Yuk, Kenali Perbedaan Cupcake dan Muffin!

Yuk, Kenali Perbedaan Cupcake dan Muffin! 1

Cupcake dan muffin merupakan dua jenis baked goods yang hampir ada di semua bakery atau toko roti. Karena keduanya sama-sama disajikan dalam cup kertas, tidak sedikit yang keliru membedakan satu sama lain.

Untuk membedakannya, biasanya orang-orang menandainya dengan ada tidaknya frosting atau lapisan gula atau buttercream di atas kue. Umumnya, cupcake dihiasi dengan buttercream dan aneka toping di atas kue yang membuat cupcake menjadi semakin cantik, sedangkan muffin memiliki tampilan lebih sederhana tanpa ada buttercream ataupun toping di atasnya.

Selain dari segi tampilan, banyak hal yang membuat cupcake dan muffin ini berbeda. Mulai dari bahan yang digunakan hingga cara pembuatan. Berikut merupakan beberapa perbedaan dasar antara cupcake dengan muffin.

1. Cupcake merupakan mini cake, sedangkan muffin merupakan quick bread

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Cupcake merupakan cake berbentuk mini dengan cup kertas sebagai wadahnya. Cupcake merupakan salah satu jenis dessert dengan aneka pilihan rasa yang manis, seperti cokelat, vanilla, hingga red velvet. Rasa manis atau pilihan rasa ini biasa didapat dari aneka frosting atau buttercream atau toping yang di atas cupcake. Berbeda dengan cupcake, muffin merupakan salah satu jenis quick bread. Rasa muffin tidak semanis cupcake karena tidak ada frosting atau buttercream di atasnya. Beberapa muffin bahkan disajikan dengan rasa yang gurih.

2. Bahan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Layaknya membuat roti atau kue pada umumnya, bahan dasar untuk membuat cupcake dan muffin pun sama, yaitu tepung terigu, telur, mentega, gula, dan susu. Perbedaannya, cupcake menggunakan jenis tepung berprotein rendah, sedangkan muffin menggunakan tepung berprotein sedang atau tepung serbaguna.

Selain tepung, mentega yang digunakan pun berbeda. Cupcake biasa menggunakan mentega ataupun margarin sebagai lemaknya, sedangkan muffin menggunakan mentega, minyak sayur, ataupun minyak zaitun. Selain itu, adonan cupcake biasanya dibuat polosan, tidak ada isian atau bahan-bahan tambahan.

Adonan muffin juga dapat dibuat polosan, tetapi tidak sedikit yang menambahkan beragam isian atau bahan-bahan tambahan, seperti kacang, keju, chocochips, hingga buah kering.

3. Cara Membuat

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Cupcake dan muffin dibuat dengan cara yang berbeda. Cupcake dibuat dengan teknik creaming, sedangkan muffin dibuat dengan teknik blending. Cupcake dibuat dengan mengocok lemak (mentega atau magarin) yang masih berbentuk padat dengan gula hingga keduanya menciptakan gelembung-gelembung udara kecil yang merata pada adonan agar remahan kue yang dihasilkan nantinya menjadi lembut.

Teknik yang digunakan untuk membuat muffin ialah teknik blending, yaitu menggunakan lemak yang sudah dicairkan dan perlahan-lahan dicampur dengan gula. Proses pembuatan adonan muffin tidak sekrusial membuat adonan cupcake. Hal yang paling penting diperhatikan ketika membuat adonan muffin adalah bahan basah atau cair dengan bahan kering (seperti gula dan tepung) tercampur rata. Adonan muffin tidak perlu dibuat selembut cupcake, sehingga hasil adonan akan menjadi lebih padat.

4. Hasil dan Penyajian

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Setelah dipanggang, cupcake yang berhasil akan memiliki tekstur yang halus dan rapi pada bagian atasnya, sedangkan muffin memiliki tekstur yang crumbly dan tidak beraturan. Setelah dingin, cupcake disajikan dengan menambahkan aneka buttercream atau toping di atasnya, sedangkan muffin tidak ditambahkan apapun. Isian, seperti kacang, chocochips, ataupun buah kering pada muffin sekilas akan terlihat seperti toping.

Sekarang sudah paham bukan perbedaan cupcake dengan muffin? Keduanya merupakan makanan yang sama-sama lezat dan mengenyangkan. Jangan lupa buat mencoba mencicipinya, ya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh