Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memulai Hidup Minimalis. Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Damai


Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memulai Hidup Minimalis. Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Damai 1

Kamu udah pernah denger belum sih tentang hidup minimalis? Memulai hidup minimalis akan menjadi perjalanan yang luar biasa loh. Saat sebelumnya kamu terbiasa hidup dengan obsesi kamu dengan barang, lalu kamu harus memulai dengan mengurangi kepemilikan kamu akan barang.

Mengadopsi gaya hidup minimalis berarti menjalani hidup yang lebih sederhana dan mengurangi ketergantungan akan barang. Menjadi minimalis membuat kamu merasa berkecukupan hidup hanya dengan beberapa barang yang benar-benar kamu suka dan memberikan kebahagiaan untukmu. Berikut yang perlu kamu ketahui sebelum memulai hidup minimalis :

 

Temukan alasanmu

Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memulai Hidup Minimalis. Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Damai 3

Jauh lebih mudah untuk melepaskan sesuatu jika kamu memiliki alasan kuat kenapa kamu melakukannya. Menemukan alasan atau menciptakan pola pikir sangat penting untuk menghindari kamu kembali ke kebiasaan lamamu. Beberapa alasan kenapa kamu memulai gaya hidup minimalis :

  • Kamu ingin bisa menabung dan keluar dari hutang
  • Kamu menginginkan lebih banyak ruang di tempat tinggal
  • Kamu ingin menghilangkan kebiasaan boros
  • Kamu ingin lebih damai dan sederhana

Kalau alasan aku kenapa memulai gaya hidup minimalis yaitu aku tidak ingin bergantung pada barang. Aku dulu punya kebiasaan saat aku memiliki emosi yang sedang tidak stabil misalkan sedang marah, senang atau sedih aku akan pergi ke mall dan mulai membeli barang-barang yang aku suka. Karena dengan membeli barang membuatku lebih lega dan bahagia. Membeli barang sebagai sarana menyalurkan emosi untuk bahagia yang hanya bersifat sementara. Sehingga saat suatu waktu aku menyadarinya begitu banyak barang yang aku miliki sampai aku ga sadar kalo aku punya barang tersebut lebih dari satu bahkan ada yang lebih dari lima. Mulai darisana aku ingin memiliki hidup yang tidak bergantung pada barang untuk membuatku bahagia, melainkan pada pengalaman dan waktu yang aku habiskan dengan orang-orang yang ada di sekitarku.

 

Memulai dengan Decluttering

Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memulai Hidup Minimalis. Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Damai 4

Menjadi minimalis adalah berprinsip untuk merasa cukup hidup dengan sedikit barang. Decluttering dibutuhkan untuk mengurangi barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Kamu bisa memulai step by step decluttering dengan membaca buku Tidying Up With Marie Kondo. Buku ini lebih dari sekedar buku panduan tentang cara membersihkan dan menyingkirkan barang. Tapi juga berisikan bagaimana belajar lebih banyak tentang diri kita sendiri melalui keterikatan kita dengan berbagai hal, khususnya pada barang.

Dalam bukunya, Marie menjelaskan cara untuk tahu apakah barang tersebut masih kita butuhkan atau tidak. Yaitu dengan memegang barang tersebut sambil menanyakan pada diri sendiri “Apakah barang ini memicu kebahagiaan dalam hidupku? Apakah membuat aku merasa nyaman dengan diriku?”. Ini dilakukan satu per satu dengan semua barang yang kamu miliki. Dengan begitu kamu memposisikan barang seolah-olah mereka hidup dan memiliki perasaan serta mengenali keterikatan kamu dengan barang yang kamu miliki. Dengan melakukan cara tersebut kamu akan mengetahui sebenarnya apa saja yang kamu butuhkan. Hidup akan terasa lebih ringan dengan menyimpan barang-barang secukupnya, sesuai dengan yang dibutuhkan.

 

Tidak ada cara yang benar atau salah dalam melakukannya

Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memulai Hidup Minimalis. Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Damai 5

Saat kamu memutuskan untuk memulai hidup minimalis, kamu sadar kalau melakukannya untuk dirimu sendiri. Bukan untuk membuat siapa pun terkesan dengan keputusanmu. Kamu dengan orang lain memiliki kebutuhan yang berbeda dalam melakukannya.

Tidak ada cara yang benar atau salah, yang ada hanya panduan bukan aturan yang ketat. Mungkin kamu membutuhkan waktu lebih dari sebulan untuk menyingkirkan barang-barang yang tidak kamu perlukan dan belajar lebih mengenal apa yang sebenarnya kamu butuhkan. Ada juga yang melakukannya hanya dalam beberapa hari saja. Tidak ada tenggat waktu dalam melakukannya. Memulai hidup minimalis bukanlah suatu kompetisi yang harus ada juaranya. Itu hanya antara kamu dan barang-barang kamu sendiri. Jadi fokus aja sama yang kamu lakukan. Hanya kamu sendiri yang tahu apa yang membuat kamu nyaman dan bahagia.

 

Membeli barang karena kualitasnya

Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memulai Hidup Minimalis. Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Damai 6

Menjadi minimalis akan membuat kamu menjadi lebih sedikit dalam membeli barang daripada sebelumnya. Karena kamu gamau dong udah cape-cape menyingkirkan barang-barang yang numpuk dirumah, eh masuk lagi yang baru. Sehingga ini akan merubah pola pikir kamu dalam membeli barang. Saat berada di situasi dimana kamu harus membeli barang, kamu akan mencoba bertanya tentang kualitasnya. Karena bukan hanya tentang harga dan kuantitas. Daripada harus membeli barang dengan harga murah namun kualitasnya buruk, sehingga cepat rusak yang pada akhirnya kamu malah membuangnya.

Dengan membeli barang yang berkualitas dengan harga yang sedikit lebih mahal namun awet, ini akan menciptakan lebih sedikit limbah dan membawa sedikit barang baru kedalam rumah. Atau kamu juga punya pilihan lain dengan memilih secondhand stuff. Sudah banyak sekali secondhand store yang menjual barang-barang bekas namun berkualitas. Contohnya akun komunitas di Instagram seperti @di.pakailagi. Bisa juga dengan ikut acara yang dilakukan oleh organisasi penggiat solusi fashion yaitu @tukarbaju_

Minimalis berarti menjalani hidup yang lebih sederhana tanpa bergantung dengan barang atau harta benda. Jadi kamu bisa lebih fokus mengisi hidupmu dengan pengalaman melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kamu sayangi. Buat kamu yang mau memulai hidup minimalis, lakukan lah perlahan dan semangat!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Summaire

   

A lifelong learner, more meaningful life

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap