Yuk, Olah Kentang Menjadi 4 Hidangan Lezat Berikut!

Yuk, Olah Kentang Menjadi 4 Hidangan Lezat Berikut!

Selain nasi, kentang juga merupakan sumber karbohidrat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian kita. Bahkan, tidak sedikit beragam menu diet yang mengganti asupan karbohidrat dari nasi menjadi dari kentang.

Selain memberikan waktu kenyang yang lebih lama, kentang juga dapat diolah menjadi beragam olahan atau sajian yang lezat. Jika kamu memiliki persediaan kentang di rumah, kamu dapat mengolahnya menjadi beragam sajian seperti berikut.

1. Kentang Goreng

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Kentang goreng atau french fries merupakan salah satu jenis olahan berbahan dasar kentang yang paling sering kita jumpai dan paling mudah untuk dibuat. Meski demikian, kentang goreng ini memiliki rasa yang lezat dan banyak orang yang menggemarinya.

Cara membuat kentang goreng ini sangat sederhana. Kamu hanya perlu mengupas dan memotong kentang dengan ukuran sesuai selera kamu. Agar memiliki rasa yang lebih gurih, kamu dapt membumbui kentang dengan garam maupun penyedap.

Goreng kentang hingga matang. Agar tambah lezat, kamu dapat menaburkan aneka jenis bumbu tabur ataupun mencocolnya dalam saus.

2. Mashed Potato

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Mashed potato merupakan jenis hidangan yang sering kita temukan di menu-menu western food dan sering dijadikan makanan pendamping steak. Selain itu, mashed potato ini juga sering digunakan sebagai menu diet untuk mengganti karbohidrat pada nasi.

Mashed potato ini terbuat dari bahan dasar kentang yang dikukus kemudian ditumbuk atau digiling hingga halus. Setelah halus, kentang ditambahkan dengan aneka jenis bumbu sesuai selera kamu.

Kamu juga dapat menambahkan susu ataupun keju, kemudian memasaknya lagi sebentar agar semua bahan tercampur rata dan mendapatkan tekstur yang lebih creamy.

3. Perkedal Kentang

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Perkedel kentang biasa disajikan sebagai hidangan lauk. Perkedel kentang ini memiliki cita rasa yang gurih dan sangat lezat karena terdapat campuran telur pada adonannya. Untuk membuat perkedel kentang ini, kamu perlu merebus atau mengukus kentang terlebih dahulu, kemudian tumbuk hingga halus.

Setelah halus, tambahkan tepung, telur, dan aneka bumbu, campur hingga merata. Bentuk adonan sesuai selera, kemudian goreng hingga matang. Perkedel kentang ini memliki tekstur yang sedikit krispi di luar tetapi lembut di dalam.

4. Donat Kentang

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Donat kentang merupakan salah satu jenis variasi dari donat. Donat kentang ini bisa dibuat dari adonan donat biasa yang ditambhkan dengan kentang ataupun mengganti sebagian besar tepung pada adonan donat dengan menggunkan kentang.

Donat kentang memiliki rasa dan tekstur yang tidak jauh berbeda dengan donat pada umumnya. Hanya saja, donat kentang ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan padat di dalam, tetapi krispi di luar.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh