Yuk Cari Tahu Keunikan Bintang Laut, Lengan Yang Putus Dapat Hidup Lagi!


Yuk Cari Tahu Keunikan Bintang Laut, Lengan Yang Putus Dapat Hidup Lagi! 1

Bintang laut merupakan hewan yang hidup di dasar laut. Habitatnya di pasir dan di antara terumbu karang. Plankton dan makhluk kecil lainnya merupakan makanan bintang laut.

Sekilas bintang laut tampak tidak mempunyai mata dan mulut. Padahal hewan ini mempunyai mata yang jumlahnya banyak. mulut bintang laut dapat terbuka sangat lebar sehingga dapat memakan mangsa yang berukuran setengah dari tubuhnya. Apa saja keunikannya, yuk kita cari tahu!

1. Jumlah lengan bintang laut tidak sama

Mungkin kamu mengira bintang laut mempunyai lengan yang jumlahnya lima. Hal itu tidak selalu benar. Bintang laut dapat mempunyai lengan lima, tujuh, sepuluh bahkan sampai dua puluh. Meski hidup di laut, bintang laut tidak dapat berenang, tetapi berjalan di dasar laut.

Permukaan tubuh bintang laut ada yang halus, ada yang berbulu, bahkan ada yang berduri. Duri bintang laut ada yang berbahaya karena mengandung racun.

2. Lengan bintang laut dapat putus dan tumbuh lagi

Dalam keadaan bahaya bintang laut akan memutuskan lengannya untuk mengelabuhi musuh. Lengan bintang laut yang putus dapat tumbuh lagi pada menjadi sempurna kembali. Bintang laut perlu waktu satu tahun untuk menumbuhkan lengannya yang putus.

Bagian lengan yang terputus dapat hidup menjadi bintang laut yang baru selama ada sarafnya. Jadi jika bintang laut mempunyai 10 lengan, dan masing-masing putus dapat menjadi 10 bintang laut yang baru.

Lengan bintang laut bukan alat untuk bergerak. Binatang yang mempunyai kemampuan berjalan sangat cepat ini mempunyai ratusan kaki yang terletak di bagian bawah badannya. Bentuk kaki bintang laut seperti silinder kecil.

3. Jumlah mata bintang laut sesuai dengan jumlah lengan

Bintang laut merupakan hewan yang unik. Mata bintang laut terletak di ujung masing-masing lengan. Jadi jumlah mata bintang laut sesuai dengan jumlah lengan yang dimiliki.

Mata bintang laut berupa titik kecil yang berada di ujung lengan. Jumlah mata bintang laut tergantung jumlah lengannya. Mata bintang laut berfungsi untuk melihat kondisi sekitar, mengamati keberadaan musuh dan makanan.

4. Dapat hidup sampai umur 35 tahun

Jangan heran jika bintang laut dapat berkembang biak menjadi banyak.  Selain mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga potensi hidup tinggi, bintang laut juga dapat bertahan hidup sampai umur 35 tahun. Cukup tua ya. Daya tahan hidup dan keindahan bintang laut mengundang banyak orang untuk melihatnya.

5. Ukuran bintang laut beragam

Bintang laut ada yang berasal dari spesies ukuran kecil ada yang besar. Bintang laut ada yang berukuran 4 cm sampai 10 cm. Berat bintang laut berbeda-beda. yang kecil kurang dari 1kg dan yang besar lebih dari 10kg.

6.Tidak mempunyai otak dan darah

Berbeda dengan makhluk lain yang mempunyai otak untuk pusat pergerakan dalam tubuh, bintang laut tidak mempunyai otak dan tidak mempunyai darah. Sebagai pengganti darah, bintang laut memompa air laut ke seluruh tubuhnya.

Bintang laut selain cantik juga unik. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik. meski terlihat cantik beberapa jenis bintang laut sangat berbahaya karena dapat mengeluarkan racun.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap