U.S. Salernitana, Penantian Panjang dan Polemik Soal Kepemilikan Ganda Claudio Lotito

U.S. Salernitana, Penantian Panjang dan Polemik Soal Kepemilikan Ganda Claudio Lotito 1

Musim ini, kompetisi Serie A Italia kehadiran klub promosi yang sudah lama tak bermain di kompetisi teratas sepak bola Italia ini.

Klub bernama Salernitana Calcio, baru saja promosi dari Serie B Italia, bersama dua klub lainnya, Empoli dan Venesia. 

Jika dibilang klub ini memang terdengar asing, namun klub ini terakhir kali masuk ke kompetisi Serie A terakhir pada musim tahun 1999, saat masih diperkuat oleh Gennaro Gattuso dan Di Vaio.

Gennaro Gattuso saat masih berseragam Salernitana 
Gennaro Gattuso saat masih berseragam Salernitana 

Klub ini berbasis di Kota Salerno, Italia. Perjalanan menuju ke Serie A terbilang cukup ketat, dimana mereka harus bersaing dengan klub unggulan lainnya, seperti Lecce, Brescia.

Namun disisi lain penampilan klub terbilang moncer akhirnya menempatkan posisinya di urutan kedua Klasemen, terpaut beberapa poin dari sang juara, Empoli.

Sementara diposisi ketiga Venezia harus berhadapan dengan di babak Play off dan memastikan diri sebagai tim ketiga yang promosi ke Serie A.

Logo Klub U.S. Salernitana 1919
Logo Klub U.S. Salernitana 1919

Salernitana diperkuat oleh beberapa pemain andalan mereka diantaranya, Andrea Anderson, Tiago Casasola, dan juga Gennaro Tutino, merupakan anak asuh dari pelatih Fabrizio Castori.

Mereka tampil mengesankan dengan banyak kejutan-kejutan dan sangat impresif disepanjang musim lalu.

Namun sebagian orang tak banyak yang tahu dan masih bertanya-tanya mengenai fakta klub yang promosi ini. Berikut fakta menarik klub U.S.Salernitana.

Penantian selama 23 tahun

Salernitana 1998/1999
Salernitana 1998/1999

Nampaknya penantian panjang klub yang bermarkas di Salerno  ini begitu dramatis. Mengingat klub ini baru merasakan kompetisi Serie A selama satu musim saja saat musim 1998/1999.

Saat itu ketika baru promosi mereka tak mampu bersaing dengan klub-klub kuat Serie A, dan harus menerima pil pahit dengan menempatkan posisi di zona degradasi.

Sempat mengalami kebangkrutan namun mereka tetap konsisten bermain tanpa beban, ini sebuah penantian panjang selama berpuluh tahun mereka harus berjibaku di kompetisi kasta kedua, dan belum mampu bersaing menuju ketahta teratas.

Harus ganti pemilik demi bermain di Serie-A

Presiden Lazio, Claudio Lotito
Presiden Lazio, Claudio Lotito

Keberhasilan klub yang dulunya bernama Salerno Calcio ini tak lepas dari sosok pemilik klub yang juga sebagai pemilik klub Serie-A lainnya, SS Lazio.

Claudio Lotito merupakan sosok dibalik keberhasilan Salernitana lolos promosi ke Serie A, dan membantu klub ini berjuang dari kerasnya kompetisi sepakbola bola Italia, mulai dari perjuangan menyelamatkan klub ini saat masih bergelut di Serie D, hingga akhirnya mereka promosi Serie-B dan akhirnya bisa promosi ke Serie setelah sekian lama.

Namun fakta yang harus diterima Claudio, mengingat ia masih berstatus sebagai Pemilik Lazio, ia harus menjual klub ini ke pihak lain selain keluarga atau kerabat dekat, oleh karenanya aturan yang tidak membolehkan pemilik sebuah klub memiliki klub lebih dari satu dan berkompetisi di Liga yang sama.

Sangat disayangkan Claudio sebagai orang yang paling berjasa membawa klub ini ke kancah tertinggi di kompetisi sepak bola Liga Italia Serie A.

Klub ini awalnya bernama Salerno Calcio dan kemudian berganti nama menjadi Salernitana hingga sekarang. Klub ini terbilang cukup asing ditelinga pecinta sepakbola Italia, namun klub ini pernah dihuni oleh dua pemain legendaris Gennaro Gattuso dan Marco Divaio dua andalan timnas Italia pada generasi tahun 2000 an.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Blind