Virgilio Fossati, Kapten Inter Milan & Prajurit Italia yang Gugur pada Perang Dunia I

Virgilio Fossati, Kapten Inter Milan & Prajurit Italia yang Gugur pada Perang Dunia I 1

Sekilas Sejarah Inter Milan

Football Club Internazionale Milano adalah sebuah klub sepakbola profesional asal Italia yang saat ini bermain di kasta teratas liga Italia, Serie A. Inter Milan yang dikenal dengan nama Internazionale ataupun juga Inter. Selain itu Inter juga memiliki beberapa julukan, di antaranya: I Nerazzurri (The Black and Blues), La Beneamata (The Well-Cherished One), dan Il Biscione (The Big Grass Snake). Inter Milan berdiri dari perpecahan dari Klub Kriket dan Sepak bola Milan, yang sekarang lebih dikenal dengan nama AC Milan. Sejak tanggal pendirian pada 9 Maret 1908, klub ini memakai nama Foot-Ball Club Internazionale, nama “Milan” di belakang baru ditambahkan pada tahun 1967.

*Tonton juga video lagu Inter Milan terbaru yang liriknya menyebut tanggal berdirinya klub*

Nama “Internazionale” dipilih karena mencerminkan keinginan para anggota pendirinya untuk menerima pemain asing tanpa batas sebagaimana halnya dengan para pemain Italia. Sejak berdiri, Inter Milan telah menjadi klub bagi para pemain sepakbola dengan berbagai macam latar belakang. Salah satu pemain Inter Milan yang riwayatnya menarik untuk diceritakan, adalah Virgilio Fossati.

Kapten sekaligus Pelatih Inter Milan

Virgilio Fossati lahir pada tanggal 3 Januari 1891. Ia memulai bermain di klub Minerva di Milan, dan pada saat berusia 17 tahun ia pindah ke klub Inter Milan di tahun 1908 –tahun didirikannya Inter Milan. Fossati yang bermain di posisi pemain tengah atau gelandang juga menjadi kapten kedua Inter Milan sepanjang sejarah klub tersebut. Sedangkan kapten pertama Inter Milan adalah pemain Swiss kelahiran 23 June 1887 bernama Hernst Marktl, yang bermain sebagai bek.

Virgilio Fossati. Sumber gambar: wikimedia.org
Virgilio Fossati. Sumber gambar: wikimedia.org

Bersama dengan Inter Milan, ia memainkan 97 pertandingan dan mencetak 4 gol. Ia turut menjadi scudetto alias memenangkan liga pada musim 1909/1910. Karena pada waktu itu posisi pelatih di klub sepakbola belum ada, Fossati-lah yang mengambil keputusan teknis dan taktis.

Berikut ini tabel klasemen Inter Milan di Serie A selama Fossati bermain di klub tersebut, diambil dari situs inter.it

Hasil akhir Inter Milan tiap musim selama karir Fossati.
Hasil akhir Inter Milan tiap musim selama karir Fossati.

Pemain Inter Milan Pertama yang Bermain Untuk Skuad Timnas Italia

Fossati juga menjadi pemain Inter pertama yang memakai tim nasional Italia. Ia diturunkan sebagai starter dalam pertandingan yang debutnya bersama tim nasional Italia, pada 15 Mei 1910 melawan Prancis. Pada laga tersebut, Fossati menyumbangkan 1 gol, dan Italia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir 6-2.

Virgilio Fossati. Sumber gambar: wikimedia.org
Virgilio Fossati. Sumber gambar: wikimedia.org

Gol pertama di laga debut tersebut sekaligus menjadi satu-satunya gol yang ia cetak ketika membela Gli Azzurri –julukan timnas Italia. Secara keseluruhan, Fossati mencatatkan 12 kali penampilan bersama timnas negaranya,dan semuanya merupakan pertandingan persahabatan. Selama 12 kali berlaga, ia juga menjadi kapten timnas sebanyak 6 kali. Selama laga-laga tersebut, Italia mencatatkan hasil menang 4 kali, imbang 4 kali, dan kalah 4 kali.

Berikut tabel daftar laga timnas Italia yang diikuti Fossati, dari sumber situs eu-football.info.

Tabel hasil pertandingan karir Fossati di Timnas Italia.
Tabel hasil pertandingan karir Fossati di Timnas Italia.

Menjadi Prajurit Italia dan Meninggal di Perang Dunia I

Dari lapangan sepakbola, ke laga medan perang. Virgilio Fossati turut turun sebagai prajurit Italia pada Perang Dunia I. Pada bulan Juni 1916, berpangkat letnan dua, ia bersama Resimen Infanteri ke-8 dari Brigade Cuneo menghadapi tentara Austria-Hongaria di pertempuran di Monfalcone.

Monfalcone, yang berarti ‘gunung elang’ dalam bahasa Italia, adalah sebuah kota dan komune di provinsi Gorizia di Friuli-Venezia Giulia, Italia utara, yang terletak di Teluk Trieste. Selama Perang Dunia I, kota ini direbut oleh pasukan Italia pada tahun 1915 dan sempat direbut kembali oleh Austria-Hungaria setelah Pertempuran Caporetto 1917. Pada tahun 1918, Monfalcone kembali berada di bawah kekuasaan Italia.

Lokasi Monfalcone. Peta diambil dari tangkapan layar Google Maps.
Lokasi Monfalcone. Peta diambil dari tangkapan layar Google Maps.

Sebenarnya beberapa bulan kemudian setelah pertempuran di Monfalcone, Fossati akan naik pangkat. Namun ia tewas dalam pertempuran tersebut, dan mayatnya tidak pernah ditemukan. Beberapa sumber menyebut bahwa ia meninggal pada 29 Juni 1916. Sementara sumber lain, misalnya pada buku “Sport Italia: The Italian Love Affair with Sport” yang ditulis oleh Simon Martin, seorang pengajar di University College London dan universitas-universitas lainnya, menyebut bahwa Virgilio Fossati meninggal pada hari Natal, pada 25 Desember 1916.

Berikut adalah sebuah dokumen berbahasa Italia yang mencatat Virgilio Fossati sebagai salah satu korban perang. Dokumen ini berjudul “Militari caduti nella guerra 1915-1918”, yang dalam bahasa Indonesia berarti “Para tentara yang tewas dalam perang tahun 1915-1918”. Pada profil Fossati, terdapat keterangan “Tenente di complemento 8 reggimento fanteria, nato il 3 gennali 1891 a Milano, distretto militare di Milano, disperso il 29 giugno 1916 sul Carso in combattimento”. Terjemahan dalam bahasa Indonesia, kurang lebih adalah, “letnan dua resimen infanteri ke-8, lahir pada 3 Januari 1891 di Milan, distrik militer Milan, gugur pada 29 Juni 1916 di Carso dalam pertempuran”.

Dokumen yang mencatat Fossati sebagai salah seorang prajurit yang tewas di Perang Dunia I. Sumber gambar: difesa.it
Dokumen yang mencatat Fossati sebagai salah seorang prajurit yang tewas di Perang Dunia I. Sumber gambar: difesa.it

Keterlibatan Italia di Perang Dunia I

Sebagai informasi, Perang Dunia I (atau yang biasa disingkat sebagai PD I) adalah sebuah perang global dengan medan konflik yang terpusat di Eropa. PD I berlangsung dari tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918. Perang ini melibatkan negara-negara kuat di seluruh dunia, yang terbagi dalam dua aliansi yaitu Blok Sekutu melawan Blok Sentral, dengan Blok Sekutu yang menjadi pemenang.

Beberapa negara yang menjadi anggota Blok Sekutu adalah Prancis, Kekaisaran Rusia, Amerika Serikat, Yunani, dan lain-lain. Sementara anggota Blok Sentral di antaranya adalah Kekaisaran Jerman, Austria-Hongaria, Kesultanan Utsmaniyah/Ottoman, Bulgaria, dan lain-lain. Italia sendiri sebenarnya pada awalnya tergabung pada Blok Sentral, namun mereka mengubah keberpihakan mereka dan mendeklarasikan perang melawan Austria-Hungaria pada 23 Mei 1915. Keputusan tersebut diikuti dengan deklarasi perang terhadap Kesultanan Ottoman pada 21 Agustus 1915 (setelah ultimatum 3 Agustus), juga deklarasi perang melawan Bulgaria pada 19 Oktober 1915 dan melawan Kekaisaran Jerman pada 28 Agustus 1916.

Sumber-sumber referensi & ilustrasi:

**Baca juga tulisan-tulisan RK Awan lainnya di sini**

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

RK Awan

   

Tertarik bekerja sama membuat konten dengan saya? Bisa kirim DM ke akun twitter @RKAwan_47 atau kirim email ke [email protected]