Wajib Diketahui, 10 Cara Mencegah Anak Stunting


Wajib Diketahui, 10 Cara Mencegah Anak Stunting 1

Pada 5 tahun terakhir ini, kata “stunting” menjadi begitu popular dimasyarakat Indonesia. Padahal sesungguhnya kondisi stunting sudah ada sejak lama. Pemerintah begitu serius mencegah terjadinya stunting untuk anak-anak di Indonesia. Tentunya, kita juga tidak mau anak kita mengalami stunting bukan?

Apa itu stunting?

Sebelum kita jauh berbicara pencegahan atau penanganan anak stunting, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu stunting. Stunting atau sering disebut kerdil atau pendek adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada periode 1.000 Hari Pertama Kehidupannya, yaitu dari janin hingga anak berusia 23 bulan. Anak tergolong stunting apabila panjang atau tinggi badannya berada di bawah minus dua standar deviasi panjang atau tinggi anak seumurnya. Dengan kata lain berat dan tinggi badan anak tidak sesuai atau kurang untuk usianya.

Jadi, seorang anak tidak mendadak menjadi stunting, tetapi karena mengalami gangguan pertumbuhan dalam waktu yang lama akibat kekurangan asupan nutrisi maupun gangguan Kesehatan. Sehingga jika kita tahu bagaimana perkembangan anak yang baik, maka kita bisa menegah gangguan tersebut. Anak yang tidak mendapatkan nutrisi yang cukup memiliki risiko terhambatnya perkembangan fisik dan kognitif.

Setiap orang tua menginginkan setiap anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik, serta bebas dari asalah pertumbuhan, seperti stunting. Oleh karena itu intervensi berikut adalah cara tepat yang dilakukan untuk menegah anak stunting.

  1. Memastikan ibu hamil mengkonsumsi tablet tambah darah minimal 90 tablet selama kehamilan
  2. Memastikan kecukupan gizi pada ibu hamil
  3. Berikan makanan tambahan pada ibu karena porsi makan ibu hamil bertambah pada saat hamil
  4. Persalinan ibu ditolong oleh tenaga kesehatan terampil. Tidak melahirkan dirumah ataupun ke dukun ya 😊
  5. Melakukan inisiasi menyusu dini (IMD) segera setelah persalinan
  6. Memberikan ASI saja (ASI eksklusif) pada bayi mulai 0-6 bulan
  7. Memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) yang seimbang untuk bayi sejak usia 6 bulan sampai 24 bulan, dimana pemberian ASI tetap dilanjutkan seperti pada 6 bulan sebelumnya
  8. Berikan anak imunisasi dasar lengkap dan Vitamin A secara rutin
  9. Pantau pertumbuhan anak secara rutin, diposyandu, rumah sakit, puskesmas dan lakukan tindakan apabila ditemukan keterlambatan pertumbuhan.
  10. Biasakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Tips pelaksanaan

Periksa kembali point mana yang sudah dilakukan dan yang belum anda lakukan. Jika butir-butir diatas sudah terpenuhi, artinya selamat anak anda akan bebas dari stunting dan masalah pertumbuhan lain. Namun, apabila ada diantaranya yang belum terpenuhi, ini saatnya untuk melengkapi kebutuhan anda dan anak anak supaya tumbuh dengan optimal.

Beda usia beda intervensi

Setiap kondisi penanganannya tentu berbeda-beda. Misalkan seorang ibu yang baru hamil masih memiliki kesempatan untuk melengkapi seluruh kebutuhan diatas. Akan tetapi bagaimana jika anak sudah berusia setahun? Maka anda perlu memberikan intervensi pada anak sesuai usianya. Misalkan saja mengejar tumbuh kembangnya melalui pemenuhan nutrisi, mengejar imunisasi, melakukan pemantauan tumbuh kembang rutin. Apabila anda mengalami tantangan atau membutuhkan dukungan, jangan ragu untuk menemui konselor, bidan, dokter dan tenaga Kesehatan kesayangan anda untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Bawang Merah

   

Seorang yang menumpahkan kekesalan, sedih, amarah, bahagia dan rasa syukur dengan menulis. Menulis adalah teman suka duka. Juga seorang Konselor Menyusui, Pegiat Anak, dan peduli dengan seputar anak.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap