Yakin Sudah Tahu? Ini Sederet Manfaat Kemenyan Untuk Kesehatan & Kecantikan

Yakin Sudah Tahu? Ini Sederet Manfaat Kemenyan Untuk Kesehatan & Kecantikan 1

Wanginya yang memiliki ciri khas ini sering diidentikkan dengan hal-hal mistis, itulah Kemenyan. Di Indonesia sendiri, barang yang satu ini adalah elemen utama untuk berbagai ritual mistis.

Padahal, banyak dari kita yang belum mengetahui kalau Kemenyan sendiri memiliki banyak sekali manfaat tersembunyi. Dikutip dari Hellosehat.com, kemenyan sendiri adalah getah pohon yang masuk dalam kelompok Stryraz dan nama lain dari kemenyan sendiri itu adalah Benzoin.

Sebagai Informasi, minyak kemenyan ini kerap dimanfaatkan banyak orang sebagai obat tradisional sedari zaman dahulu kala. Tak hanya sekedar untuk wewangian semata, ternyata kemanyan pun di dunia kesehatan berfungsi sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit karena memang kemanyan sendiri memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-kanker.

Karena memiliki segudang manfaat yang banyak, kemanyan sempat menjadi barang yang paling menguntungan untuk di jual belikan di dunia. Karena memang minyak dari kemenyan ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum dan produk-produk perawatan kulit lainnya.

Penasaran dengan apa saja manfaat kemenyan yang mungkin belum Anda ketahui, simak ulasannya berikut ini sampai habis. Chek this out!

Manfaat Kemanyan untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi Kemenyan
Ilustrasi Kemenyan

Seperti kita ketahui bersama bahwa kulit adalah salah satu organ tubuh yang paling jelas terlihat. Dan kemenyan ini mampu memberikan khasiat yang sangat baik untuk kulit kita. Sudah tahu? Ini penjelasan berbagai manfaat singkatnya:

  • Sebagai Kondisioner untuk Kulit

Perlu diketahui bahwa menggunakan air kemenyan ternyata dapat difungsikan sebagai kondisioner bagi kulit anda. Penggunaan kondisioner alami ini dinilai mampu membuat kulit anda semakin moise dan halus ketika digunakan secara teratur.

  • Mampu Mengurangi Bekas Luka

Memiliki bekas luka adalah momok menyeram bagi banyak orang terlebih bagi kalian para wanita. Tapi jangan khawatir, karena kemenyan dapat membantu anda memudarkan bekas luka seperti jerawat, bekas operasi, strecth mark dan banyak lagi bekas luka lainnya.

  • Bisa Meregenerasi Kulit

Kemenyan pun ternyata diketahui dapat dimanfaatkan untuk mengurangi keriput dan garis halus di wajah. Penggunaan getah kemanyan ini akan membuat anda akan terlihat jauh lebih muda.

  • Memiliki Anti-Infeksi

Senada dengan apa yang sudah disampaikan di awal tadi, Kemenyan ini memiliki sifat desinfektan yang digunakan untuk membersihkan luka dan mempercepat proses penyembuhan serta tidak meninggalkan bekas luka.

Manfaat Kemenyan untuk Kesehatan Rambut

Manfaat kemenyan lainnya ada dibawah ini. Ya. jika ingin memperindah rambut, kemenyan bisa menjadi jawabannya. Kemenyan ternyata baik untuk kesehatan rambut.

Anda ingin memiliki rambut yang indah dan berkilau? Kemenyan mungkin bisa menjadi jawabannya. Penasaran seperti apa manfaat kemenyan untuk kesehatan rambut? Simak ulasannya!

  • Dapat Menghilangkan Ketombe

Hampir semua jenis minyak esensial, termasuk kemenyan, diketahui memiliki menfaat unutk mengurangi bahkan menghilangkan ketombe jika digunakan secara teratur.

  • Membuat Rambut Hitam Berkilau

Minyak kemenyan dengan dicampur dengan beberapa mur (myrrh) ternyata mampu membuat rambutmu berkilau. Dan Anda dapat menggunakannya sebagai Styling Gel sehingga mendapatkan hasil yang keren pastinya.

  • Mengurangi Rambut Rontok

Perlu anda ketahui juga bahwa Minyak Kemenyan ini mampu membuat akar rambut anda menjadi lebih kuat, sehingga Anda yang mungkin memiliki masalah rambut rontok akan teratasi karena rambut anda akan tumbuh lebih sehat.

Manfaat Kemenyan untuk Kesehatan

Selain manfaat yang sudah disebutkan tadi, ternyata masih ada banyak manfaat kemenyan yang lainnya yang mungkin belum Anda ketahui seperti:

  • Untuk Meredakan Nyeri

Nyeri Sendiri atau yang lainnya yang disebabkan oleh adanya peradarangan ini dapat ditanggulangi dengan menggunakan minyak kemenyan ini.

  • Untuk Menghilangkan Nyeri otot

Kemenyan membantu memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi nyeri otot. Hal ini sangat bermanfaat untuk orang yang menderita rematik.

  • Dapat Meningkatkan Imunitas

Sebagai Informasi sistem kekebalan tubuh yang lemah itu dapat membuat tubuh menjadi mudah terserang penyakit termasuk yang sedang menimpa tanah air yakni wabah Virus Corona (Covid-19). Dan mengkonsumsi kemenyan yang sudah di kemas dalam kapsul serta mengoleskan minyak kemenyan di bagian area bawah kaki dapat membuat sistem imun tubuh kita akan bertambah. Sehingga tubuh Anda menjadi jauh lebih sehat.

  • Dapat Mengobati Asma Kronis

Kemenyan dikenal membantu mengobati asma kronis. Studi yang dilakukan tentang efektivitas kemenyan dalam menyembuhkan asma menunjukkan bahwa penggunaan teratur dapat meringankan gejala asma dan menurunkan tingkat serangan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menilai apakah obat ini dapat digunakan untuk durasi yang lebih lama.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebagai informasi bahwa Kemenyan ini adalah sumber guggulstrone. Dan zat ini diketahui mampu membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Sebab, ini dapat merangsang tiroid dan menormalkan fungsinya. Namun memang, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan guna memastikan apakah ada pengaruhnya bagi tubuh manusia. Meski begitu, kemenyan dapat dipastikan aman untuk digunakan sebagai suplemen penurun berat badan.

  • Dinilai Baik Untuk Jantung

Sebagai informasi tambahan saja, diketahui bahwa kemenyan dapat difungsikan sebagai media penurun kolesterol dan trigliserida serta dapat menjaga kedua untuk tetap terkendali dengan baik. Ya, kadar kolesterol yang stabil akan membuat jantung terhindar dari berbagai macam jenis penyakit termasuk ateroskierosis.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat kemenyan mulai dari kesehatan hingga kecantikan yang mungkin belum anda ketahui. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share dan bagikan pengalaman anda ke orang lain dengan cara komentar dibawah ini.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.