Waktu: Sebuah sumber daya utama yang tak terbatas ?

Waktu: Sebuah sumber daya utama yang tak terbatas ? 1

Apapun kegiatan yang kita lakukan, maka kita akan membutuhkan beberapa sumber daya utama, yaitu manusia, uang, serta beberapa hal lain dan semuanya penting. Tapi ada kesamaan sumber yang sama – sama kita hadapi, yaitu waktu. Dan waktu adalah sebuah hal yang amat pelik. Setiap orang seringkali mengalami masalah ketika harus menyelesaikan pekerjaan dalam singkatnya waktu yang tersedia.

Bagi sebagian orang masalah tersebut akan terus – menerus muncul, berlanjut dari satu tingkatan menuju tingkatan berikutnya, sebagian lainnya akan mengaku butuh waktu ketika kenyataan yang ada seolah – olah membuat pekerjaan tertunda dan tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan, dan ada pula sebagian lagi memilih untuk tidak melakukan apa – apa dan lelap dalam stress.

Lalu, siapa yang membutuhkan manajemen waktu? setiap orang berpotensi memperoleh manfaat dari cara ia mengatur waktunya secara efektif. Dalam organisasi apapun, ada banyak persoalan yang sebenarnya terjadi begitu saja sehingga mempersulit manajemen waktu. Manajemen waktu bukan sekedar pilihan. Manajemen waktu merupakan suatu hal yang betul – betul harus dipertimbangkan siapa saja yang ingin melakukan kegiatan secara efektif, baik secara formal maupun secara informal. Sebenarnya, setiap orang pastilah menggunakan manajemen waktu dalam beberapa tingkatan tertentu.

Pertanyaannya adalah, seberapa baik ia menerapkan manajemen tersebut dan bagaimana pengaruh manajemen tersebut dalam hidupnya? Manajemen waktu bukan perkara mudah, dan kita sadar akan hal itu. Bahkan bagi mereka yang bergelut dengan manajemen itu sendiri, manajemen waktu pun bukan sebuah hal yang bisa diterapkan 100% dengan benar.  Begitu sulit diwujudkan, sehingga selalu ada godaan yang membuat kita keep away dalam melakukan sebuah perubahan, membuat kita melepaskan kesempatan tersebut dan pada akhirnya pasrah tanpa usaha. Pada tingkatan – tingkatan tertentu, godaan – godaan tersebut terasa demikian kuat.

Lalu bagaimana cara kita mengatasi godaan tersebut ? meningkatkan efisiensi, efektifitas serta produktivitas kita. Dengan cara memilih, mengadopsi dan memahami  semua metode secara realistis sesuai dengan cara kerja kita dan semua gagasan yang dapat membantu produktifitas kita dengan pertimbangan yang matang.  Pengaruh tersebut dengan sendirinya akan merubah sikap pandang kita dan membuat kita menghargai betapa pentingnya manajemen waktu. Sebab pengaruh tersebut akan hadir dalam hidup kita hari demi hari, jam demi jam, dan sepanjang waktu. 

Waktu mungkin bersifat relatif, tetapi waktu merupakan sumber daya yang sama pentingnya dengan sumber daya yang lain. Satu hal yang perlu dicatat adalah meskipun waktu merupakan sumber daya yang penting, namun waktu bisa menghilang dengan sangat cepat

Salah satu alasan mengapa manajemen waktu tidak begitu disukai adalah karena pemanfaatan waktu yang singkat dianggap sebagai hal yang tidak penting. Kita cenderung berfikir dan bertanya – tanya untuk apa waktu lima menit, sementara yang jelas – jelas kita butuhkan adalah satu jam tanpa interupsi. Padahal alasannya sederhana saja, satu jam terdiri dari dua belas buah 5 menit.

Hukum murphy mengatakan:‘segala sesuatu bisa saja salah dan berjalan tidak sebagaimana yang diharapkan’. tidak ada jaminan bahwa kita tidak akan pernah mengatakan: ‘jika saja saya masih punya waktu……’dalam sebagian besar kehidupan selalu terdapat sebuah unsur kreatif. Kita ada untuk menciptakan, memajukan, meninjau ulang dan merubah sesuatu menjadi lebih baik dan kita diharapkan bisa melakukan itu semua dalam sebuah lingkungan yang dinamis dimana terjadi banyak sekali perubahan dalam waktu lima menit.

Jika kita menyadari kenyataan tersebut, dan kita telah merencanakan dengan matang waktu serta aktifitas kita, maka kita memiliki kemungkinan untuk bisa memanfaatkan waktu yang sebelumnya kita anggap percuma.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sena nisa

   

hopefully can help fellow reader and always spread kindness