Urutan 9 Pilar Terkuat di Serial Kimetsu no Yaiba (Part 2)


Urutan 9 Pilar Terkuat di Serial Kimetsu no Yaiba (Part 2) 1

Oke, jadi di artikel kali ini penulis akan melanjutkan pembahasan mengenai 9 pilar (hashira) terkuat dalam cerita Kimetsu no Yaiba alias Demon Slayer. Jadi di part pertama kemarin, penulis sudah menyampaikan 4 pilar terkuat menurut penulis, yakni Gyomei Himejima (1), Sanemi Shinazugawa (2), Obanai Iguro (3), dan Muichiro Tokito (4).

Nah, kali ini kita akan melanjutkan pembahasannya dari urutan kelima hingga kesembilan, dalam urutan 9 pilar terkuat di cerita Kimetsu no Yaiba. Tanpa berlama-lama lagi, inilah urutannya:

5. Rengoku Kyojuro (Pernafasan Api)

Rengoku Kyojuro, Pilar Pernafasan Api. Sumber: deviantart.com
Rengoku Kyojuro, Pilar Pernafasan Api. Sumber: deviantart.com

Di bawah Muichiro Tokito yang ada di peringkat ke-4, penulis menempatkan Rengoku Kyojuro, sebagai Hashira terkuat kelima. Rengoku sebenarnya bisa saja berada di posisi keempat, andai Rengoku berusia lebih muda dari Tokito. Yup, Rengoku mati saat berusia 20 tahun, 6 tahun lebih tua dari Tokito. Secara logika, Tokito pasti mampu jauh melampaui Rengoku saat usianya mencapai 20 tahun, sayang ia sudah terbunuh oleh Kokushibo.

Rengoku sendiri merupakan Hashira pengguna pernafasan api, dan menjadi Hashira pertama yang tewas dalam cerita. Rengoku tewas di tangan Akaza, iblis bulan atas 3, dalam movie “Kimetsu no Yaiba: Mugen Train”. Hebatnya, Rengoku dengan pernafasan apinya mampu menahan Akaza dalam pertarungan 1 vs 1, meski telah menghabiskan banyak tenaga melindungi penumpang kereta.

Akaza sendiri sempat tergila-gila dengan potensi Rengoku, yang membuat Akaza setengah mati membujuk Rengoku agar bersedia menjadi iblis. Ajakan ini jelas membuktikan bahwa Akaza melihat potensi yang ada dalam diri Rengoku yang bahkan belum mencapai puncaknya.

Jadi penulis berpendapat, apabila Rengoku mencapai potensi tertingginya serta dapat mengaktifkan Demon Mark miliknya, bukan tak mungkin Rengoku harusnya bisa menempati urutan 4 atau 3. Namun karena kedua hal tersebut belum dicapai Rengoku, maka penulis memberi Rengoku urutan kelima.

6. Giyu Tomioka (Pernafasan Air)

Giyu Tomioka, Pilar Pernafasan Air. Sumber: deviantart.com
Giyu Tomioka, Pilar Pernafasan Air. Sumber: deviantart.com

Di posisi keenam dalam daftar Hashira terkuat di serial Kimetsu no Yaiba, penulis tempatkan Giyu Tomioka. Yup, mungkin teman-teman punya pendapat berbeda dengan menempatkan Giyu di posisi 5 atau 4, namun menurut penulis level Giyu masih berada di bawah 5 nama sebelumnya.

Sebenarnya, Giyu yang adalah pengguna pernafasan air ini, bisa saja ada di posisi kelima, namun penulis lebih memprioritaskan Rengoku ada di posisi kelima karena pertarungannya melawan yang adalah iblis bulan atas 3, Akaza .

Giyu pun harus dibantu Tanjirou yang saat itu sudah jauh lebih kuat disbanding saat bersama Rengoku. Sementara Rengoku, ia mampu menandingi Akaza meski telah menghabiskan banyak tenaga melindungi para penumpang di kereta, tanpa dibantu Tanjiro.

Namun, bukan berarti Giyu adalah Hashira yang lemah. Giyu dapat mengalahkan iblis bulan bawah 5, Rui, tanpa kesulitan sedikitpun. Selain itu, Akaza juga mengakui Giyu yang adalah pengguna pernafasan air paling skillful yang pernah ia temui dalam 50 tahun terakhir. Giyu juga mampu menciptakan teknik pernafasan air bentuk ke-11, yakni “Ketenangan”.

Di pertarungan melawan Muzan, Tomioka berhasil mengimbangi kecepatan Muzan dan merepotkannya beberapa kali. Jadi selain kuat, kecepatan dan daya tahan tubuh Tomioka lumayan bisa diperhitungkan dan pantas berada di posisi keenam.

7. Shinobu Kocho (Pernafasan Serangga)

Shinobu Kocho, Pilar Pernafasan Serangga. Sumber: deviantart.com
Shinobu Kocho, Pilar Pernafasan Serangga. Sumber: deviantart.com

Nah dibawah Tomioka, penulis memilih Shinobu Kocho sebagai Hashira terkuat nomor 7. Yup, sebenarnya dari segi kekuatan, Shinobu yang merupakan pengguna pernafasan serangga ini memang tak diragukan lagi adalah yang paling lemah dibandingkan rekan-rekan pilar lainnya.

Namun, Shinobu memiliki kecepatan yang luar biasa cepat, bahkan bisa dibilang ialah pilar tercepat. Hal ini bisa kita lihat di animenya, dimana Tomioka saja kesulitan menghindari serangan Shinobu karena saking cepatnya.

Selain mengandalkan kecepatan, Shinobu juga menggunakan racun untuk membunuh lawannya dan tingkat intelektualitas yang tinggi. Hal ini terbukti dari pertarungannya melawan Doma, iblis bulan atas 2. Teknik tertinggi Shinobu sendiri adalah termasuk teknik bunuh diri, namun juga sukses membuat Doma tewas.

Dengan kecepatan diluar nalar, racun yang sangat berbahaya, serta intelejensi yang tinggi, penulis rasa Shinobu pantas berada diatas Kanroji dan Uzui yang ada di urutan 8 dan 9.

8. Mitsuri Kanroji (Pernafasan Cinta)

Mitsuri Kanroji, Pilar Pernafasan Cinta. Sumber: deviantart.com
Mitsuri Kanroji, Pilar Pernafasan Cinta. Sumber: deviantart.com

Nah, di urutan dua terbawah alias Hashira terkuat nomor 8, ada nama Mitsuri Kanroji, pengguna pernafasan cinta. Ada beberapa alasan mengapa Kanroji saya tempatkan di urutan ke-8 ini.

Yang paling utama adalah karena Kanroji ini tidak terlalu memiliki serangan yang mematikan meski sudah membangkitkan Demon Mark sekalipun. Selain itu, kecepatan Kanroji juga bisa dibilang yang terlambat, bahkan lebih lambat ketimbang Uzui di posisi terakhir.

Kanroji sendiri memang memiliki kekuatan bertahan yang cukup luar biasa. Kanroji pernah menahan iblis bulan atas 4 cukup lama hingga iblis tersebut tewas. Ya meskipun di pertarungan melawan Muzan, Kanroji adalah yang pertama kali tumbang.

Itu mungkin karena tubuhnya sudah tak kuat sehabis melawan Nakime, iblis bulan atas 4 yang baru. Dengan kekuatan seperti itu, penulis rasa cukup fair menempatkan Kanroji di urutan ke-8.

9. Tengen Uzui (Pernafasan Suara)

Tengen Uzui, Pilar Pernafasan Suara. Sumber: deviantart.com
Tengen Uzui, Pilar Pernafasan Suara. Sumber: deviantart.com

Di urutan terakhir, alias posisi 9, penulis rasa Tengen Uzui lah yang menempati posisi ini. Yup, tidak bisa dipungkiri bahwa Tengen memang sudah sepatutnya berada di urutan terakhir ini. Ada beberapa alasan mengapa bukan Shinobu atau Kanroji yang berada di posisi terakhir.

Alasan pertama adalah karena Tengen tidak membangkitkan Demon Mark miliknya serta tak mampu menjadikan pedangnya merah, hingga ia pension menjadi Hashira. Jadi, Tengen Uzui jelas tidak mendapatkan penambahan kekuatan yang signifikan.

Selain itu, Tengen pun kesulitan untuk mengimbangi iblis bulan atas 6, alias iblis bulan atas terlemah, Daki dan Gyuutarou. Padahal, Tengen sudah dibantu Tanjirou, Inosuke, dan istri-istrinya. Lebih parahnya lagi, Tengen harus kehilangan mata dan tangannya, yang menyebabkan dirinya memilih pensiun menjadi pemburu iblis.

Jadi, penulis pun beranggapan bahwa Tengen tidak lebih baik dari Shinobu maupun Kanroji yang mampu membunuh iblis atas tanpa kehilangan anggota tubuhnya, dan Tengen pantas mendapat urutan ke-9 ini.

***

Itulah urutan lengkap daftar pilar (hashira) dari yang terkuat hingga yang terlemah versi penulis. Teman-teman punya pendapat lain? Sampaikan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Steven Chaniago

   

Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University. Tertarik menulis tentang olahraga, otaku, drakor, dan pendidikan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap