Urine Kamu Berwarna Gelap ? Mungkin ini 5 Penyebabnya !


Urine Kamu Berwarna Gelap ? Mungkin ini 5 Penyebabnya ! 1

Pada umumnya warna urine atau air kencing manusia normal berwarna kuning pucat hingga kuning tua. Tetapi, apa jadinya jika warna urine berubah menjadi warna kecokelatan bahkan kemerahan? warna urine yang berubah menjadi gelap bisa terjadi karena faktor kondisi kesehatanmu, oleh sebab itu hal ini perlu diperhatikan. Selain dari faktor kesehatan, ada  juga beberapa masalah lain yang membua warna kencing manusia bisa berubah menjadi gelap. Apa saja ? Yuk simak berikut ini ada 5 penyebabnya.

Urine Kamu Berwarna Gelap ? Mungkin ini 5 Penyebabnya ! 3

1. Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh juga bisa menyebabkan warna urine berubah menjadi gelap. Jika tubuhmu tidak menerima banyak asupan cairan, maka konsentrasi urobilin dalam urine akan meningkat. Urobilin sendiri merupakan bagian buangan dalam tubuh yang dihasilkan dari pemecahan hemoglobin dan diperlukan untuk pembaruan sel darah.

Seperti yang dilansir dari laman Mayo Clinic mengatakan bahwa dehidrasi disebabkan ketika volume air dalam tubuh telah habis. Apabila kita mengalami dehidrasi, maka ginjal akan secar langsung memerintahkan tubuh untuk menahan air. Akibatnya, jumlah urine yang dikeluarkan akan lebih sedikit, lalu membuat warnanya menjadi lebih pekat dan gelap.

2. Berhubungan Dengan Masalah Hati

Perubahan pada warna urine yang menjadi gelap bisa jadi karena masalah hati yang cukup serius, seperti hepatitis atau penyakit kuning (jaundice). Seperti yang dilansir dari laman STD, hal ini karena jumlah pigmen kuning (bilirubin) yang berlebihan yang diproduksi selama penguraian sel darah mati. Jika hati tidak berfungsi dengan baik, maka bilirubin tidak bisa dikeluarkan dari tubuh.

3. Faktor Makanan Yang Dikonsumsi

Seperti yang dilansir dari laman STD, beberapa makanan juga bisa menyebabkan warna urine berubah menjadi pekat atau gelap. Makanan tersebut berupa kacang, buah bit, buah blackberry atau makanan yang mengandung karoten dan vitamin B. Tetapi tidak perlu khawatir, makanan – makanan tersebut hanya merubah warna dari urine dan tidak berpengaruh pada masalah kesehatan yang serius.

4. Tercampur Oleh Darah

Selain faktor dehidrasi atau mengonsumsi makanan tertentu yang membuat warna urine berubah, tercampurnya darah bersama urine juga bisa menjadi salah satu penyebab warna urine barubah menjadi pekat dan gelap. Kondisi tersebut dinamakan dengan hematuria.

Seperti dilansir dari laman Everyday Health, Hematuria menyebabkan sel darah merah bocor dari ginjal atau saluran kemih ke urine. Kondisi seperti ini biasanya disertai dengan beberapa gejala tertentu, seperti mulai merasakan rasa sakit ketika sedang kencing, demam, sakit perut, mual dan muntah. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan ada darah di urine adalah karena infeksi, batu ginjal, masalah hati dan kanker.

5. Faktor Obat – obatan Tertentu

Ternyata ada juga obat – obatan tertentu yang bisa menyebabkan warna urine berubah menjadi gelap. Obat – obatan tersebut seperti antibiotik, obat pencahar, obat pelemas otot dan anti malaria. Selain itu, ada beberapa kandungan obat yang dapat menyebabkan warna urine berubah menjadi gelap seperti methocarbamol, metronidazole, nitrofurantoin dan chloroquine.

Itulah faktor – faktor atau penyebab terjadinya warna urine berubah menjadi gelap dan pekat. Apakah kamu pernah merasakannya ? mungkin saja 5 hal di atas bisa menjadi faktor utama penyebab terjadinya perubahan warna urine. Semoga bermanfaat ya !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments