Yang Kami Butuhkan Ketika Serangan Panik / Kecemasan Menyerang

Yang Kami Butuhkan Ketika Serangan Panik / Kecemasan Menyerang 1

Kecemasan adalah emosi atau perasaaan yang wajar ketika menghadapi tekanan atau stres dalam aktivitas atau kegiatan sehari hari. Tetapi, jika kecemasan menyerang secara menyeluruh dan berlebihan sehingga menganggu aktvitas atau fungsi kita sebagai manusia, maka ini bisa disebutkan sebagai gangguan kecemasan. Beberapa yang paling sering terjadi adalah serangan panik (Panic Attack) sehingga menganggu fungsi kita sebagai manusia yang sesungguhnya.

Kecemasan dapat menyerang siapa saja, kecemasan hadir dari tingkat stress dan tekanan yang kita alami. Kecemasan adalah wajar, tetapi jika menyerang dengan berlebihan, dan sangat menganggu pikiran, maka akan sangat baik jika kita membutuhkan pertolongan orang terdekat atau bantuan profesional untuk menangani hal ini.

Beberapa gejala serangan panik/kecemasan:

1.  Ketakutan. Ketakutan akan hal hal yang kurang masuk akal atau tidak logis, sering juga ketakutan akan hal hal yang belum tentu akan terjadi, seperti kecelakaan, kebakaran, kematian dan lain lain. Dapat juga melakukan skenaria “bagaimana jika” hal hal buruk terjadi kepada aku.

2. Kebingungan. Kebingungan akan apa yang sebenarnya terjadi pada pikiran dan tubuh kita, dan sulitnya mencerna pikiran secara positif atau berpikir rasional.

3. Gelisah. Mencemaskan segala hal yang membuat kita selalu berpikiran negatif

4. Rasa tidak berdaya. Kurangnya rasa berdaya atas pikiran kita sendiri karena gelisah dan kecemasan yang sangat menganggu

5. Ketegangan otot. Biasanya, karena pikiran yang tertekan, maka sekujur tubuh tidak bisa merasakan relaks.

6. Jantung berdebar dan sesak nafas. Hal ini umum terjadi, rasanya seperti ter cekik dan sangat sulit mendapatkan nafas yang dalam

Hal yang dapat pertama kamu lakukan ketika serangan panik/cemas datang

1. Bernafas yang dalam. Tarik nafas dalam 4 detik, tahan selama 7 detik, dan hembuskan dalam 8 detik. Pegang dada kita dengan kedua tangan, rasakan ketika kita mengambil nafas sampai menghembuskannya. Lakukan ini berulang hingga merasa relaks.

2. Relaksasi otot. Rengganggkan seluruh tubuh, istirahatkan semua otot, cari posisi duduk/rebahan senyaman mungkin yang dapat kamu lakukan.

3. Masukan kata kata positif ke dalam diri. Katakan “semua ini akan berlalu dan aku akan baik baik saja”

4. Tuliskan pikiran yang datang. Tuliskan semua emosi, pikiran dan perasaan, kamu bisa menulisnya ketika cemas di buku catatan atau cartatan di handphone mu. Baca tulisan ini lagi ketika rasa cemas mulai hilang atau berkurang, sehingga kita bisa mengantisipasi keadaan.

Hal yang bisa kita lakukan untuk membantu

1. Kehadiran. Siapkan mental dan fisikmu untuk menemani mereka. Kehadiran kita untuk membantu seseorang yang sedang merasakan cemas atau gelisah atau panik akan sangat membantu, tanyakan apa yang bisa kita lakukan untuk membantunya melewati masa masa ini

2. Ketenangan. Bawa dia berpikir dengan tenang dan aman, katakan padanya semua ini hanyalah fase dan akan berakhir cepat atau lambat, yang jelas, serangan panik akan berakhir dan tidak terjadi selamanya.

3. Dibantu bernafas dan relaks. Bantu mereka mengingat untuk bernafas yang dalam dan tenang. Bantu dia relaks dengan cara menginstruksikan perengangan otot dan relaksasi otot sebisa kamu.

Pelajari beberapa hal untuk membantu orang dengan serangan panik akan sangat membantu, belajarlah dan buat dirimu jauh lebih mengerti perasaan dan emosi seseorang dengan gangguang kecamasan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.