Waspada Dalam Menggunakan Medsos


Waspada Dalam Menggunakan Medsos

Waspada Dalam Menggunakan Medsos. Globalisasi masuk dan merambat sangat pesat keseluruhan penjuru dunia tak terkecuali Indonesia sendiri.

Dengan adanya globalisasi ini memeberi dampak yang cukup signifikan dalam kehidupan ini diberbagai aspek mulai dari ekonomi, sosial, terlebih lagi dalam bidang iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi).

Berbicara mengenai perkembangan iptek di era globalisasi sangatlah banyak, salahsatunya dalam bidang teknologi informasi.

Jika dahulu sebelum arus globalisasi hadir, kita dalam mencari informasi tak semudah sekarang, kita harus menunggu media cetak, seperti koran yang tak dapat di update setiap jam dan detik, dal hal itu sangatlah bertolak belakang dengan yang terjadi saat ini.

Kita hanya cukup membuka media sosial yang dapat menghadirkan segala macam berita maupun informasi yang selalu update setiap saatnya.

Media sosial adalah salah satu perkembangan yang memberikan manfaat dalam kehidupan kita di berbagai bidang mulai dari informasi agama, sosial bahkan ekonomi, Media sosial sebagai ciptaan manusia takkan sepenuhnya sempurna walaupun menggunakan teknologi yang palin mutaakhir, pasti memiliki sisi positif dan negative.

Dampak poisitif

Media sosial sebagai salah satu inovasi manusia juga memiliki sisi positif yang juga wajb kita syukuri dan kita ambil manfaatnya.

Karena media sosial juga termasuk rahmat dari Tuhan kepada kita, agar kita bisa selalu ingat bahwa hal ini adalah karunia dan nikmat dari-Nya.

1. Media dakwah.

Media sosial bukan hanya dapat dijadikan media untuk mencari informasi, tapi juga dapat dijadikan media untuk beramar ma’ruf dan nahi mungkar.

Karena dalam berdakwah tak hanya menjadi penceramah yang selalu memberikan tausiyah pidato diberbagai tempat, kita juga bisa menggunakan media sosial sebagai ladang dakwah yang baik.

Dengan cara, kita bisa membuat konten yang berbau islami seperti artikel, opini, esai bahkan cerpen serta cerita inspirasi.

2. Media penyambung tali silaturahim.

Selain dapat dijadikan media dakwah dapat juga kita jadikan sebagai penyambung tali silaturahmi. Bagaimana tidak kita masih tetap bisa berkomnikasi dengan sanak saudara kita serta kerabat maupun sahabat yang terhalang jarak dan waktu oleh kita.

Bukan hanya bisa mendengar suara kita juga bisa melihat wajah orang yang jauh disana.

Sehingga kita bisa melepas rindu kepada orang yang lama tidak jumpa.

3. Media untuk berbisnis.

Selain mempunyai dampak positif dalam media dakwah dan sosial, juga berdampak baik dalam bidang ekonomi.

Kita bisa menggunakan untuk berbisnis sehingga kita bisa menjual belikan berbagai produk yang kita inginkan, tidak perlu susah payah pergi kepusat belanjaan.

Dampak negative

Bagi masyarakat dan kita harus waspada akan dampak negative yang ditimbulkan oleh media sosial.

Jika tidak mampu selektif dan bijak dalam menggunakannya. Mungkin media menjadi ladang penghasil masalah dan dosa jariayah bagi kita.

1. Tempat menjual diri

Tak dapat dipungkiri lagi media sosial dapat menjadi pedang yang selalu siap menggal leher penggunanya, jika tidak dipergunakan sebaik mungkin.

Telah banyak yang terbawa arus oleh dampak negative dari medsos. Secara sadar atau tidak kita telah membuat diri kita sendiri celaka.

Karena kita sering mempertontonkan sesuatu yang memang tak sepatutnya, seperti menampakkan aurat kita sendiri, karena hal ini bisa menjadi dosa jariyah.

2. Tempat kebohongan

Informasi bisa kita dapatkan dari mana saja. Medsos tempat informasi yang terpercaya sampai yang tak dapat kita percaya dalam artian Hoax.

Jadi kita harus pintar memilih mana kabar yang terpercaya dan mana kabar bohongan belaka.

3. Tidak baik digunakan oleh anak anak

Anak adalah Amanah yang harus dijaga sebaik mungkin oleh kedua orang tuanya. Karena mereka adalah penerus dan akan menjadi penegak agama dikemudian hari.

Sehingga mereka memiliki peran yang sangat unrgen dalam melanjutkan tali rantani kehidupan manusia.

Sebagaimana Amanah yang harus kita jaga, harus memberi tarbiayah dan pemahaman ahlakulkarimah kepada sang anak agar menjadi insan yang bermanfaat bagi yang lainnya.

Sehinnga kita harus memperhatikan tentang aktivitas dan cara mereka berintraksi dengan lingkungan sekitar mereka dalam sehari-harinya.

Masa ini bukan hanya orang dewasa yang menikmati dunia maya, anak anak pun tak mau kalah.

Bahkan mereka tak kala pintarnya dalam mengoperasikan media sosial, mereka bisa menjelajahi sendiri jaringan media sosialnya.

Dan hal ini menjadi tepat perhatian yang serius karena  dapat menimbulkan masalah yang fatal bagi generasi penerus bangsa.

Dari tulisan yang dibeberkan dari atas masih banyak dampak media sosial dari positif dan negatinya.

Pentingnya kita menmanfaatkan kemajuan Iptek, demi kemeslahatan Bersama. Dengan cara menebarkan benih benih cinta, dan tali persaudaraan serta persatuan dikalangan masyarakat.

Sehinnga peristiwa yang merugikan sesama seperti permusuhan ras, agama, dan bangasa dapat diminimalisir dengan nilai norma kebaikan.