Waduk Sempor, Destinasi Kota Kebumen


Waduk Sempor, Destinasi Kota Kebumen 1

Bagi kalian yang sering berkunjung ke Jogjakarta, kalian perlu mencoba tempat wisata tak asing lagi di telinga kita, kalian arahkan kendaraan ke arah barat, menuju Kota Kebumen.

Kebumen berada di provinsi Jawa Tengah, dan memiliki tempat wisata klasik dan terkenal, yakni Waduk Sempor. Berada di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, waduk ini memiliki keindahan tersendiri dengan nuansa bukit hijau nya.

Wadum sempor sendiri merupakan sebuah bendungan di sungai Cincingguling atau sering dikenal dengan sungai sempor yang mengalir dari timur laut menuju selatan bermuara ke laut selatan, waduk sempor berada disebelah utara Kabupaten Kebumen, waduk ini memang difungsikam untuk irigasi sawah yang ada di Kabupaten Kebumen.

Waduk sempor berada di bawah kaki gunung Serayu Selatan. Kita bisa menaiki sebuah perahu untuk memutari area Waduk, untuk melihat hamparan waduk yang membentang luas dengan nuansa perbukitan disekitat waduk yang dipenuhi pohon cemara serta dengan airnya yang berwarna hijau menbuat daya tarik tersendiri.

Selain pemandanganya yang sejuk, disekitar obyek wisata juga di lengkapi penginapan-penginapan atau wisma-wisma yamg biss dipergunakam untuk keluarga, rombongan kerja, rapat kerja, mengingat tempatnya yang sejuk dan tenang, bisa dijadikan referensi berkunjung ke waduk sempor ini.

Berbagai fasilitas lengkap lainnya tersedia disini. Waduk sempor juga menyuguhkan pemandangan matahari terbit atau sunrise, serta suara gemercik air yang terdengar di waduk sempor.

Di sini juga disediakan fasilitas kendaraan air, seperti speedboat, slowboat, bebek dayung serta perahu dayung. Jika kita melihat secara langsung pemandangannya tak kalah elok dengan danau toba di Sumatera Utara atau danau kintamani di Bali, dengan nuansa perbukitan disekitar waduk.

Dengan perpaduan iklim yang menimbulkaan curah hujan besar diseluruh lokasi Waduk. Sebuah kontestasi alam yang muncul merupakaan hasil kolaborasi waduk dengan alam yang hijau merupakan lukisan alam nyata yang sangat menakjubkan. warga disekitar juga mempergunakan waduk untuk sebagai tempat mencari ikan.

Beberapa spesies ikan yang ada di Waduk Sempor ini yaitu jenis ikan nila merah dan nila hitam. Bahwa beberapa meter dari lokasi waduk, ada beberapa tempat makan denga menu menawarkan berbagai menu ikan air tawar dari hasil penagkapan di area dekat waduk sempor. 


Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap