Wisata Kalibiru Spot Foto Terpopuler


Wisata Kalibiru Spot Foto Terpopuler

Karena semangatnya kami, ingin melihat keindahan Kaliburu Jogjakarta, sehingga kami datang ke lokasi ini kepagian, hanya ada satu petugas yang ada di dekat pintu masuk, dia menyapu halaman pintu masuk dan halaman parkir, kami dipersilahkan masuk saja oleh petugas tersebut, katanya nanti jam 7.30 biasanya petugas loketnya sudah datang, sekarang silahkan masuk saja dulu untuk menikmati dan foto-foto, nanti keluarnya baru membeli karcis.

ini menjadi viral setelah ada artis yang berfoto disini kemudian menguploadnya di instagramnya, setelah itu mulai ramai pengunjung yang datang kesini.

Memasuki tempat ini memang terlihat sangat banyak spot-spot foto, obyek wisata ini sepertinya memang menawarkan spot-spot alam terbaik dengan beraneka background foto.

Sejarah

dokpri,   Maret 2022

Sejarah ternyata tidak terlepas dari masa penjajahan Belanda dan Pemberontakan G30S PKI, dulunya merupakan tempat yang subur untuk persawahan dan perkebunan, saat Belanda menjajah Indonesia, kawasan ini dijadikan Belanda sebagai hutan penghasil kayu, tentunya Belanda sebagai bangsa penjajah merebut paksa dari tangan pribumi pemilik lahan ini, kemudian pasca kemerdekaan PKI ikut memicu rusaknya areal ini, daerah ini menjadi lahan yang subur terjadinya pembalakan hutan secara liar, pencurian kayu besar-besaran, membuat daerah ini gersang dan gundul.

Dari catatan sejarah yang ada pemerintah mulai membenahi tempat ini setelah krisis ekonomi di tahun 1997 sampai dengan tahun 2000, Pemerintah bersama Lembaga Swadaya Masyarakat Yayasan Dinar, Pemerintah memberikan mulai bibit pohon, bibit tanaman dan pemberian modal serta indukan sapi dikucurkan untuk membenahi dan membantu perekonomian masyarakat disekitar sini.

Masyarakat diajarkan, diberi pendampingan dan pemahaman akan pentingnya menjaga kelestarian hutan, setelah tertata dengan baik sehingga tercetuslah wilayah ini untuk menjadi kawasan hutan seperti sekarang ini.

Lokasi dan HTM

Lokasi Kaliburu berada di Perbukitan Menoreh, dengan ketinggian 450 mdpl, dari sini kita sangat jelas melihat keberadaan serta keindahan Waduk Sermo dengan airnya yang menghijau.

Berbagai pohon yang ada disini seperti Kayu Putih, Cemara, dan Jati, juga beberapa pohon lain yang tumbuh subur.

dokpri,    Maret 2022

Karena belum ada petugas yang datang sehingga kami tidak bisa menikmati beberapa spot foto disini, kami tidak bisa menggunakan fasilitas yang ada di sini, merasa cukup dan puas kamipun kembali pulang, sesampai di pintu keluar para petugas dan pengelola sudah mulai berdatangan, dan kamipun membayar biaya masuk perorang, tidak mahal cukup dengan Rp. 5.000,-

Baca Juga

Exit mobile version