Yogyakarta International Airport & 5 Moda Transportasi yang Bisa Dipakai Kesana!


Yogyakarta International Airport & 5 Moda Transportasi yang Bisa Dipakai Kesana! 1

Terhitung sejak tanggal 29 Maret 2020 lalu, bandara baru di Yogyakarta, Yogyakarta International Airport atau YIA itu sudah mulai beroperasi. Bandara itu terletak jauuuhhh sekali dari kota. Bandara baru tersebut terletak di Kulon Progo yang jaraknya dari kota bisa sampai 2 jam! Emang bikin puyeng banyak orang yang biasa pakai pesawat.

Terus pada nanyain, kesana naik apa? Apa aja moda transportasinya? Jauh banget sih?! Tenang, meski jauh, ada kok moda transportasinya. Nih ogut kasih tahu!

Memakai Taksi atau Ojek Online

Yogyakarta International Airport & 5 Moda Transportasi yang Bisa Dipakai Kesana! 3

Opsi moda transportasi dari YIA ke Kota Yogyakarta atau sebaliknya yang pertama adalah taksi atau ojek online. Memang terlihat lebih mudah dan simple. Bisa jemput di depan rumah dan bisa antar sampai depan rumah. Tapi, tarifnya luar biasanya mahal sob! Untuk Grab Car, dari Tugu harganya sekitar Rp. 186.000 ke atas. Untuk Grab Bike sendiri, harganya bisa 100 ribuan ke atas. Gojek pun sama di kisaran harga segitu. Tapi, kalau pakai GoRide, malah nggak bisa dipesan, karena jaraknya lebih dari 30 KM. salah satu moda transportasi ke YIA, tapi mahal.

Pakai Kendaraan Antar Jemput Bandara

Yogyakarta International Airport & 5 Moda Transportasi yang Bisa Dipakai Kesana! 4

Kalau yang ini biasnaya disediakan oleh Traveloka atau aplikasi traveling online lainnya. Tarifnya ada di angka 199 ribuan sampai 350 ribuan permobil dengan daya tampung 4 orang. Kelebihannya sih kurang lebih sama kayak taksi online dan ojek oonline. Bisa 24 jam dan titik penjemputannya lebih nyaman. Tapi tetep aja, mahal!

Menggunakan DAMRI

Yogyakarta International Airport & 5 Moda Transportasi yang Bisa Dipakai Kesana! 5

Moda transportasi yang ketiga ada dari DAMRI. Kalau tarif DAMRI ini terbilang murah. Harganya hanya 50 ribu rupiah saja. Tapi, ada jadwalnya. Jadwalnya jam 6 pagi, jam 7 pagi, jam 10 pagi, jam 11 siang, jam 2 siang, dan jam 3 sore. Nggak fleksibel waktunya. Kalau kamu pesawat malem, ya pol mentok berangkat jam 3 sore.

Tapi, DAMRI ini enaknya selain murah, meskipun jadwal terbatas, bisa dikombinasikan dengan Kereta Api. Caranya adalah dengan naik KA dulu ke stasiun Wojo, lalu meneruskan naik DAMRI di jam 4.40 WIB, 5.08WIB, 10.45 WIB, 11.40 WIB, dan 14.30 WIB. Tarif DAMRInya murah. Cuma 15 ribu.

DAMRI juga menambah rute baru yakni dari Sleman City Hall, Komplek Pemda Sleman, Terminal Jombor ke YIA setiap 20 menit dengan harga 25 ribu. Lalu dari Galeria Mall jam 6 pagi dengan tarif 70 ribu. Dan yang terakhir dari hotel Limaran Malioboro dan Hotel Grand Inna Malioboro di jam 6 pagi dengan tarif 50 ribu.

Jika kalian mau, bisa pesan langsung di terminal keberangkatan atau di aplikasi resmi DAMRI. Agak ribet dan kurang fleksibel sih ya… tapi dari pada mahal?

Menggunakan Shuttle Khusus

Yogyakarta International Airport & 5 Moda Transportasi yang Bisa Dipakai Kesana! 6

Cara berikutnya menuju YIA adalah dengan menggunakan shuttle bus khusus yang sudah disediakan. Tarif shuttle ini beragam. Tapi kebanyakan dimulai dari harga 50 ribu rupiah. Tapi, sama seperti DAMRI, shuttle bus ini memiliki lokasi penjemputan, dan jam yang tidak fleksibel. Jangan sampai salah jam atau salah lokasi penjemputan. Bisa gagal berangkat kamu nanti!

Menggunakan Kereta

Yogyakarta International Airport & 5 Moda Transportasi yang Bisa Dipakai Kesana! 7

Cara terakhir adalah dengan menggunakan kereta. Caranya dengan naik kereta Bandara ke Stasiun Wojo karena stasiun itu adalah yang terdekat dari bandara. Tarifnya sekarang kabarnya masih promo, harganya 15 ribu. Kalau sudah nggak promo harganya bisa 60 ribu. Naik kereta ini juga nggak langsung berhenti di depan bandara. Ya agak jauh lah. Kalian masih harus naik DAMRI atau kendaraan lain untuk sampai ke bandara. Kereta Api ini juga ada jadwalnya sendiri-sendiri. Jadi emang agak ribet.

Sampai saat ini belum ada sih moda transportasi yang langsung ke bandara dan nggak ribet atau mahal. Jadi agak susah kalau ente-ente mau naik pesawat lewat bandara YIA. Sama kayak kalau mau naik pesawat lewat Bandara Adi Soemarmo Solo. Sama-sama 2 jam ke sananya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap