Uncategorized   

Tak Mau di Bully, Ini 8 Tips Menghadapinya

3 menit


Tak Mau di Bully, Ini 8 Tips Menghadapinya 1

Dimedia sosial, televisi, surat kabar ataupun portal berita online, saat ini ramai memberitakan seorang siswi SMP yang di aniaya oleh 12 siswi SMA di Pontianak.  Kasus Au ini berawal dari mem-bully di media sosial, yang berujung pada kekerasan.

Tindakan bullying memang kerap terjadi di media sosial yang kemudian terjadi juga di dunia nyata. Dari cerita diatas, tindakan bully bisa berakibat pada rasa dendam yang akhirnya berujung pada kekerasan seperti yang terjadi pada Audrey.

Apakah, kamu juga pernah mengalami di-bully oleh teman-temanmu? Jangan bersedih apalagi menjadikan rasa dendam dalam diri kamu. Masih ada orang-orang yang baik disekitarmu yang menyayangimu. Agar kamu tidak stres, karena terus-terusan di bully, yuk intip 8 tips berikut ini, agar pembully reda.

 

Baca juga  5 Film Remaja Tahun 90an yang Gak Bosen Ditonton Ulang

1. Tinggalkan teman-teman yang membully kamu

Tak Mau di Bully, Ini 8 Tips Menghadapinya 3

Kamu masih memiliki orang-orang yang menyayangimu, seperti saudara dan sahabat dekatmu yang bisa menghiburmu. Jadi tak ada masalah jika kamu tak mempunyai banyak teman. Orang-orang yang menyayangi tidak akan meninggalkan kamu. Bersyukurlah, karena belum tentu dengan banyak teman kamu akan bahagia.

 

2. Jadikan hobi sebagai penghibur

Tak Mau di Bully, Ini 8 Tips Menghadapinya 4

Lakukanlah hobimu sebagai penghiburmu. Karena di bully pasti membuatmu stress. Dengan melakukan hobi yang kamu sukai, akan meningkatkan mood baik. Dengan begitu kamu bisa sejenak melupakan masalahmu.

 

3. Jangan membalas tindakan bully

Tak Mau di Bully, Ini 8 Tips Menghadapinya 5

Jangan pernah membalas bully-an mereka. Karena dengan membalas, kamu saja dengan mereka. Membalas bully juga akan menguras tenagamu. Jika kamu di bully di media sosial, kamu hanya perlu memblokir akun mereka.

Jangan hiraukan mereka. Jika kamu peduli terhadap bully-an mereka, justru akan membuat mereka senang. Jadi jangan hiraukan bully-an dan lanjutkan hidupmu.

 

Baca juga  10 Anime Terbaik Bertema Sekolah Sihir

4. Berceritalah pada orang terdekat

Tak Mau di Bully, Ini 8 Tips Menghadapinya 6

Jangan menyimpan masalahmu sendirian, karena hal tersebut justru akan membuatmu stress. Berbagilah dengan bercerita kepada orang terdekatmu, seperti saudara, sahabat dekat ataupun orangtuamu. Mereka pasti akan mendengarkanmu dan kamu bisa merasa lega. Mereka juga pasti akan menghiburmu.

 

5. Jadilah orang sukses

Tak Mau di Bully, Ini 8 Tips Menghadapinya 7

Salah satu cara membalas pem-bully adalah dengan menampar mereka dengan prestasi kamu atau dengan kamu menjadi orang sukses. Ketika kamu bisa selangkah lebih maju, mereka pasti akan merasa malu. Jika mereka bertemu denganmu, pasti mereka akan merasa canggung. Oleh karena itu, sibukkanlah dirimu untuk menjadi orang sukses.

 

Baca juga  4 Peluang Bisnis untuk Kamu yang Masih SMA

6. Dekatkan diri pada Tuhan

Tak Mau di Bully, Ini 8 Tips Menghadapinya 8

Dekatkanlah dirimu pada Tuhan. Karena saat ini Tuhan tengah menguji kesabaranmu. Berdo’alah dan pasrahkan pada Tuhan, dengan begitu kamu akan merasa nyaman meski berada di antara orang-orang pem-bully. Yakinkan dirimu bahwa Tuhan bersamamu.

 

7. Maafkan dan lanjutkan hidupmu

Tak Mau di Bully, Ini 8 Tips Menghadapinya 9

Memang sulit dan membutuhkan waktu cukup lama untuk memaafkan mereka. Namun kamu tak perlu menyimpan dendam dihatimu. Belajarlah untuk memaafkan mereka. Dan lanjutkan hidupmu, karena kamu berhak untuk bahagia.

 

8. Carilah suasana baru

Tak Mau di Bully, Ini 8 Tips Menghadapinya 10

Cara lain  yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari suasana baru. Kamu bisa merencanakan liburan untuk melepaskan masalahmu. Kamu juga bisa mencari kegiatan baru agar kamu lupa dengan masalahmu.

Nah, 8 tips diatas mungkin bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang jadi korban bully. Jangan dendam dan melakukan kekerasan yah!

 

Tak Mau di Bully, Ini 8 Tips Menghadapinya 11

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Asih Kurniaty