Udah Siap Menjalani Tahun Yang Baru? Buat Resolusi Tahunan Yuk Untuk Hidup Lebih Tertata

Udah Siap Menjalani Tahun Yang Baru? Buat Resolusi Tahunan Yuk Untuk Hidup Lebih Tertata

Tahun 2020 telah usai. Tahun yang rasanya kaya permen nano-nano karena banyak kejadian yang ga terduga dan ga diprediksi sebelumnya. Udah susah payah buat ditahun sebelumnya, eh malah banyak yang gagal karena harus menyesuaikan dengan keadaan. Terus buat apa bikin tahunan? Yang sebelumnya aja masih banyak yang belum terealisasi? Tenang, bikin tahunan itu membantu kita untuk mengevaluasi selama setahun ke belakang. Nah setelah kita tahu apa saja, itu semua yang kita jadikan acuan dalam membuat rencana dan target untuk setahun kedepan. Berikut beberapa yang butuh masuk list kamu pas buat tahunan.

1. Dalam hal keuangan pribadi, kamu bisa buat target tabungan yang harus kamu kumpulkan dalam setahun

Udah Siap Menjalani Tahun Yang Baru? Buat Resolusi Tahunan Yuk Untuk Hidup Lebih Tertata

Gausah muluk-muluk saat membuat target tahunan. Buatlah target yang kamu yakin kamu bisa menyelesaikannya. Semacam misi untuk diri kamu sendiri agar selalu termotivasi. Karena saat kamu berhasil menyelesaikannya, kamu bakal ngerasa hebat dan makin percaya diri untuk melanjutkan misi-misi kamu yang lain. Misal nih untuk target tabungan kamu bisa sesuaikan dengan pendapatan kamu. Tentukan angka yang harus di kumpulkan. Lalu bagi ke hal-hal kecil agar terasa mudah. Punya target tabungan untuk tahunan juga menghindarkan kamu dari kebiasaan-kebiasaan konsumtif dan gajelas.  

Baca juga  Cerita Legendaris gua of New Years in 2021

2. Lebih sering menggerakkan tubuh

Udah Siap Menjalani Tahun Yang Baru? Buat Resolusi Tahunan Yuk Untuk Hidup Lebih Tertata

Mungkin banyak dari kalian yang sebelumnya punya tahunan untuk menurunkan berat badan. Banyak yang berhasil tapi ga sedikit juga yang gagal. Selamat buat kamu yang udah berhasil melakukannya. Untuk kamu yang belum berhasil yuk dicoba dengan hal kecil terlebih dahulu. Kaya lebih sering menggerakkan tubuh. Jangan cuma rebahan aja dikasur kalo punya waktu luang. Kamu bisa milih untuk jalan santai atau malah beres-beres rumah. Faktanya beres-beres rumah bisa membakar kalori kamu cukup banyak loh. Cuci piring, menyapu, mengepel, hingga membersihkan kamar mandi. Jadi waktunya kamu berhenti kebanyakan alasan untuk gerakin tubuh ya.

3. Menerapkan gaya baru yang positif

Udah Siap Menjalani Tahun Yang Baru? Buat Resolusi Tahunan Yuk Untuk Hidup Lebih Tertata

Perlu ada perubahan dalam diri kita dulu, agar bisa berjalan dan tercapai. Kalau selama ini kamu ngerasa kamu membosankan atau malah ngerasa malah menuju ke hal negatif, mungkin kamu perlu coba gaya baru. Berdasarkan Wikipedia, gaya adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang berubah bergantung zaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Gaya bisa dilihat dari dari cara berpakaian, kebiasaan dan lainnya.

Baca juga  Tips belanja online anti gagal dengan harga miring

Kamu bisa coba gaya . Dengan mencoba menjadi seorang yang , kamu akan belajar kalau bukan hanya tentang barang atau harta benda tapi tentang diri kamu dan berfokus pada hal-hal yang kamu suka. Dengan menjadi seorang kamu jadi lebih menghargai apa yang kamu punya sekarang. Atau kamu bisa mencoba gaya sebagai vegetarian. Kamu akan belajar kenapa vegetarian bisa ada dan dampaknya kalo kita berlebihan makan daging merah. Dan masih banyak lagi yang bisa kamu coba. Pilih satu, gali lebih dalam dan kamu akan mengerti kalo banyak hal yang harus dicoba dalam .

4. Lebih mencintai diri sendiri

Udah Siap Menjalani Tahun Yang Baru? Buat Resolusi Tahunan Yuk Untuk Hidup Lebih Tertata

Mungkin kamu udah sering dengar tentang self-care dan self-love? Dan ternyata itu emang penting banget loh. Dari kecil kita diajarkan untuk saling berbagi dengan orang lain tapi terkadang kita lupa bahwa diri kita sendiri juga perlu diperhatikan. Di tahun yang baru ini, semoga kita semua bisa lebih menghargai diri sendiri ya. Berusaha melakukan hal-hal yang kita suka dan membuat diri sendiri nyaman untuk membuat diri tenang dengan hiruk pikuknya dunia.  Penerimaan akan diri sendiri meningkatkan rasa syukur, memaafkan kesalahan dan kebodohan diri sendiri serta melihat diri dengan lebih positif.

Baca juga  Mungkin Memang Kita Tak Pernah Direncanakan Tuhan

5. Menikmati hidup sebaik mungkin

Udah Siap Menjalani Tahun Yang Baru? Buat Resolusi Tahunan Yuk Untuk Hidup Lebih Tertata

Kalau kamu udah buat tahunanmu, jangan lupa untuk selalu menikmati hidup ya. Karena - yang ingin kamu capai tahun ini butuh proses. Prosesnya pun butuh waktu yang ga sedikit. Jadi nikmati prosesnya walaupun keadaan akan selalu berubah dan gabisa diprediksi. Fokus pada identitas diri baru yang ingin kamu capai. Berhenti untuk membuat standar untuk diri kamu berdasarkan lingkungan sosial di sekitar kamu. Berhenti membandingkanmu dengan orang lain. Karena setiap orang punya keunikan masing-masing. Yang terpenting adalah kamu menjadi lebih baik dari kamu yang sebelumnya. Itulah indahnya berproses dengan diri sendiri.  

Kalau resolusi bisa bikin kamu termotivasi, kenapa nggak dilakuin? Semangat!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Summaire

   

A lifelong learner, more meaningful life