Unik! Inilah Deretan Bagian Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui Fungsinya


Unik! Inilah Deretan Bagian Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui Fungsinya 1

Di tubuh kita, pada umumnya terdapat bagian-bagian tubuh yang semuanya sudah memiliki fungsinya masing-masing. Bagian tubuh tersebut sangat penting dan bermanfaat dalam menunjang aktivitas dan kegiatan yang kita lakukan sehari-hari.

Walau demikian, ada beberapa bagian tubuh pada diri kita sebagai manusia yang belum banyak diketahui fungsinya dan terkadang membuat kita sering bertanya-tanya mengapa bagian tubuh tersebut ada pada diri kita. Hal itu bisa dikarenakan banyaknya bagian tubuh dalam diri kita yang menurut kita tidak terlalu berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

Padahal, ada beberapa bagian tubuh yang terkadang kita tidak ketahui fungsinya sehingga jarang menjadi perhatian kita, apa saja? Berikut daftarnya.

Kutikula

Unik! Inilah Deretan Bagian Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui Fungsinya 3

Kutikula adalah lapisan kulit keras di bagian bawah kuku, tempat pertemuan antara kuku dan jari. Di bawah kutikula, kuku baru terbentuk. Nyaris tak terlihat, bagian tubuh mungil tersebut sebenarnya memiliki fungsi dalam mencegah bakteri dan kotoran masuk ke dalam tubuh.

Tulang Hyoid

Unik! Inilah Deretan Bagian Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui Fungsinya 4

Tulang hyoid merupakan satu-satunya tulang yang tidak menempel pada tulang lain. Tulang hyoid berbentuk U, berada di dasar lidah dan ditopang otot dan ligamen di bawah pada dasar tengkorak dan di atas pada tulang rahang. Karena letaknya berada dekat dengan laring, tulang ini bekerja sama dengan laring dan lidah dalam pembentukkan vokalisasi dan kemampuan berbicara pada manusia.

Tulang ekor

Unik! Inilah Deretan Bagian Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui Fungsinya 5

Tulang ekor atau tulang koksigeal, merupakan tulang yang terbentuk dari perpaduan tulang belakang, dan sering disebut sebagai ‘bekas ekor manusia’. Tulang ekor membantu mengikat otot-otot minor dan dapat menopang organ panggul.

Namun, ada banyak kasus medis di mana tulang ekor telah diangkat melalui pembedahan tanpa konsekuensi negatif. Saat ini, ekstensi seperti ekor yang tidak biasa dapat dilakukan perawatan dan perbaikan melalui prosedur pembedahan.

Filtrum

Unik! Inilah Deretan Bagian Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui Fungsinya 6

Ketika anda sedang bercermin, cobalah untuk melihat lekukan yang berada diantara bibir atas dan hidung anda. Nah, lekukan tersebut bernama filtrum atau philtrum. Filtrum juga disebut celah medial, berwujud seperti alur vertikal di area tengah bibir atas.

Pada hewan, bagian tubuh tersebut mungkin memiliki fungsi yang jelas dalam meningkatkan indra penciuman dengan menjaga area di sekitar hidung tetap basah, tetapi pada manusia, filtrum tidak memiliki fungsi yang jelas. Ada kemungkinan hal itu dikarenakan manusia lebih mengandalkan penglihatan daripada indera lainnya, sehingga filtrum telah kehilangan fungsionalitasnya, dan saat ini hanya sebatas sisa evolusi saja.

Namun, para ilmuwan masih tertarik dengan bagian tubuh kecil ini karena terbentuk selama usia embrio tertentu, dan bentuk area bibir atas yang tidak biasa tersebut merupakan petunjuk adanya gangguan selama perkembangan janin. Variasi filtrum telah dipelajari pada penyakit tertentu dan bahkan dikaitkan dengan gangguan spektrum autisme.

Puting laki-laki

Unik! Inilah Deretan Bagian Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui Fungsinya 7

Hampir setiap orang memiliki puting, terlepas dari apakah ia berjenis kelamin laki-laki atau perempuan, orang dengan payudara besar atau dada rata. Namun, pada umumnya kegiatan menyusui kita ketahui hanya bisa dilakukan oleh perempuan saja, bukan?

Sangat jelas sekali bahwa pada puting perempuan memiliki fungsinya yang sangat nyata. Kemudian, bagaimana tentang fungsi puting laki-laki dan mengapa bagian tubuh tersebut bisa terbentuk pada pria?

Jawabannya cukup sederhana. Laki-laki memiliki puting karena puting berkembang di dalam rahim sebelum embrio menjadi jelas apakah ia berjenis kelamian laki-laki atau perempuan. Jadi, pada saat kromosom Y bekerja untuk membedakan janin sebagai laki-laki, puting sudah mengamankan tempatnya. Itulah alasan mengapa laki-laki juga memiliki puting.

Sebenarnya, puting pria masih berfungsi sebagai zona sensitif seksual. Sama seperti puting wanita, mereka sensitif terhadap sentuhan dan berguna untuk rangsangan erotis.

Selain itu, fungsi puting laki-laki diyakini sebagai pelindung organ jantung dan paru-paru. Nantinya, puting akan menjadi lapisan pertama yang melindungi kedua organ tersebut saat terjadi kecelakaan agar tak sampai menimbulkan cedera parah.

Rambut ketiak

Unik! Inilah Deretan Bagian Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui Fungsinya 8

Sebagian orang yang merasa tumbuhnya banyak rambut di tubuh merupakan sebuah hal yang mengganggu. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha mengghilangkannya dengan cara mencukur, mencabut, atau juga menggunakan waxing. Bagian rambut yang paling sering mengalami berbagai hal tersebut adalah rambut di ketiak. Sebenarnya, apa sih fungsinya?

Meskipun mungkin tampak sama sekali tidak berguna, namun rambut ketiak rupanya memiliki kegunaan yang cukup spesifik, demikian pernyataan dari ahli kecantikan, Marta Camkiran. “Rambut tersebut memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan antara lengan atas dan bawah selama kita berolahraga atau gerakan yang berat dan keras, menutupi bagian tubuh yang memiliki arteri penting, dan memfasilitasi pelepasan feromon seks,” terangnya kepada Good Housekeeping.

Meski bulu ketiak memiliki kegunaan, bukan berarti Anda wajib memeliharanya jika tidak mau. Namun, Anda harus tahu bahwa mencukur habis bulu ketiak dapat menyebabkan masalah. “Saat Anda bercukur, Anda bisa mengalami iritasi, folikulitis, ruam, peradangan, dan bahkan infeksi dari pisau cukur yang kotor,” kata Dr. Mona Gohara. Dia menambahkan bahwa tidak ada “alasan biologis untuk menghilangkan rambut tersebut.

Itulah beberapa bagian tubuh yang jarang kita perhatikan dengan seksama, namun sebenarnya memiliki fungsi dan manfaat pada tubuh kita. Yuk lebih peduli terhadap bagian tubuh yang kita miliki supaya kesehatan kita tetap selalu terjaga.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Claudius Kevin

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap