Yuk Mengenal Perbedaan dari Manga, Manhwa dan Manhua

Yuk Mengenal Perbedaan dari Manga, Manhwa dan Manhua 1

Siapa sih yang gatau dengan Manga, hampir semua orang saat ini sudah mengenal Manga, lalu bagaimana dengan Manhwa dan Manhua, mungkin bagi sebagian pembaca merasa asing dengan komik Manhwa dan Manhua. Nah untuk itu disini saya akan membahas perbedaan dari ke tiga komik tersebut yaitu Manga, Manhwa dan Manhua.

1. Manga

Para pembaca pasti sudah pada tahu kalau Manga ini bersalah dari negeri Sakura, Jepang. Manga bukan lagi hal asing bagi para pembaca, mengingat banyaknya komunitas pecinta anime dan jejepangan di Indonesia saat ini. Untuk membaca Manga, sudah wajib hukumnya untuk membaca dari panel kanan atas kemudia ke kiri. Untuk pewarnaannya Manga mayoritas hadir melalui komik hitam putih. Walau hitam putih, manga biasanya menampilkan detail bertekstur untuk latar belakang atau warna perabotannya. Sedangkan untuk penggambarannya Manga hadir dengan Multi Panel.

kiri ke kanan : Naruto, Bleach, & One Piece
kiri ke kanan : Naruto, Bleach, & One Piece

Manga memiliki banyak genre cerita, tetapi untuk saat ini genre yang paling mendominasi yaitu genre fantasi, menghadirkan protagonis berkekuatan super melawan antagonis yang juga berkekuatan super. Sebagian lagi hadir dalam bentuk Manga iseka (dunia lain), genre Manga yang menceritakan kehidupan protagonis yang masuk dan terjebak di dunia paralel.

2. Manhwa

Manhwa adalah komik yang berasal dari Korea Selatan, untuk para pembaca yang sering membuka Line Webtoon pasti udah gak asing lagi karena komik yang ada di Line Webtoon adalah Manhwa. Cara membaca Manhwa berbeda dengan Manga, untuk membaca nya dimulai dari kiri atas kemudian ke kanan, untuk penggambaran Manhwa hadir dengan Vertical atau memanjang ke bawah tidak di batasi kotak-kotak panel seperti Manga. Tapi terkadang ada beberapa Manhwa yang menggunakan cara menggambar Multi Panel. Mahnwa hadir dengan warna komik yang colorful tidak hitam putih seperti manga.

kiri ke kanan : The Beginning After The End, Solo Leveling, & Tomb Raider King
kiri ke kanan : The Beginning After The End, Solo Leveling, & Tomb Raider King

Manhwa menghadirkan genre yang tidak terlalu berat untuk diikuti. Biasanya Manhwa menceritakan tentang kehidupan sehari-hari karakter yang dibumbui hal-hal berbau romance, tetapi belakangan ini Mahnwa semakin didominasi cerita tentang fantasi dan isekai.

3. Manhua

Manhua adalah sebuah komik yang berasal dari negeri tirai bambu, China. Manhua mungkin sebgian pembaca masih merasa asing dengan komik dari china ini. Cara membaca, penggambaran dan pewarnaan Manhua ini sama dengan Manhwa, membaca dari kiri atas lalu ke kanan, penggambaran vertical dan warna komik yang colorful.

Manhua hampir mirip dengan Manga, Manhua biasanya didominasi dengan cerita tentang pertarungan karakter utama yang berkekuatan super. Bedanya, Manhua menghadirkan dalam bentuk Martial Art semacam pertarungan dengan teknik kung fu dan penggunaan senjata ajaib. Tidak hanya itu, sekarang ini mulai ada beberapa Manhua yang kini memiliki genre romance.

kiri ke kanan : Martial Peak, Apotheosis & Tales of Demons and Gods
kiri ke kanan : Martial Peak, Apotheosis & Tales of Demons and Gods

Nah itulah perbedaan dari ke tiga komik ini, semoga dengan membaca artikel ini para pembaca tidak kebingungan lagi untuk membedakan antara Manga, Manhwa dan Manhua. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa lain waktu.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Hyakyu