Wanita Kurang Lihai Baca Peta, Simak 4 Alasannya!


Wanita Kurang Lihai Baca Peta, Simak 4 Alasannya!

Banyak yang menyatakan bahwa pria memiliki kemampuan lebih baik dalam membaca peta.

Sedangkan wanita kurang lihai baca peta karena pengalaman menyatakan wanita lebih mudah tersesat.

Meskipun tidak semua wanita buruk dalam hal ini, namun anggapan ini cukup kuat.

Alasan Wanita Kurang Lihai Baca Peta

Sumber gambar: Google

Fenomena wanita kurang lihai baca peta ini menjadi sorotan sejumlah ilmuwan. Penelitian dilakukan untuk mendapatkan jawaban ilmiah dari masalah ini. Simak beberapa alasan yang mendasarinya, berikut ini.

Kemampuan Spasial

Pria memiliki kemampuan spasial yang lebih bagus daripada wanita. Kemampuan spasial sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk memotret ruang atau tempat.

Dalam hal ini, termasuk warna, garis, bentuk dan visual dari ruang atau tempat.

Kemampuan ini akan membuat Anda bisa memahami hubungan antara objek dan ruang dengan lebih baik lagi.

Selain itu, Anda akan lebih memahami hubungan antara sebuah objek dan ruang. 

Faktor yang memberikan perbedaan dalam kemampuan spasial ini, yaitu hormonal.

Penelitian lebih lanjut menjadi bukti bahwa tingkat hormon testosteron pada pria lebih tinggi sehingga memiliki navigasi yang lebih baik.

Strategi Berbeda

Pada jurnal penelitian dari Norwegian University of Society and Technology mengungkapkan bahwa pria dan wanita memiliki strategi berbeda.

Cara kerja otak pria lebih fokus ke proses navigasi ke tempat tujuan. Sehingga pria akan melihatnya berdasarkan arah mata angin.

Sedangkan para wanita melihat tempat tujuan dengan cara berbeda. Wanita cenderung untuk menghafal untuk mencapai tempat tujuan. 

Pria yang menggunakan arah mata angin akan lebih efektif dibandingkan wanita. Selain itu, menggunakan arah mata angin lebih fleksibel dan tergantung dari arah mana titik keberangkatan.

Kinerja Otak

Saat mencari arah, pria lebih banyak menggunakan hippocampus. Hippocampus sendiri merupakan bagian otak besar yang memiliki kemampuan dalam mengingat dan navigasi ruangan.

Sedangkan wanita lebih banyak menggunakan lobus frontal. Bagian lobus frontal akan mengendalikan gerakan, ucapan, perilaku, memori, dan emosi.

Peranan dari bagian otak ini terkait fungsi intelektual, misalnya proses berpikir penalaran serta pemecahan masalah.

Wanita kurang lihai baca peta bisa memperbaikinya dengan sering bepergian sendiri. Selain itu, bisa mencari tahu dengan bantuan peta.