Wawancara My Modern Met dengan Wu Yung-Sen, Fotografer “Alien” Blackwater


Wawancara My Modern Met dengan Wu Yung-Sen, Fotografer “Alien” Blackwater 1

Bagi Wu-Yung sen, fotografi blackwater –atau fotografi di laut dalam– adalah cara untuk mengeksplorasi bermacam-macamnya keanekaragaman alam, yang tidak banyak dilihat oleh orang-orang. Namun selain menggeluti fotografi blackwater, ia juga merupakan seorang fotografer di perairan yang lebih dangkal -bahkan sampai menjadi pemenang penghargaan di kategori tersebut. Fotografer yang juga bekerja sebagai konsultan bisnis itu menggeluti hobinya dengan serius. Ia telah meraih penghargaan Tawan National Awards pada event Sony World Photography Award untuk fotonya yang berjudul “Migrating Salmon” di British Columbia, Kanada. Untuk mengambil gambar tersebut, Yung-sen rela berdiam diri di sungai beku selama berjam-jam.

Wawancara My Modern Met dengan Wu Yung-Sen, Fotografer “Alien” Blackwater 3
Wu Yung-sen, foto diambil dari situs sipacontest.com
Migrating Salmon karya Wu Yung-sen. Fto diambil dari situs taipeitimes.com
Migrating Salmon karya Wu Yung-sen. Fto diambil dari situs taipeitimes.com

Baik ketika Yung-sen mengambil foto di sungai atau dengan menyelam di kedalaman lautan, fotografi alam liarnya telah mempersembahkan potret alam liar perairan untuk khayalak dunia. Situs My Modern Met baru-baru ini berkesempatan bertemu dengan Yung-sen untuk mewawancarai dan berdiskusi membahas topik tentang fotografi blackwater dan foto gurita transparan-nya yang sangat mengesankan.

Berikut wawancara My Modern Met dengan Wu Yung-sen:

Apa yang pertama kali membuat Anda tertarik dengan fotografi blackwater?

Blackwater adalah “medan” yang sangat menarik untuk saya. Tujuan dari fotografi blackwater adalah untuk mengeksplorasi dunia yang belum diketahui, dan melihat makhluk-makhluk dan spesies-spesies baru di lautan yang sangat luas, menunjukkan sisi kehidupan yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

Apa tantangan terbesar pada fotografi seperti ini?

Hal yang paling sulit adalah ketika mencari makhluk-makhluk di laut dalam. Pertama, saya mengandalkan keberuntungan untuk menemukan makhluk-makhluk itu. Kemudian, saya mengambil potret (makhluk-makhluk itu) dalam alam yang seolah bebas dari gravitasi, yang membuat saya seperti mengejar alien di kedalaman lautan yang tak terbatas. Itulah yang saya rasakan!

Menurut saya, ada empat faktor yang harus terpenuhi dalam fotografi blackwater:

  1. Kemampuan untuk menyelam dengan kestabilan yang tinggi.
  2. Penyelam dan tim yang berpengalaman.
  3. Sumber cahaya dan peralatan lain yang bagus dan berkualitas tinggi.
  4. Kesabaran menunggu.

Hal-hal apa yang menjadi daya tarik fotografi blackwater  bagi Anda?

Karena sebagian besar makhluk-makhluk di lautan dalam merupakan larva-larva, kebanyakan tubuh mereka transparan, dan bahkan beberapa di antaranya terlihat organ-organ dalamnya. Hal yang paling menarik terkait dengan fotografi blackwater, adalah perbedaan yang begitu kentara antara larva-larva dan makhluk-makhluk lautan dalam yang telah dewasa. Saya tidak akan tahu apa yang akan saya temukan sebelum saya melakukan pemotretan. Sebagai contoh, (organ-organ dalam) perut pada beberapa spesies ikan sebelah yang terlihat di luar tubuh mereka. Karena itulah, orang-orang yang melihat foto-foto yang menakjubkan itu menjadi terpesona. Melalui foto-foto saya, saya berharap bahwa semua orang dapat menikmati keindahan dan keanehan dunia yang asing ini. Hal yang menyenangkan dalam fotografi blackwater adalah ketika kamu dapat menemukan larva-larva yang tak dikenal. Sebagian besar larva-larva tersebut memiliki tubuh yang transparan dan berbeda dari makhluk-makhluk lainnya, sehingga saya ingin menunjukkan bagaimana rupa makhluk seperti-alien yang luar biasa ini melalui fotografi.

Ikan Sebelah
Ikan Sebelah. Gambar diambil dari wikipedia

Menurut Anda apa foto yang paling berkesan?

Larva dari Wunderpus. Tidak seperti Wunderpus dewasa, kepala larva itu sangat besar dan tubuhnya transparan. Apalagi, ketika makhluk itu membuka tentakel-tentakelnya sepenuhnnya.

Foto blackwater Wunderpus karya Eu Yung-sen
Foto blackwater Wunderpus karya Eu Yung-sen

[**Artikel serta foto-foto gurita transparan dan foto-foto lain Wu Yung-sen dapat dilihat di link artikel “Seperti Alien! Potret-potret Gurita Tranparan yang Terlihat Otaknya dengan Fotografi Blackwater”**]

 

*Artikel ini diterjemahkan dari situs mymodernmet.com, dengan sedikit perubahan dan penjelasan tambahan.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

RK Awan

   

Tertarik bekerja sama membuat konten dengan saya? Bisa kirim DM ke akun twitter @RKAwan_47.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments