Yuk Liburan, Tempat Yang Pas Untuk Liburan di Goa Putri


Yuk Liburan, Tempat Yang Pas Untuk Liburan di Goa Putri 1

Sumatera Selatan tidak hanya menyimpan wisata alam seperti air terjun dan makanan khas kulinernya seperti pempek akan tetapi ada wisata alam yang mengenalkan sejarah yaitu Goa Putri terletak di desa Padang Bindu kecamatan Pengadonan OKU ( Ogan Kemering Ulu ) sekitar 35 km dari kota Baturaja Sumatera  Selatan.

Letak Goa Putri sangat mudah dicapai karena letaknya tidak jauh dari jalan raya utama lintas Baturaja – Prabumulih Palembang. Di jalan masuk kearah Goa Putri terdapat sebuah jembatan besar di atas sungai Ogan dan papan penunjuk arah ke Goa Putri dengan tulisan ojek wisata Goa Putri.

Di atas jembatan anda bisa melihat aktivitas masyarakat desa sedang mencuci,  mandi di sungai tersebut. Namun ada salah satu yang menarik di sungai tersebut, yakni adanya sebuah batu yang seolah tumbuh ditengah sungai.

Batu tersebut kini mulai ditumbuhi  rerumputan menutupi bentuk aslinya. Konon cerita yang berkembang di masyarakat batu inilah yang dikisahkan dalam legenda sang putri balian itu dikutuk menjadi batu oleh sakti madraguna di zaman itu beranama si Pahit lidah karena ketika ditegur tidak digubris sehingga dikutuk menjadi batu.

Photo.1 Jembatan aliran sungai menuju Goa Putri
Photo.1 Jembatan aliran sungai menuju Goa Putri

Tidak jauh dari sungai  kira – kira 1 km anda bisa menemukan sebuah goa yang oleh penduduk setempat disebut Goa Selabe atau sekarang di sebut Goa Putri.

Sebelum masuk ke goa pastikan untuk berdoa sebelum memasuki goa untuk menghormati para leluhur disana serta pengunjung bisa dipandu oleh pemandu goa yang ada disana untuk mengenalkan tempat di tiap – tiap sudut goa tersebut. Goa tersebut didalamnya kita akan melihat banyak ukiran bebatuan  yang menyerupai hewan seperti gajah, harimau dan ada beberapa kolam pemandian.

Untuk akses masuk pengunjung dapat melewati jalan setapak yang sudah ada dan anak tangga untuk menaiki jalan keatas kedalam goa tersebut.

Panjang Goa tersebut lebih dari 150 meter dan masih sangat alami serta tidak tembus artinya kita harus kembali melalui jalan masuk jika akan keluar goa.

Photo.2. Pintu gerbang masuk Goa Putri
Photo.2. Pintu gerbang masuk Goa Putri
Photo.3. Ornamen stalatit dan bebatuan goa 
Photo.3. Ornamen stalatit dan bebatuan goa 

Goa Putri ini belum dipasangi listrik hanya sebagian saja, namun sekarang jangan khawatir di sekitar Goa Putri di berikan lampu penerangan di sudut – sudut goa untuk menambah cantik dan eksotisnya didalam goa tersebut.

Untuk yang gemar berpetualang tidak menghalangi berbekal lampu senter sudah cukup untuk masuk goa tersebut. Tiket masuk murah untuk dewasa 5000 sedangkan anak – anak 2500

Tidak dapat dipastikan goa ini ditemukan tapi menurut cerita yang berkembang memang Goa Putri ini sudah ada sejak dulu dan masyarakat sekitar menyebut Goa Putri yang dalam bahasa setempat disebut susumen dusun.

Susunan berarti Goa dan dusun berarti desa jadi arena goa begitu besar maka masyarakat setempat menyebutnya Goa Desa.

Memasuki Goa Putri banyak keindahan alam ciptaan tuhan yang sangat menakjubkan dapat anda saksikan bagaikan peninggalan kerajaan pada zaman dahulu yang runtu masih utuh identik goa yang dipenuhi stalagmit dan stalagtit menambah indahnya Goa tersebut.

Photo.4. walpaper stalatit goa putri
Photo.4. walpaper stalatit goa putri

Untuk pengujung dapat berfoto dengan latar belakang dinding goa yang di berikan penerangan lampu warna warni yang ada di tiap sudut goa, dan bisa menemukan sebuah ruangan celah goa yang eksotis ketika matahari menembus mulut goa menambah suasana yang eksotis karena sinar matahari menembus cahaya menembus diselah- selah bebatuan yang besar di dalam  Goa  Putri.   

Photo.5. Cahaya sinar matahari menembus celah bebatuan goa
Photo.5. Cahaya sinar matahari menembus celah bebatuan goa
Photo.6. Bentuk stalatit di dalam goa putri
Photo.6. Bentuk stalatit di dalam goa putri

Pada pintu masuk anda dapat melihat patung seekor singa yang seolah – olah sedang ada orang  disana jika mencuci muka dengan air didalam goa menjadi awet muda tidak kelihatan tua.

Pemandangan didalam goa sangat indah dan udara sangat sejuk kita dapat mendengar gemericik air di dalam goa, dan bagi pengunjung untuk dapat mengenali sejarah asal usul goa tersebut bisa di pandu oleh pemandu goa yang ada disana untuk pembayaran tarif suka rela.

Untuk pengunjung kesana pastikan bekal kendaraan dan tetap selalu sehat dan terapkan ptorokal kesehatan, have nice fun travelling bumi Sriwijaya..,


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Harto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap