Yuk, Berpetualang Ke Gunung Rungking

Yuk, Berpetualang Ke Gunung Rungking 1

Menuju Gunung Rungking bila melalui Jakarta dapat ditempuh kurang lebih selama 4 jam perjalanan. Dimulai dengan berkendara menuju exit tol Karawang Barat dan dilanjutkan mengikuti Jalan Raya Pasar Jati hingga masuk ke Jalan Raya Pangkalan, dan area ke Pasar Loji Karawang.

Usai rehat sejenak di Pasar Loji, perjalanan kemudian dapat dilakukan menuju ke arah Jalan Raya Cidoro. Dari Jalan Raya Cidoro ini, perjalanan dapat dilanjutkan hingga Dusun Sinapeul, Desa Wargasetra. Nah, dari dusun inilah bagi yang berkendara besar seperti mobil atau minibus dapat diparkir.

Desa Sinapeul merupakan desa yang dihuni sekitar 35 Kepala Keluarga, dan biasa menerima kedatangan para penjelajah alam ataupun pendaki yang ingin melanjutkan perjalanan ke Gunung Rungking. Warga juga memperkenalkan sistem inap home stay, tentu dengan biaya seikhlasnya lho.

Untuk para penikmat petualangan alam, dapat secara mudah meminta warga untuk mendampingi selama perjalanan. Ketersediaan porter juga dipatok dengan tarif sukarela. Akan dapat dirasakan betapa warga di dusun ini sangat menghormati para pendatang.

Dokpri. petualangan bersama anak-anak Sinapeul
Dokpri. petualangan bersama anak-anak Sinapeul

Apabila ingin diantar berpetualang, kalian bisa menghubungi Wak Slamet atau Kang Carik agar diantar dan dipandu sesuai dengan keinginan para pendatang.

Suasana akrab bersama anak-anak desa disana, juga dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi para pendatang. Mereka tidak segan untuk mengajak para tamunya untuk ikut berpetualang sesuai kesukaannya masing-masing. Ada yang suka berenang di sungai, ataupun berburu hewan-hewan di hutan.

Apabila hendak menuju Gunung Rungking, para pengunjung dapat melanjutkan perjalanan kurang lebih selama 45 menit dari Dusun Sinapeul. Dalam perjalanan akan ditemui tanah lapang yang dikenal dengan Situs Taman Batu. Nah, di area ini pengunjung dapat membuka tenda sambil menikmati suasana alam perbukitan.

Dari area Taman Batu, pemandangan Gunung Rungking yang menjulang sudah dapat terlihat lebih dekat. Tidak jauh dari area itu, ada sumber mata air yang dapat langsung diminum tanpa harus dimasak. So pasti dapat membuat para pengunjung lebih terlena dengan nuansa alam.

Sedangkan, Gunung Rungking sendiri merupakan gunung batu yang kokoh berdiri pada ketinggian 650 mdpl. Sebuah “surga” bagi para pecinta panjat tebing dan petualang alam.

Dokpri. Gunung Rungking
Dokpri. Gunung Rungking

Disini masih sangat jarang para pendatang yang datang, alamnya pun masih sangat asri dan penuh dengan pepohonan rimbun. Walau dalam perjalanan menuju lokasi, akan ditemui area bekas galian batu alam yang ditambang secara ilegal. Namun semua itu dapat memberikan hikmah bagi kita yang datang kesana.

Struktur tebing yang memiliki ragam sudut kemiringan, akan memacu adrenalin bagi para pecinta tantangan. Bagi para pemanjat, dapat pula membuka area camping tepat dibawah Gunung Rungking.

Sedangkan bagi para penggemar petualangan alam, area sekitar Gunung Rungking memiliki track unik tersendiri yang dapat membangun jiwa para petualang untuk bisa bereksplorasi. Melatih jiwa survival di alam liar ataupun membuat bivak di pedalaman hutan.

Semoga dapat menambah referensi destinasi wisata kita. Khususnya bagi para penggemar petualangan alam. Jangan lupa, untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan disana ya. Jelajah Gunung Rungking, so pasti recomended banget untuk saat ini. Selamat berpetualang, salam lestari.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Hendra Fokker