Siapa yang tidak kenal akun instagram @bintangemon alias pemilik nama asli Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra. merupakan salah satu pemenang stand up comedy indonesia pada acara SUCA 3 tahun 2017. selain aksinya yang kerap mengocok perut dikala manggung sebagai .

Tak jarang ini membuat video-video kreatif berdurasi pendek berisi pesan positif yang dibungkus dengan komedi ala-ala . lantas video menjadi viral di media sosial. Salah satunya adalah media sosial instagram.

Instagram : @bintangemon

Seperti yang telah ia lakukan beberapa hari lalu. Dalam akun instagramnya mengupload sebuah video dengan judul “kalo birokrasi aman semua”. Didalam videonya ia berperan sebagai warga sipil yang hendak mengurus berkas. Disana mengungkapkan kekecewaannya mengenai mudahnya dalam kepengurusan berkas-berkas, kurang lebih isi percakapannya sebagai berikut.

Didalam sebuah ruangan duduk dan berbicara kepada seseorang yang berperan sebagai petugas pengurus berkas-berkas.

: “misi pak saya mau mengurus surat-surat, ini berkasnya ini fotokopi KTP”

Petugas : “nggak perlu pakai fotokopi kan sudah e-KTP”.

: “oh nggak usah ya, berarti saya harus ngapain lagi pak?”.

Petugas : “nggak ada, mas tinggal tunggu prosesnya 15 menit kok”.

sentak terkejut dan berkata.

: “hah.. sebentar pak saya sudah cuti hari ini pak, biasanya juga ya sebelum-sebelumnya saya cuti sepenuh hari untuk ngurus surat dan belom jadi, ini 15 menit?? mubadzir dong cuti saya pak”.

Petugas : ” memang prosesnya 15 menit mas”.

Bintang emon : “pak.. are you ok?”

Petugas : “apaan sih mas! nih berkasnya udah jadi. Terima kasih”.

Bintang emon : “enggak-enggak entar dulu, pak kan harusnya keluar ini dulu amplop saya ini, baru keluar berkas cepat ini pak? kalo udah keluar gini terus bagaimana dengan nasib amplop saya ini pak” (sambil menunjukan amplop putih yang dipegangnya).

Diatas merupakan sebagian isi dari percakapan bintang emon dan petugas. Dalam percakapan tersebut bintang emon seolah tidak percaya, bahwa birokrasi berjalan lancar dan prosesnya cepat. Bintang emon kuatir akan terjadi kiamat jika berokrasi berjalan lancar.

Pesan yang dapat diambil dalam unggahan video tersebut ialah sebuah harapan dan doa semoga semakin bertambah tahun khususnya tahun 2022 mendatang, bertambah mudah pula proses birokrasi atau kepengurusan berkas yang ada di negara tercinta kita ini. makin maju dan berkembang bagi Republik ini.