Ubah Wadah Bekas Skincare Milikmu jadi Kalender Sepanjang Masa!

Ubah Wadah Bekas Skincare Milikmu jadi Kalender Sepanjang Masa! 1

Hai girls! Kalian yang senang memakai skincare apakah tipe yang langsung membuang wadah bekasnya? Atau kalian simpan tapi akhirnya kebingungan harus diapakan ketika sudah menumpuk? Nah sebenarnya wadah atau kotak kardus bekas skincare tersebut bisa kita daur ulang lho sesuai keinginan dan kreativitas kita! Istilahnya kita jadi menyimpan sampah tapi dalam bentuk yang berguna hihi.

Nah kali ini saya akan membagikan satu benda yang akan sangat berguna dan dibuat dari kardus bekas wadah skincare. Bahan dan cara membuatnya cukup mudah dan hasilnya dapat kalian pakai sepanjang waktu! Yak, benda tersebut adalah kalender sepanjang masa. Kalian mungkin pernah atau baru pertama kali mendengar yang namanya kalender sepanjang masa. Kalender tersebut didesain agar bisa digunakan sepanjang waktu dengan cara menggeser pembatas tanggal dan bulan. Nah mau tahu cara membuatnya? Check this out!

1. Persiapan

Wadah bekas skincare
Wadah bekas skincare

Yang pertama harus kalian lakukan tentu menyiapkan alat dan bahan. Bahan utamanya tentu saja wadah bekas skincare yaitu kardusnya ya, bukan yang kemasan botol, tube, atau jar. Kemudian dibutuhkan juga kertas HVS satu lembar atau secukupnya. Nah karena ukuran wadah bekas tentu berbeda-beda, sebaiknya pilih wadah yang ketika digunting dan direntangkan mencapai panjang kurang lebih 20 cm dan lebar kurang lebih 10 cm. Selanjutnya alat yang digunakan antara lain gunting, cutter, penggaris, alat tulis, double tape, dan plaster bermotif (opsional).

2. Membuat kalender

Kalender
Kalender

Langkah selanjutnya adalah membuat kalender dengan cara memotong ujung kardus yang sudah dipilih dan merentangkan sampai membentuk seperti pada gambar di atas kemudian lapisi sebagiannya dengan kertas HVS dan buat kotak-kotak untuk ditulisi dengan angka-angka sebagai tanggal. Kalian dapat menggambar kotak-kotak ini dan angkanya dengan pena hitam biasa atau bisa juga yang berwarna, ya.

3. Buat sekat untuk pembatas

Sekat untuk pembatas tanggal
Sekat untuk pembatas tanggal

Selanjutnya gambar garis sebanyak dua buah di atas tanggal-tanggal kalender kemudian lubangi dengan cutter menggunakan bantuan penggaris agar hasilnya lurus. Bagian ini nanti fungsinya untuk meletakkan pembatas tanggal per bulan.

4. Buat pembatas

Pembatas tanggal
Pembatas tanggal

Selanjutnya buat pembatas untuk tanggal-tanggal di kalender. Kalian dapat menggunakan kardus yang cukup lebar kemudian buat garis tepi sekitar 1 cm di semua sisinya dan potong lagi dengan bantuan penggaris dan cutter hingga seperti gambar di atas. Kemudian buat juga penjepit sejumlah dua untuk di bagian atas seperti di gambar.

5. Pasang pembatas dan buat pembatas bulan di atasnya

Pembatas tanggal sudah dipasang dan di bagian atas dibuat pembatas bulan
Pembatas tanggal sudah dipasang dan di bagian atas dibuat pembatas bulan

Kemudian pasang pembatas tanggal yang tadi dibuat dengan cara menyelotip bagian atasnya menggunakan selotip biasa atau selotip bermotif. Pembatas ini nantinya akan bisa digeser-geser untuk menyesuaikan tanggal dalam satu bulan. Nah kemudian di bagian atas, buat satu garis dan iris dengan cutter seperti pada langkah ke-3. Nantinya bagian ini akan menjadi pembatas bulan-bulan dalam satu tahun. Selanjutnya tulis bulan-bulan dalam satu tahun dengan jarak yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat.

6. Pasang pembatas bulan

Pembatas bulan di bagian atas
Pembatas bulan di bagian atas

Kemudian buat pembatas bulan seperti saat membuat pembatas tanggal-tanggal, bedanya ukuran pembatas bulan sangat kecil sehingga kalian harus ekstra hati-hati dan sabar ketika memotongnya. Pasang lagi dengan cara yang sama seperti memasang pembatas tanggal, menggunakan selotip di bagian atasnya. Pembatas ini akan bisa digeser-geser menyesuaikan bulan yang sedang berlangsung. Nah sampai di sini, kalian sudah selesai membuat kalender sepanjang masa! Tinggal menghias saja sesuai keinginan kalian. Kalau kalian ingin meletakkan kalender ini di meja, maka kalian dapat membuat dudukan menggunakan wadah skincare yang ukuran kecil. Kalau kalian ingin menggantung kalender ini, maka kalian dapat membuat lubang di satu atau dua sisi dan menggantungnya dengan tali di dinding. Sesuaikan selera saja, ya!

7. Menghias kalender

Kalender sepanjang masa yang sudah dihias
Kalender sepanjang masa yang sudah dihias

Nah kalau versi saya kalendernya yang bisa didudukkan di meja dan hiasannya seperti ini. Kalian dapat menghias sesuka hati dan sekreatif mungkin, ya! Kalender ini dapat digunakan sepanjang waktu dan sangat praktis karena kalian hanya perlu menggeser-geser pembatas tanggal dan bulan saja. Sangat mengasah kreativitas dan pastinya sampah di rumah jadi lebih berguna, bukan?

Versi lain yang saya buat adalah seperti di bawah ini

Kalender sepanjang masa
Kalender sepanjang masa

Nah, bagaimana? Mudah bukan, mengubah sampah menjadi kalender sepanjang masa yang lebih berguna? Selamat mencoba!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Robiah Oktiavi