Wisata Sejarah Patut Dikunjungi Di Museum Kereta Api Ambarawa


Wisata Sejarah Patut Dikunjungi Di Museum Kereta Api Ambarawa 1

Perjalanan kali ini kita akan ke Museum Kereta Api Ambarawa yang letaknya di Jawa Tengah museum Kereta Api Ambarawa tersebut banyak hal yang dikunjungi dan di sajikan, dinikmati, karena museum tersebut banyak menyimpan sebuah cerita perjalanan kereta tempo dulu hingga sampai saat ini,  banyak sekali model kereta – kereta dengan bahan bakar uap  sampai diesel ada disana. Histori dari perjalanan perkembangan kereta api di Indonesia, untuk lokasi museum terletak di Kota Ambarawa arah ke Salatiga.

Pernah kita merasakan suasana jaman dulu, nah disana kita akan terbawa Suasana ketika di jaman dulu untuk moda transportasi kereta api, sebagai moda transportasi untuk membawa penumpang dan barang pada jaman Belanda hingga kemerdekaan. Gerbong – gerbang locomotif yang di buat benar – benar asli dan design dari kereta api penumpang dan barang.

Kita akan menjumpai suasana stasiun di berbagai daerah mulai fasilitasnya benar – benar membuat kita flasback ke zaman dahulu.  

Photo.2. Locomotif uap zaman dahulu
Photo.2. Locomotif uap zaman dahulu

Di Museum yang merupakan museum kuno ini terdapat beberapa pilihan perjalanan baik regular maupun sewa dengan alternative kereta dan tujuan. Untuk pilihan kereta api anda bisa memili menggunakan kereta uap yang berusia ratusan tahun. Maupun kereta diesel kuno.

Dengan rute Ambarawa – Tuntang yang menyuguhkan pemandangan gunung dan melintasi Rawa Pening. Sedangkan rute Ambarawa  – Bedono melintasi perbukitan gunung ungaran dan gunung merbabu dengan melintasan menanjak.

Karena berlibur ke tempat bersejarah dipastikan pengunjung akan menambah pengetahuan sepulang dari sini.  Pengunjung bisa mengetahui sejarah kerata api Indonesia, jalur replika kereta api. Tidak hanya itu Museum Kereta Api Ambarawa juga menunjukkan alat pemutar gerbong kereta.

Di sini ada beberapa halte kereta api yang sengaja didatangkan dari beberapa daerah. Hal ini dimaksudkan agar halte yang usinya sudah tua tetap terjaga kelestariannya.

Jadi pengunjung akan semakin mencintai kereta api Indonesia. Karena identik dengan sejarah Museum ini juga menyediakan perpustakaan bernama kereta api pustaka.

Dengan suasana yang nyaman dipenuhi berbagai macam buku dan foto – foto perjalanan kereta api Indonesia dari masa ke masa terpampang di tembok dinding museum tersebut.

Photo.3. Walpaper sejarah perjalanan kereta api dari masa ke masa 
Photo.3. Walpaper sejarah perjalanan kereta api dari masa ke masa 

Kereta Uap yang digunakan untuk tour wisata.

Ambarawa rail way mountain tour ini adalah paket perjalanan wisata menggunakan kereta api. Rutenya Ambarwa – Bedono PP dengan jarak Ambarawa Tuntang pp dengan jarak tempuh 7 km.

Tentunya tidak akan merasa bosan karena pemandangan alamnya sangat indah sepanjang perjalanan. Ditemani dengan adanya pemandangan gunung merbabu, Ungaran, Telomoyo. Karena menggunakan keret api zaman dahulu maka jalur yang digunakan pun jalur bergigi. Pengunjung bisa memesan tiket terlebih dahulu untuk memastikan kepergian tour ini.

Photo.4. Kereta wisata di museum Kereta api Ambarawa
Photo.4. Kereta wisata di museum Kereta api Ambarawa

Karena tour ini hanya akan dilakukan ketika hari libur, dan harganya pun berbeda – beda sesuai fasilitasnya

Di museum ini juga terdapat berbagai tempat untuk swa foto. Dengan design yang nik pengunjung bisa memilih tempat foto versi terbaiknya. Beberapa spot terbaik yang ada disini adalah gerbong kereta api, stasiun kereta api, wallpaper sejarah kereta api dan halte dan miniatur koran jaman belanda di musem tersebut.

Photo.5. Miniatur koran tempo dulu
Photo.5. Miniatur koran tempo dulu

Selain itu disni terdapat took  oleh – oleh yang wajib dikunjungi setelah puas mengelilingi museum. Pengunjung bisa membeli miniatur kereta api sebagai kenang –kenangan disekitar museum terdapat juga penginapan dan hotel dengan harga yang terjangkau.

Fasilitas yang terdapat disini terbilang cukup lengkap. Adanya restoran untuk makan dan istirahat. Lahan parkir cukup luas dan ada juga mushola serta toilet untuk pengunjung yang hendak beribadah.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Harto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap