Weverse, Aplikasi Andalan Penggemar BTS!

Weverse, Aplikasi Andalan Penggemar BTS! 1

Siapa yang masih gatau BTS? Grup musik asal Korea Selatan yang digawangi 7 pria muda yang terdiri dari RM, Jin, Suga, JHope, Jimin, V, dan Jungkook ini semakin panas jadi perbincangan, baik di negara asalnya maupun internasional. Dengan lagu-lagunya yang easy-listening dan stage performance yang senantiasa memukau, plus wajah nan rupawan ketujuh anggotanya, grup yang memulai debut musiknya tahun 2013 ini telah memikat banyak orang dari segala usia, yang awalnya hanya ingin tahu menjadi tertarik bahkan tidak sedikit yang berakhir menjadi fans-nya.

Kesuksesan BTS kini tentunya tidak lepas dari dukungan penuh fans mereka yang tersebar di seluruh penjuru muka bumi, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ARMY (Adorable Representative M.C for Youth). Kuatnya jalinan idol dan fans ini tidak bisa dianggap remeh. Hambatan perbedaan bahasa maupun budaya sepertinya bukan sesuatu yang berat, apalagi dengan dirilisnya aplikasi bernama Weverse.

Weverse, bisa dikatakan adalah aplikasi penyelamat dan pemenuh kebutuhan ARMY.

Aplikasi ini resmi dirilis pada tahun 2019 oleh Weverse Company. Dengan moto “Innovating fan experience through platforms”, Weverse menciptakan nuansa berbeda nan eksklusif dalam membangun hubungan idol dan fans. Awalnya banyak yang mengira Weverse diciptakan hanya untuk BTS dan fans-nya, namun nyatanya tidak demikian. Hingga artikel ini ditulis, sudah ada 28 artis, baik dari Korea Selatan hingga internasional yang bergabung di dalamnya.

Sumber: weverse.io
Sumber: weverse.io

Untuk memiliki akun Weverse sendiri caranya sangatlah mudah. Cukup men-download aplikasi tersebut di smartphone lalu lakukan registrasi dengan memasukan email atau melalui social media seperti Twitter dan voila, kamu sudah resmi menjadi Wever, sebutan untuk para anggota Weverse.

Letak keeksklusifan Weverse sendiri terletak pada platform artis mana yang dipilih untuk melakukan registrasi tersebut. Untuk para ARMY, dengan memilih platform BTS dan melakukan registrasi sesuai petunjuk, kamu sudah bisa memiliki akun Weverse kamu khusus untuk BTS. Dikatakan khusus karena hanya mereka yang melakukan registrasi di platform BTS lah yang memiliki akses terhadap konten-konten BTS yang tersedia khusus untuk para fans BTS di Weverse, yang tentu saja tidak bisa ditemui di social media lainnya.

Konsep Weverse sendiri hampir serupa dengan teman sejawat social media lain seperti Instagram, Twitter, dan bisa dikatakan merupakan versi global dari fan cafe karena memiliki 3 setelan bahasa yaitu Bahasa Inggris, Korea, dan Jepang yang semakin memudahkan ARMY internasional memahami konten-kontennya. Pada setiap post baik dari BTS maupun ARMY, terdapat tombol Terjemahan di bagian pojok kanan atas yang memudahkan ARMY internasional untuk menerjemahkan post tersebut ke dalam bahasa sesuai setelan Weverse-nya.

Sumber: weverse.io
Sumber: weverse.io

User interface Weverse pun sangatlah simpel dan jelas. Ada 4 menu utama yang dapat ditemui ketika membuka platform BTS yaitu Feed, Artist, Media dan Only.

Pada bagian Feed, ARMY bisa melihat deretan unggahan post dari para anggota BTS yang mirip dengan Instagram Story, di mana ARMY dapat memberikan Cheer, yakni istilah yang digunakan Weverse untuk Like, dan juga Comment dalam waktu 24 jam sejak waktu post tersebut diunggah. Di bawahnya terdapat banyak post dari ARMY lain di mana mereka bisa saling memberikan Cheer dan Comment tanpa batas waktu tertentu! Secara tidak langsung, Weverse memperluas kesempatan sesama ARMY untuk saling mengenal dan berteman. Jika dewi fortuna sedang di pihakmu, bisa saja post atau Comment-mu akan dibalas oleh anggota BTS langsung.

Sementara untuk bagian Artist, ARMY hanya akan menemui post yang di-upload oleh para anggota BTS yang modelnya mirip dengan Twitter. Bedanya, ARMY dapat memberikan Cheer dan Comment untuk post di bagian ini tanpa batas waktu tertentu. Di bagian ini juga, terdapat tombol “To Artist” untuk membuat post di Weverse. Kelebihannya, ARMY bisa memilih apakah mereka ingin post-nya tersebut dapat dilihat oleh anggota BTS atau tidak. Sebuah privilege yang diberikan Weverse yang tidak bisa ditemui di social media lainnya tentu saja. Psst, keleluasaan ini juga bisa dimanfaatkan ARMY dalam membahas kejutan untuk BTS dengan ARMY lainnya tanpa diketahui BTS sendiri.

Sumber: Twitter @bts_bighit
Sumber: Twitter @bts_bighit

Khusus bagian Media, ARMY bisa menemukan banyak konten spesial BTS seperti video musik, rekaman konser, hingga acara khusus BTS seperti Run BTS! Sayangnya, tidak semuanya dapat ditonton secara gratis. Beberapa program mengharuskan ARMY untuk membeli langganan khusus untuk bisa menontonnya. Sistem berlangganan ini pula lah yang membedakan apakah ARMY bisa menemukan menu Only pada Weverse mereka atau tidak, karena bagian ini khusus menyediakan konten eksklusif bagi ARMY yang membeli membership BTS.

Kelebihan dari membership berbayar, ARMY dapat melihat special content yang dirilis oleh BTS yang tidak dapat diakses oleh mereka yang tidak membeli membership tersebut. Keanggotaannya sendiri akan diperbarui setiap 1 tahun sekali dengan nilai sekitar USD22. Selain special content, ARMY yang membeli membership tersebut juga memilki privilege untuk acara-acara yang diadakan oleh BTS, diantaranya adalah harga khusus anggota untuk pembelian tiket konser, album, hingga kesempatan untuk mengikuti raffle, yakni undian yang biasanya berhadiah merchandise langka dari BTS hingga keuntungan memilih tempat duduk untuk offline concert sebelum tiket dibuka untuk umum. Informasi detail mengenai acara yang diadakan BTS hingga update terbaru tentang mereka tentu saja hanya dapat ARMY temukan di Weverse, bukan di social media lain manapun.

Jadi bukan sesuatu yang mengherankan lagi kenapa Weverse dikatakan sebagai aplikasi andalannya ARMY!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rosaline