Valeri Bojinov, Debut Usia 15 Tahun di Lecce


Valeri Bojinov, Debut Usia 15 Tahun di Lecce

Dahulu era 2000 an, salah satu klub ternama Serie A, membuat kejutan kala sukses mengorbitkan nama besar kelahiran Bulgaria, salah satu nama besar yang sampai saat ini telah mencatatkan bermain di beberapa klub besar Eropa.

Ia memulai debutnya pada usia sangat belia, di usia 15 tahun, ia sudah bergabung dengan skuad profesional, meski begitu namanya langsung sontak mendapat sorotan terutama Italia. Ia tampil gemilang bersama di awal debutnya saat kontra Brescia.

Tepatnya pada tanggal 22 Januari 2002, ia menjalani debut profesional meski akhirnya pada 16 Januari ia baru menciptakan gol pertama kala kalah atas Bologna. namun yang menarik adalah saat dirinya berhasil membuat sejarah menjadi pemain asing termuda yang berlaga di kompetisi tertinggi Liga Italia, Serie A.

Di usianya yang masih terbilang sangat muda, ia sudah mencatatkan 19 gol dari total 70 an laga bersama , sebelum akhirnya ia berpindah-pindah ke beberapa klub besar Eropa, seperti Juventus, Parma, Fiorentina, kemudian klub raksasa Inggris, Manchester City.

Selain itu ia juga menjadi bagian dari timnas Bulgaria pada ajang Piala Eropa tahun 2004. Karir pertama ia di level internasional, menjadi pemain paling dikenal Bulgaria, bahkan hingga saat ini.

Dan ketika ia masih eksis sebagai alumnus Euro 2004 yang masih tetap konsisten selain itu namanya bak seolah masih menjadi pemain yang tak pernah dirasa pudar, meski banyak nama-nama baru yang notabennya berusia muda. Namun debutnya tanggal 22 Januari masih tetap dikenang, sebagai pemain usianya yang sangat muda, tampil bagus di tim profesional.

Baca Juga

Exit mobile version