafik, pivot table, memasukan , bentuk, smart art, textbox, word art, hyperlink dan simbol-simbol.

Tab Insert ini akan dibahas tersendiri di artikel yang lain karena tab ini sangat berguna terutama dalam pembuatan dashboard atau -bahan presentasi yang mengharuskan kita untuk merangkum beberapa data dalam sebuah grafik. Sehingga akan dibahas di artikel yang lain.

Selanjutnya adalah tab “PAGE LAYOUT”, disini sebagian item bisa kita temukan di tab lain. Tab ini lebih khusus untuk mensetting halaman yang akan di print out mulai dari margin (batas kertas kerja), orientation (bentuk kertas kerja landscape/potrait), size (ukuran kertas kerja), dan set print area (menentukan areal mana yang akan di print out).

Baca juga  Microsoft Excel Membantu Akuntan Mengolah Data di Suatu Perusahaan

Tab yang satu ini tidak kalah pentingnya untuk dipelajari yaitu tab “FORMULA”. Karena hal ini sangat penting dan sangat membantu sekali dalam pekerjaan maka Saya akan membahas ini pada artikel terpisah. Termasuk mana saja formula-formula dasar yang wajib dikuasai termasuk cara membuat formulanya nanti akan disampaikan.

Tab selanjutnya adalah tab “DATA”. Berdasarkan pengalaman saya untuk tab ini yang biasa digunakan adalah item data validasi. Data validasi ini biasa digunakan untuk membuat list yang bisa dimuatkan dalam satu cell. Untuk item yang lainnya seperti sort dan filter, itu kita bisa temukan di tab “HOME” dan sudah dijelaskan sebelumnya.

Disini juga kita bisa melakukan group dan ungroup terhadap suatu kolom atau baris. Caranya mudah, kita tinggal lakukan seleksi pada beberapa baris atau kolom kemudian kita klik tombol group maka akan otomatis terbentuk grouping.

Selanjutnya tab “”. Pada tab ini yang biasa saya gunakan adalah menu insert comment. Akan tetapi kamu tidak harus ke tab ini untuk membuat insert comment, kamu tinggal mengklik kanan pada salah satu cell yang akan dimasukan comment.

Disini juga ada item untuk memproteksi sheet dan workbook, tapi ini biasanya tidak dilakukan kecuali file yang dibuat adalah file rahasia yang tidak bisa diakses umum.

Tab terakhir adalah “VIEW”. Disini terdapat item untuk menghilangkan garis – garis (grid) pada excel, kita juga bisa menghilangkan formula bar dan heading tapi saya sarankan tidak perlu dihilangkan karena tidak mengganggu sama sekali justru akan berguna.

Kemudian ada item untuk mengubah tampilan excel menjadi split (2 atau lebih excel dalam satu tampilan layar), cara ini boleh saja dilakukan untuk mempercepat pekerjaan, mengcopy data atau mereferensi pada data excel yang lain tetapi saya tidak biasa menggunakan itu karena rawan terjadi kesalahan memasukan data.

Baca juga  Menemukan nilai F-Tabel (Uji Distribusi F) dengan Microsoft Excel

Dan dari semua item yang terpenting disini adalah freeze pane. Kenapa penting? karena bayangkan jika data yang kita miliki sampai ratusan kolom dan baris, akan sangat tidak jika pekerjaan kita hanya untuk scroll up, down, left, right dan kadang kita juga sering lupa nama kolom atau baris sehingga kita biasanya scroll kembali ke atas atau samping untuk dulu. Nah, freeze pane ini berguna untuk mengunci tampilan layar pada baris dan kolom tertentu sehingga saat di scroll, baris dan kolom yang difreeze tidak akan bergerak.

Selain tab – tab diatas yang sudah disebutkan, ada tab yang biasanya pada situasi tertentu. Tab tersebut adalah “FORMAT” dan “DESIGN”. Tab ini akan muncul ketika kita memasukan item berupa gambar, tabel atau grafik.

Ketika kita klik item tersebut, maka pada tab format dan design ini kita bisa melakukan dan beberapa perubahan lain terhadapnya. Ini tidak akan terlalu dibahas di pengenalan excel secara umum dan akan di bahas pada artikel yang berkaitan.

Nah, jika langkah pertama adalah megetahui lokasi tab, menu dan item bersama fungsinya dalam excel, maka langkah selanjutnya adalah mulai untuk mengolah sebuah data menggunakan beberapa formula kemudian menginterpretasikanya ke dalam sebuah tabel atau grafik.

Data yang bagus adalah data yang mudah dimengerti oleh pembaca dan mereka ketika melihat data tersebut akan langsung memahaminya tanpa harus berpikir .

Sekian pengenalan microsoft excel berdasarkan pengalaman pribadi Saya. Saya harap artikel ini bisa bermanfaat untuk memudahkan mempelajarinya. Selanjutnya jika ada kesempatan, saya akan mulai masuk ke cara mengolah data yang baik sehingga banyak perusahaan yang akan suka dengan hasil pekerjaan kamu.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ayi Abdul Muhyi