Yuk, Perbaiki Kerusakkan Gen Sedini Mungkin


Yuk, Perbaiki Kerusakkan Gen Sedini Mungkin 1

Istilah gen sudah tak asing lagi di telinga kita. Apalagi di tengah ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin hari semakin berkembang. Tentu, memudahkan kita untuk mengetahui apapun yang ingin kita ketahui.

Pernahkah Anda mendengar atau melihat fakta di sekitar Anda, di mana seorang Pria berkulit hitam, berpostur tinggi, menikahi seorang Wanita Jepang bertubuh mungil, berambut hitam lurus dan berkulit putih. Keduanya memiliki seorang anak lelaki dengan ciri fisik berkulit gelap dan berbadan tinggi seperti Ayahnya, namun rambutnya hitam dan lurus seperti Ibunya dan memiliki mata yang sipit. Nah, hal ini yang dinamakan pewarisan sifat oleh gen.

Gen adalah materi genetik yang tersusun atas DNA yang berada pada kromosom. Dilansir dari National Human Genome Research Institute, gen adalah unit dasar pewarisan genetik yang diturunkan dari orangtua pada keturunannya. Manusia memiliki 23 kromosom dengan 20.000 hingga 25.000 gen dalam kromosomnya. 

Yuk, Perbaiki Kerusakkan Gen Sedini Mungkin 3

Lalu, bagaimana jika gen kita mengalami kerusakan? Apa Dampaknya dan apa yang harus kita lakukan untuk memperbaikinya? Tentu saja, konsumsi makanan yang tepat dan alami yang tubuh kita butuhkan untuk dapat memperbaiki dirinya sendiri secara alami pula. Jika asupan makanan kita sehat dan tepat, tentu gen kitapun akan berfungsi seperti seharusnya, namun jika makanan sudah tak alami, dalam artian sudah melalui proses pengolahan yang berlebih hingga berpengawet, maka sudah dapat dipastikan bahwa makanan tersebut seharusnya tak layak untuk dikonsumsi sebab dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit.

Salah Satu Penyakit Paling Mematikan di Dunia
Salah Satu Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Akibat Kerusakan Gen Dapat Mengakibatkan Hal-Hal Berikut :

  • Pembentukan tumor atau kanker akibat pembelahan sel yang tak teregulasi
  • Keadaan dormansi ireversibel atau dikenal sebagai proses penuaan
  • Apoptosis atau bunuh diri sel

Tahukah Anda apa sih bahan baku dari Gen yang terdapat dalam tubuh kita? Yup, bahan baku Gen kita adalah Asam Amino. Lalu, Produk alami apa sih yang mengandung Asam Amino itu? Yuk, kita simak!

Yuk, Perbaiki Kerusakkan Gen Sedini Mungkin 4

Berikut Beberapa Fungsi Besar Asam Amino :

  • meningkatkan masa otot
  • Mencegah kerontokan rambut
  • Memelihara kesehatan jantung
  • Menjaga keseimbangan hormon dan enzim
  • Meningkatkan stamina dan daya ingat

4 Produk Alami Yang Kaya Akan Asam Amino 

1. Produk Lebah Yaitu Madu dan Royal Jelly

Yuk, Perbaiki Kerusakkan Gen Sedini Mungkin 5

Madu, memiliki kandungan yang terdiri dari protein, kalsium, serat, fosfor, karbohidrat, besi, natrium, kalium, tembaga, seng, riboflavin atau vitamin B2, niacin atau vitamin B3, serta vitamin C.

Kandungan yang terdapat dalam madu mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan, sebab mengandung anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam saluran cerna yang akhirnya busa merusak sel-sel tubuh manusia. 

Madu juga berperan penting dalam menurunkan resiko kanker yang terjadi akibat sel-sel tubuh menjadi abnormal ; tumbuh tanpa kendali dan tidak mati. Hal ini mengakibatkan sel menumpuk dan membentuk tumor. Senyawa aktif dalam madu dapat mencegah poliferasi sel dandan merangsang apoptosis (siklus pembelahan sel saat sel terbelah menjadi dua). Sementara apoptosis adalah program yang memerintahkan sel untuk mati.

Manfaat berikutnya dari madu adalah dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. kandungan flavonoid, polfenol, Vitamin C, monofenol mampu meningkatkan vasodilatasi (pelebaran) pembuluh koroner, menurunkan kemampuan trombosit dalam pebekuan darah dan menghambat proses oksidasi kolesterol jahat serta mencegah peradangan pembuluh darah di sekitar jantung.

