Waspadalah, 5 Penyakit Ini Bisa Menular Melalui Ciuman


Waspadalah, 5 Penyakit Ini Bisa Menular Melalui Ciuman 1

Sebuah ciuman biasa dilakukan oleh setiap pasangan saat sedang bercinta. Tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata ciuman juga berisiko menularkan penyakit pada pasanganmu. Lalu apa saja penyakitnya ? Berikut ini ada 5 penyakit yang bisa menular melalui ciuman. Yuk simak !

1. Meningitis

Waspadalah, 5 Penyakit Ini Bisa Menular Melalui Ciuman 3

Seperti dilansir dari laman self.com, Chris Carpenter, M.D., Kepala Bagian Penyakit Menular dan Obat Penyakit Dalam di Rumah Sakit Beaumont di Royal Oak, Michigan, mengatakan bahwa sebuah ciuman bisa berpotensi untuk menularkan penyakit meningitis. Bakteri penyebab meningitis biasanya ditularkan melalui kontak secara langsung seperti berciuman.

2. Sifilis

Waspadalah, 5 Penyakit Ini Bisa Menular Melalui Ciuman 4

Seperti yang diketahui bahwa penyakit sifilis hanya bisa menular melalui hubungan seks saja. Namun, penyakit ini ternyata juga bisa menular lewat aktivitas seksual lainnya seperti ciuman. Salah satu ciri – ciri sifilis adalah adanya luka pada bibir. Melakukan ciuman saat bibir sedang terluka juga bisa menular secara langsung. Karena itu, hindari dulu aktivitas seksual pada pasangan kamu saat terdapat ciri – ciri tersebut.

3. Herpes Labialis

Waspadalah, 5 Penyakit Ini Bisa Menular Melalui Ciuman 5

Pada umumnya, penyakit herpes terdapat dua jenis, yaitu herpes genital (kelamin) dan herpes labialis (mulut). Melakukan ciuman juga dapat berisiko menularkan herpes labialis (HSV-1). Virus herpes jenis ini bisa ditularkan saat kamu berciuman dengan orang yang mengidap penyakit herpes labialis. Oleh karena itu, sebaiknya hindari aktivitas seksual berciuman saat melihat tanda – tanda herpes seperti itu, yang dimana adanya luka lepuh dan lenting – lenting kecil pada bibir pasanganmu.

4. Gingivitis

Waspadalah, 5 Penyakit Ini Bisa Menular Melalui Ciuman 6

Gingivitis merupakan penyakit yang biasa disebut sebagai radang gusi. Penyakit ini dapat menyebabkan gusi bengkak, kemerahan dan juga berdarah. Saat melalukan ciuman juga bisa menularkan penyakit ini secara langsung karena bakteri yang tertular melalui air liur kamu dan pasanganmu yang mengidap penyakut gingivitis.

5. Hepatitis B

Waspadalah, 5 Penyakit Ini Bisa Menular Melalui Ciuman 7

Penyakit seperti Hepatitis B biasanya menular melalui darah dan juga cairan tubuh atau cairan kelamin. Seperti dilansir dari laman verywellhealth.com, walaupun kecil kemungkinannya, ciuman juga dapat berpotensi menularkan hepatitis B. Hal ini bisa terjadi saat terjadi kontak darah secara langsung antara orang yang mengidap penyakit hepatitis B dengan luka berdarah pada pasangannya.

Itulah ke -5 penyakit yang dapat menular lewat ciuman. Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan sebaiknya kamu perhatikan selalu pasanganmu apakah ada ciri – ciri dia mengidapt penyakit seperti di atas. Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap