Yuk, Mari Kita Berkenalan Dengan Psikoanalisa dan Gunung Es Nya


Yuk, Mari Kita Berkenalan Dengan Psikoanalisa dan Gunung Es Nya 1

Ada yang tau ga apa itu psikoanalisa? Psikoanalisa adalah aspek-aspek psikologis kita mulai dari tingkah laku, emosi, motivasi, dan gangguan mental yang dipengaruhi oleh ketidaksadaran kita atau yang biasa kita kenal dengan sebutan alam bawah sadar. 

Ada 3 prinsip utama yang mempengaruhi psikoanalisa, ke-3 prinsip utama tersebut adalah ketidaksadaran, psikopatologi, dan pengaruh Charles Darwin. Berbeda dengan aliran psikologi lainnya, aliran psikoanalisa lebih berfokus pada ketidaksadaran manusia.

 

Aspek Mental Dan Psikologis Kita Diibaratkan Seperti Gunung ES

Yuk, Mari Kita Berkenalan Dengan Psikoanalisa dan Gunung Es Nya 3

Tau kah kalian, menurut para tokoh psikoanalisa ternyata aspek mental dan psikologis kita diibaratkan seperti gunung es. dibalik gambar gunung es diatas, terdapat arti yang sangat dalam, yaitu apa yang kita tampilkan dalam kehidupan sehari-hari, apa yang tampak dari diri kita, apa yang ada di dalam kesadaran kita sehari-hari, hanya sebagian kecil saja yang terlihat. Hal-hal yang kita sembunyikan dari hadapan umum, peristiwa yang tidak menyenangkan, terdapat dibagian bawah kesadaran atau yang kita sering sebut alam bawah sadar. 

 

Sekarang kita kenalan dengan tokoh yang paling berpengaruh pada psikoanlisa yuk, tokoh dari psikoanalisa tersebut adalah Sigmund Freud. Teori dari Sigmund Freud sangatlah terkenal tidak hanya di psikologi tetapi pada ilmu bidang lainnya seperti filsafat dan sastra. 

 

Sigmund Freud (1856-1939)

Yuk, Mari Kita Berkenalan Dengan Psikoanalisa dan Gunung Es Nya 4

Freud lahir di freiberg, pada tanggal 6 mei 1856. Freud mempercayai bahwa ada hukum sebab-akibat yang mempengaruhi setiap kejadian mental, pemikiran Freud sendiri tidak lepas dari pengaruh teori evolusi Charles Darwin. Freud sangat yakin jika ketidaksadaran kita memiliki peran yang sangat penting dan berpengaruh besar pada kepribadian seseorang. 

Ada 4 pokok pikiran utama dari Freud yaitu insting, struktur kepribadian, mekanisme pertahanan diri, dan tahap perkembangan seksual pada manusia. Mari kita bahas lebih lanjut :

1. Insting

Insting merupakan sumber dari stimulus dari dalam tubuh yang menggerakan tingkah laku

2. Struktur Kepribadian Manusia 

Terdapat 3 struktur kepribadian manusia yaitu id (memuaskan kebutuhan fisik), ego (aspek rasional yang bertanggung jawab untuk mengkontrol id), dan superego (norma dan nilai yang terdapat di dalam masyarakat).

3. Mekanisme Pertahanan Diri

Bekerja di bawah alam kesadaran manusia, untuk mengurangi kecemasan

4. Tahap Perkembangan Seksual Pada Manusia 

Perkembangan seksual manusia terbentuk secara lengkap pada saat usia 5 tahun. 

Nah itu dia sekilas tentang psikoanalisa, semoga menambah pengetahuan kalian ya.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Maria Kenya

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments