Uncategorized   

Google Diperketat, Iklan Terapi Stem Cell Bahkan Dilarang Tayang di Google


Google Diperketat, Iklan Terapi Stem Cell Bahkan Dilarang Tayang di Google 1

Saat ini telah banyak munculnya terapi – terapi kesehatan yang dipromosikan melalui internet dan membuat Google bertindak dan mengambil langkah bahwa sekarang akan melarang iklan online khusus untuk perawatan medis yang dianggap belum terbukti efektivitasnya dan kebenaran dari hal tersebut. Salah satunya adalah terapi sel induk dan gen.

Dikutip dari AFP bahwa “Kebijkanan baru ini akan melarang iklan yang menjual perawatan yang tidak memiliki dasar biomedis atau ilmiah”, ujar Penasihat Kebijakan Google, Adrienne Biddings.

Google Diperketat, Iklan Terapi Stem Cell Bahkan Dilarang Tayang di Google 3

Andrienne juga mengatakan bahwa Google akan melarang iklan untuk teknik medis yang belum dan tidak terbukti dalam hal terapi sel induk, terapi seluler atau non stem dan terapi gen. Selain itu ada juga larangan untuk iklan perawatan yang berujung pada penemuan ilmiah dasar dan pengalaman klinis awal, tapi saat ini tidak memiliki uji klinis formal yang tidak memadai untuk membuktikan dan membenarkan penggunaan klinis yang saat ini semakin luas.

Baca juga  Bersiap - siap, Gerhana Bulan Akan Melewati Indonesia, Simak Waktunya

Google berupaya melarang keras untuk hal ini karena belakangan ini telah terjadi dan meningkatnya oknum jahat yang mencoba mengambil keuntungan dari orang – orang dengan menawarkan produk dan perawatan kesehatan tipuan yang tidak teruji klinisnya. Adapun beberapa orang yang menemukan mengenai terapi kanker secara online serta penemuan video yang menganjurkan penggunaan salep pembunuh sel yang tidak tahu asal usulnya dan berpotensi sangat berbahaya bagi kesehatan, atau teknik skrining yang tidak disetujui.

Baca juga  Benarkah Youtube Lebih Baik Dari TV

Google juga mengungkapkan bahwa pihaknya sendiri mengambil langkah tegas dan cepat seperti ini setelah mereka berkonsulatasi dengan ahli – ahli medis. Langkah Google juga telah didukung oleh presiden international Society For Stem Cell Research, Deepak Sriavastava.

Baca juga  Setelah Amber, Kini Victoria f(x) Juga Ikut Keluar Dari SM Entertainment

Lalu adapun Facebook yang mengatakan bahwa pihak mereka melakukan pembatasan dan melarang juga akan hal tersebut untuk upaya mengurangi penyebaran klaim medis yang menyesatkan termasuk dari kelompok penentang vaksin yang telah direkomendasikan sebelumnnya. Di awal tahun ini, jejaringan seperti Facebook dan Youtube sudah mulai mengambil langkah dan bergerak untuk mengurangi penyebaran klaim perawatan kesehatan yang tidak benar dan tidak jelas setelah menerima laporan media yang menunjukkan adanya proliferasi penyembuhan kanker palsu yang baru – baru ini beredar di media sosial.

Google Diperketat, Iklan Terapi Stem Cell Bahkan Dilarang Tayang di Google 4


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments