Waspada, Dua Ribu Aplikasi Berbahaya Yang Ada di Google Play Store

Waspada, Dua Ribu Aplikasi Berbahaya Yang Ada di Google Play Store

Pengguna khususnya pasti sebagian besar yang terdapat pada ponsel adalah melalui dari toko resmi atau yang biasa kita tahu . Namun, ternyata tidak menjamin seratus persen aman untuk keamanannya pada didalamnya.

Dilansir dari GSM Arena, Sebuah penelitian menemukan adanya 2.040 yang berbahaya di . Menurut laporan dari University of Sydney dan Data61 dari CSIRO, yang terdapat pada Play Store akan meminta akses perijinan yang mencurigakan serta ada juga yang langsung menanamkan pada yang mendownload tersebut.

Baca juga  Gejalakah atau sudah terinveksi Virus ? Gejala Umum Penderita Omicron dari Centers Of Disearse Control (CDC)

Waspada, Dua Ribu Aplikasi Berbahaya Yang Ada di Google Play Store

Penelitian tersebut telah berlangsung lama dan sudah meneliti lebih dari 1 jutaan pada Play Store dan telah menemukan adanya fake atau jiplakan yang meminta ijin akses yang tidak sesuai seperti adanya game terkenal yaitu Hill Clmb Racing dan Temple Run.

Para peneliti saat itu menggunakan jaringan neural dan mesin pembelajaran untuk meneliti aplikasi – aplikasi tersebut. Algoritmanya disusun untuk mencari teks, ikon yang secara visual sama dan mirip dengan 15.000 aplikasi yang sedang populer di saat ini. Dan hasilnya, mereka menemukan 49.608 potensi berbagai macam dan yang ada pada aplikasi tersebut.

Baca juga  Awas! Bug di IOS 15 bisa Rekam Semua Percakapan Pengguna IPhone!

Diperkirakan sekitar 7.246 aplikasi ditandai sebagai malicious atau dengan kata lain adalah aplikasi yang sangat berbahaya untuk smarpthone dan 2.040 diantaranya ditandai dengan aplikasi fake atau jiplakan yang beresiko tinggi membuat mudah terkena dan .

Baca juga  2 Aplikasi Android Pengolah Musik Terbaik

Tetapi, dengan kemajuan dan perkembangan saat ini telah meningkatkan sistem keamanan terhadap tokonya sendiri dan telah mendeteksi 2.040 aplikasi yang telah ditandai sebagai aplikasi yang berbahaya.

Karena itu, bijak dan berhati – hatilah saat menggunakan kamu untuk mendownload aplikasi yang menurut kamu tidak penting dan sangat mencurigakan. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng