Yang Berwenang Mewakili Perseroan Terbatas (PT)

Yang Berwenang Mewakili Perseroan Terbatas (PT)

Sering kita mendengar istilah Perseroan Terbatas () yang jumlahnya sangat teramat banyak di terutama dikota-kota besar dan setelah lulus mengenyam pendidikan, tidak sedikit dari anak-anak bangsa memilih untuk bekerja di sebuah baik yang menurut mereka tersebut bonafit atau yang berkembang.

Tidak sedikit juga masyarakat memilih untuk membangun perusahaannya sendiri dan tidak bergantung bekerja dengan milik orang lain.

Aturan mengenai () diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang yang mana dalam Pasal 1 angka (1) disebutkan pengertian adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang ini serta peraturan pelaksanaannya.

Baca juga  Tidak Seram Tapi Berhasil: Review Film KKN di Desa Penari (2022)

dapat didirikan minimal 2(dua) orang atau lebih yang dibuat dengan akta notaris sebagaimana ketentuan Pasal 7 ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang .

Pemilik dari banyak disebut Pengusaha atau Enterpreneur yang banyak membantu ekonomi orang lain dengan melakukan rekrutmen pekerja yang cocok untuk bekerja di perusahaannya tersebut yang mana setiap memiliki klasifikasi-klasifikasi tertentu yang ditentukan kepada para calon pelamar yang ingin bekerja di perusahaannya tersebut untuk menunjang kegiatan bisnisnya dalam hal mencari laba atau keuntungan.

Baca juga  Seniman Lokal Ubah 5 Tokoh Indonesia Ini Menjadi Karakter Anime

Namun tahukah kalian apabila sebuah perseoran terbatas dalam menjalankan kegiatan bisnisnya tidak selalu berjalan mulus dan sesuai rencana . Tentu banyak kendala-kendala yang dihadapi oleh suatu dalam menjalani kegiatan bisnisnya baik kendala yang berasal dari luar seperti rekan bisnis, aturan pemerintah yang diperbarui, dll.

Akan tetapi ada juga kendala yang berasal dari dalam seperti pekerja yang nakal yang tindakan atau perbuatannya dapat merugikan keuangan baik kecil maupun besar.

Kendala seperti itu merupakan tantangan dari perusahaan yang harus dilalui, akan tetapi tidak semua orang yang bekerja didalam perusahaan dapat mewakili perusahaan untuk menyelesaikan permasalahannya tersebut.

Baca juga  Nostalgia, 5 Klub Era Galatama yang Sempat Populer di Masa Lalu

Hanya ada segelintir orang yang memang berwenang untuk mewakili perseroan baik didalam maupun diluar pengadilan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang , hanya Direksi yang berwenang mewakili baik didalam maupun diluar perusahaan sebagaimana yang diatur dalam Pasal 1 angka (5) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang dan Pasal 98 ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang . Namun apabila anggota dewan direksi berjumlah lebih dari 1(satu) orang, menurut ketentuan Pasal 98 ayat (2) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang anggota dewan direksi dapat mewakili perseroan kecuali ditentukan lain sesuai anggaran dasar perseoran tersebut.

Sehingga jelas sudah mengetahui siapa yang berwenang mewakili Perseroan Terbatas didalam maupun diluar Pengadilan.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Dasar Hukum :

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arief