Yuk Bikin Acara Liburan Di Rumah Yang Berkesan Bersama Anak-anak

Yuk Bikin Acara Liburan Di Rumah Yang Berkesan Bersama Anak-anak 1

Bagi kamu yang berkarir di luar rumah, tentu sering merasa bersalah karena harus meninggalkan anak-anak. Menjadi wanita karir memang pilihan sulit. Kita harus bisa memanfaatkan waktu agar antara pekerjaan kantor dan keluarga mendapat perhatian yang cukup. Dari Senin sampai Jumat waktu kita untuk anak-anak sangat terbatas.

 Week-end menjadi saat yang dinanti-nanti. Manfaatkan waktu liburmu sebagai quality time dengan anak-anak. Meski tidak dapat mengganti kehilangan waktu selama kamu bekerja, quality time selama hari libur dapat mendekatkanmu dengan anak-anak kembali.

Coba ajak anak-anak untuk menyusun kegiatan selama hari libur. Tidak perlu keluar rumah dan tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak. Kegiatan yang dilakukan bersama dengan melibatkan anak akan menjadi hal yang mengesankan. Ini akan membuat anak-anak merasa kembali nyaman selama ditinggal kerja minggu depan. Berikut beberapa yang dapat kamu lakukan:

1. Main bersama

Ini terkesan simpel ya. Main bersama anak tentu menjadi hal yang menyenangkan. Kamu bisa main lompat tali, tebak-tebakan atau petak umpet bersama. Kamu nggak usah merasa enggan. Anggap saja sedang mengulang masa kecil. Lihat bagaimana reaksi anak-anakmu!

2. Memasak

Masak-memasak merupakan kegiatan yang mengasikkan. Anak cowok maupun cewek banyak yang suka memasak. Selain meningkatkan kedekatan dengan anak, masak bersama juga akan menjadi cara untuk melatih anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Tentu harapannya anak-anak akan menjadi lebih mandiri.

Buat aneka makanan yang simple. Jangan kuatir dapur dan pakaian anakmu menjadi kotor. Keceriaan anak-anak jauh lebih berharga dari sekedar kebersihan dapur dan pakaian.

3. Membersihkan rumah

Selain menumbuhkan kedekatan dengan anak, membersihkan rumah bersama juga akan mengajarkan anak-anak untuk bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan. Beri tugas kepada si anak untuk membersihkan halaman atau mengelap kaca jendela. Jangan pikirkan apakah akan menjadi sebersih yang kamu harapkan atau tidak. Yang terpenting adalah kamu dapat menikmati hari libur dan mengajarkan banyak hal kepada anak-anak.

4. Jalan-jalan di sekitar rumah

Udara pagi yang segar sangat menyehatkan. Senin sampai Jumat pagi hari merupakan waktu tersibuk, maka Sabtu atau Minggu pagi merupakan waktu yang sangat tepat untuk bersantai bersama. Ajak anak-anak untuk berjalan-jalan mengelilingi komplek perumahan. Selain dapat meningkatkan kesehatan dan menambah kedekatan dengan anak, berjalan-jalan sekitar komplek juga dapat mengenalkan anak kepada tetangga. Kamu juga sekalian dapat mengajarkan kepada anak bagaimana menyapa tetangga yang ditemui dengan baik.

5. Berkebun

Ini salah satu kegiatan yang sedang trend. Tidak masalah jika kamu tidak memiliki kebun yang luas. Bertanam di polybag sudah cukup menyenangkan bagi anak-anak. Beri anak-anak tugas memasukkan tanah ke dalam polybag. Ajari mereka bagaimana membuat komposisi media tanam yang tepat untuk bibit yang akan ditanam. Jika kamu juga belum mahir dalam berkebun, kamu dapat browsing terlebih dulu. Jangan lupa sediakan semua perlengkapan yang dibutuhkan!

Setelah melakukan beberapa kegiatan di atas, coba lihat reaksi anak-anakmu! Pasti mereka merasa senang dan ingin mengulang lagi minggu depan. Untuk mengisi liburan tidak selalu harus ke luar kota dan mengeluarkan uang yang banyak.  Dan yang pasti kegiatan di atas lebih banyak memberi manfaat bagi anak-anak.

Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.