Waspadalah, Minuman Bersoda Bisa Jadi Biang Berbagai Penyakit

Waspadalah, Minuman Bersoda Bisa Jadi Biang Berbagai Penyakit

bersoda memiliki banyak pilihan merek saat ini. Produk pelepas dahara ini memang asik untuk dikonsumsi. Buih sodanya membuat minumas terasa segar begitu menyentuh tenggorokan. Rasa manisnya juga kuat yang menjadikan ini terasa pas di lidah.

Namun efek jangka panjang bersoda tidak kalah hebatnya. Rata-rata produk dibuat dengan menambahkan pemanis buatan yang jumlahnya cukup banyak. Selan itu ada pula zat asam dan kafein yang menjadikan ini banyak diburu. Jangan abaikan masalah ini. Pasalnya, bersoda dapat mengakibatkan masalah.

Berikut beberapa masalah yang ditimbulkan dari bersoda:

1. Terserang Penyakit Diabetes

Perlu dipahami, kadar gula dan kalori yang ada pada sebotol itu sangat tinggi. Inilah yang membuat pecandu cenderung mengalami obesitas. Di samping itu, gula dan kalori tinggi turut menjadi pencetus penyakit diabetes tipe 2.

Baca juga  Percaya atau Tidak Susu Adalah Salah Satu Minuman Terbaik Penghilang Rasa Pedas

 

2. Merusak Organ Ginjal

Waspadalah, Minuman Bersoda Bisa Jadi Biang Berbagai Penyakit

Berlebihan mengonsumsi sangat berbahaya untuk ginjal. Ginjal dapat mengalami kerusakan yang mengakibatkan pada penurunan kinerjanya. Ketika ginjal tidak mampu lagi untuk menyaring darah, maka penderita gagal ginjal mesti melakukan cuci darah secara rutin. Risiko kerusakan ginjal dialami oleh orang yang minum minimal dua kali per hari.

 

3. Kecanduan Terhadap Kafein

Selain gula dan asam fosfat, kebanyakan tidak lupa menambahkan kafein. Dalam kadar normal, kafein berguna untuk memperbaiki mood, membuat pikiran segar, hingga menajamkan konsentrasi. Tapi bila sudah dikonsumsi berlebihan bisa mengakibatkan insomnia, jantung berdebar, dan naiknya tekanan darah.

Baca juga  7 Manfaat Mengonsumsi Jus Blueberry, Segar Penuh Nutrisi

 

4. Risiko Terkena Kanker Pancreas

Hasil ini berdasarkan sebuah studi yang dilakukan terhadap lebih dari 60 ribu responden di Amerika Serikat. Hasil studi menemukan bahwa dari 87 persen responden mengalami risiko cukup tinggi terhadap kanker pankreas. Seluruh responden yang dilibatkan rutin mengonsumsi bersoda minimal selama 14 tahun.

 

5. Mengalami Obesitas

Waspadalah, Minuman Bersoda Bisa Jadi Biang Berbagai Penyakit

Di Amerika Serikat, banyak anak-anak yang lebih dini mengalami masalah kenaikan berat badan. Penyebab utamanya diketahui bermula dari kecintaan mereka meminum selayaknya minum air putih. Oleh karena itu, banyak ditemukan anak-anak peminum turut mengalami peningkatan risiko diabetes, masalah jantung, sampai stroke.

 

6. Pemicu Osteoporosis

Masalah kerapuhan tulang turut menjadi hasil dari seringnya minum . Dalam hal ini, kandung asam fosfat yang ada dalam menjadi penyebab kepadatan tulang perlahan menjadi rapuh. Tulang akan mulai penuh dengan rongga sehingga dalam jangka panjang keadaannya menjadi gampang patah.

Baca juga  5 Makanan dan Minuman Yang Bisa Atasi Perut Kembung, Yuk Dicoba !

 

7. Gigi Menjadi Rusak

Hal ini disebabkan kandungan gula pada soda terlalu tinggi. Kondisi demikian dapat mengundang bakteri untuk hidup lebih lama di dalam mulut. Sementara itu, asam fosfat pada soda menjadi peluruh kalsium gigi. Akibatnya, gigi mengalami pengeroposan yang kelamaan gampang patah dan berlubang.

Dengan mempertimbangkan berbagai risiko bagi , maka sudah saatnya untuk mengurangi atau bahkan berhenti sama sekali mengkonsumsi bersoda. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan