Waspada! 6 Tanda & Cara Mengatasi Orang yang Dengki

Waspada! 6 Tanda & Cara Mengatasi Orang yang Dengki 1

Ada seseorang yang dengki sama kamu, pastinya akan membuat keadaanmu jadi tidak mengenakan. Hari-harimu terasa menggelisahkan, yang tadinya tentram dan damai, bukan? Dengki adalah sifat dimana seseorang tidak menyukai atau tidak senang melihat orang lain bahagia.

Sifat dengki biasanya berawal dari rasa iri, tapi bedanya iri hanya sebatas dihati, sedangkan dengki sudah ada tindakannya. Kebanyakan peluang terbesar orang yang dengki sama kamu adalah orang terdekatmu. Untuk mengetahuinya, berikut 6 tanda dan cara mengatasi orang yang dengki.

1. Sindiran Halus

Waspada! 6 Tanda & Cara Mengatasi Orang yang Dengki 3

Seringkali kamu tidak menyadari, sindiran halus merupakan tanda paling awal dari orang yang dengki sama kamu. Sindiran halus biasanya dikemas dengan kata-kata memuji. Dia akan sering memuji kamu tentang bagaimana keadaan kamu, seperti cantik, tampan, atau kamu sedang mengenakan sepatu baru sehingga dia bilang “cool.”.

Untuk mengatasinya simple, cukup dengan mengucapkan terima kasih dan merendah. Merendah disini, misalnya saat dia bilang sepatu kamu bagus karena memang baru, kamu bisa bilang “Ini udah lama kok, kamu aja baru lihat.”

2. Sinis

Waspada! 6 Tanda & Cara Mengatasi Orang yang Dengki 4

Tanda sifat dengki yang kedua ini, bisa dilihat dari sorot matanya ataupun saat dia tersenyum padamu. Padangan mata orang yang dengki akan terasa berbeda saat kamu memandangnya, terasa horor. Juga saat dia tersenyum padamu, dia hanya melengkungkan bibir disebelah sisinya, dan sisi lainnya datar, seperti senyum yang tidak enakan.

Mau tau mengatasinya? Jika dia memandangmu dan tersenyum seperti di atas, kamu cukup membalas pandangannya, plus tersenyumlah dengan senyuman paling tulus dan seikhlas mungkin.

3. Berbicara jelek dibelakang

Waspada! 6 Tanda & Cara Mengatasi Orang yang Dengki 5

Untuk tanda yang ketiga ini, cukup susah untuk kamu ketahui. Namanya saja berbicara dibelakang, berarti orang yang dengki ini tidak mau kamu tahu dia berbicara jelek tentangmu. Tapi, bukan tidak mungkin Tuhan menunjukkannya di depan kamu dan terdengar jelas ditelingamu.

Tidak ada cara lain mengatasi ini, selain jangan sampai terpancing emosi. Cukup tahu dan biarkan saja dia mau berbicara apa tentang kamu, toh semua yang dibicarakan tentangmu bukanlah kebenaran yang ada padamu. Jika kamu terpancing emosi, apa bedanya kamu dengan dia?

4. Ikut-ikutan

Waspada! 6 Tanda & Cara Mengatasi Orang yang Dengki 6

Seseorang yang dengki sama kamu, karena dia tidak mau kamu kelihatan bagus di depan semua orang. Yang paling sering terjadi, dia akan mengikuti gayamu. Misalkan kamu seorang pedangang atau pengusaha baju, dia akan ikutan menjadi pengusaha juga produknya sama persis dengan usahamu.

Awalnya kamu tidak menyadari, tapi lama kelamaan akan tampak dimatamu ternyata dia mengikutimu. Cukup sulit mengatasi ini, tapi satu cara yang pasti, jadilah dirimu sendiri! Jika dia mengikuti gayamu, karena setiap diri orang itu berbeda-beda dan tidak akan pernah sama.

Atau misalnya dia mengikuti usaha apa yang kamu geluti, bukankan setiap rezeki masing-masing orang telah diatur oleh-Nya?

5. Kambing hitam

Waspada! 6 Tanda & Cara Mengatasi Orang yang Dengki 7

Tanda yang paling toxic dan patut diwaspadai! Orang yang dengki sama kamu akan selalu menjadikan kamu kambing hitam dari segala masalah yang terjadi. Why? Karena dia senang melihatmu susah, dan susah melihatmu senang. Dia akan selalu membuat peluang untuk menyalahkanmu, walaupun sebenarnya orang lain yang berbuat salah ataupun dirinya yang berbuat salah.

Masalah seperti ini sudah tidak bisa dibiarkan dengan kesabaran. Kamu bisa menunjukan bukti bahwa kamu tidak bersalah dan menyelesaikannya secara baik-baik.

6.  Tanpa malu

Waspada! 6 Tanda & Cara Mengatasi Orang yang Dengki 8

Tanda yang paling kelihatan dan sengaja agar dia keliahatan olehmu, sebagai orang yang tidak menyukaimu. Dia tanpa malu mempelihatkan 5 tanda di atas, tujuannya agar kamu merasa minder. Bahkan yang lebih parahnya lagi, agar kamu semakin berputus asa dan depresi memikirkannya.

Ya, memang seseorang seperti itu membuat hidup kita tidak tenang. Kalau sudah seperti ini, jangan hanya bersabar, kamu juga harus mencintai dirimu sendiri, bukan? Cara mengatasi yang paling ampuh adalah menghindari dia, jangan sampai kamu bertemu lagi dengannya dalam keadaan apapun.

Tapi, jika keadaan tidak memungkinkan untuk menghindarinya, setidaknya kamu tidak dekat ataupun mendekatinya. Pasrahkan semuanya kepada Yang Maha Kuasa dan doakan dia agar diberikan hidayah untuk berubah.

Itulah 6 tanda beserta cara mengatasi orang yang dengki. Seorang dosen pernah bekata, jadilah orang yang senang ketika melihat orang yang senang dan jangan menjadi orang yang senang melihat orang yang susah.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Meme Wait