Selain itu, madu berperan dalam membantu proses penyembuhan luka, merawat kelembaban dan elastisitas kulit dari penuaan dini, menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah, serta menurunkan kadar gula darah. Madu aman untuk penderita diabetes dan pengganti produk gula, sebab memiliki kandungan glikemik yang rendah sehingga membantu kestabilan gula darah.

2. Kurma

Yuk, Perbaiki Kerusakkan Gen Sedini Mungkin 6

Tahukah Anda? Kurma dan Madu merupakan 2 jenis asam amino yang hampir nyaris sama kandungannya. Kamu bisa memilih, mengkonsumsi salah satunya saja. Selain Madu, Kurma juga banyak memiliki khasiat luat biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Seperti ; kalori, lemak, karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin B6, zat besi, magnesium, potassium, tembaga, mangan, kalium, vitamin K, folat serta anti-oksidan.

Manfaat dari semua kandungan pada kurma masih punya kesamaan dengan manfaat madu bagi tubuh kita. Yaitu ; mencegah anemia, meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita, mengganti elektrolit tubuh yang hilang akibat dehidrasi, melindungi tubuh dari peradangan, pengganti gula yang sehat dan  menstabilkan gula dalam darah, membantu melancarkan proses persalinan normal jika dikonsumsi rutin selama beberapa minggu perkiraan akan melahirkan dan mencukupi kebutuhan gizi dan kalori.

Dan masih banyak kekayaan manfaat lain dari kurma yang sama miripnya dengan madu adalah menangkal radikal bebas, meningkatkan kesehatan tulang, menjaga kesehatan otak, membantu mencukupi kecukupan cairan.

3. Kelor atau Moringa Oleifera

Yuk, Perbaiki Kerusakkan Gen Sedini Mungkin 7

Tahukah Anda? Tanaman yang satu ini sangat kaya akan Asam Amino. Kelor, memiliki 20 jenis lemak yang sama pada minyak zaitun. Jika kayak akan asam amino, sudah pasti tanaman yang satu ini mempunyai kandungan yang kurang lebih sama dengan kandungan yang terdapat pada Madu dan Kurma. Hanya bedanya, daun kelor harus kita olah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Seperti dibikin sup hangat yang enak untuk pelengkap makan siang yang sehat tentunya. Namun, perlu  diingat, dalam proses pengolahannya cukup ditambahkan garam dan bawang tanpa bumbu penyedap. Selain itu, saat proses memasak jangan sampai melebihi tingkat kematangan yang seharusnya, karena nutrisi daun kelornya akan hilang ketika suhu mencapai 60 hingga 70 drajat celcius (denaturasi atau kerusakan kandungan bermanfaat yang terdapat dalam sebuah makanan)

4. Air Kelapa Murni

Yuk, Perbaiki Kerusakkan Gen Sedini Mungkin 8

Air yang satu ini sungguh luar biasa manfaatnya bagi kesehatan manusia. Selain kandungannya yang sama dengan ketiga produk di atas, air kelapa murni juga kaya manfaat jika dikonsumsi langsung tanpa proses pengawetan apalagi sudah diproduksi dalam kemasan. Tentu, khasiatnya sudah hilang.
Mengkonsumsi air kelapa yang baik ketika baru dipetik dan segera dihabiskan ketika sudah dibuka, sebab air kelapa yang telah dibuka akan terpapar dengan udara sehingga dapat mengurangi khasiatnya.

Konsumsi Air Kelapa Murni sangat bagus dipadukan dengan dagingnya serta ditambahakan madu atau kurma dan sedikit garam, lalu diblender. khasiatnya Jus ini sangat luar biasa untuk obat kanker dan bersih-bersih badan.

Nah, luar biasa baiknya Tuhan karena telah menyediakan apapun yang kita perlukan untuk memperbaiki kesehatan dan fungsi tubuh kita seperti seharusnya. Manusia harusnyapun tak perlu mengeluarkan uang yang berlebih untuk suatu proses penyembuhan, sebab apa yang kita butuhkan untuk perbaikan tubuh, semuanya sudah disediakan. Asalkan kita rutin, tidak ada yang tidak mungkin.

Sama halnya dengan kendaraan, tubuh kita juga butuh dirutinkan untuk dilakukan perawatan agar memperbaiki fungsinya dari dalam. Tentu, dengan bahan alami yang tumbuh subur di atas tanah ini. Apa yang kita makan hari ini, menentukan kesehatan kita hingga 30 tahun ke depan.
Salam sehat dan semoga kita mengimplementasikan tulisan ini sebagai makanan wajib di daftar menu sehat kita setiap hari yah…!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Keytimu_12'March

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap