Zat Etilen untuk Mempercepat Matangnya Buah, Aman atau tidak ?

Zat Etilen untuk Mempercepat Matangnya Buah, Aman atau tidak ?

pada umumnya mengalami proses pematangan dengan waktu yang relatif lama apabila di ukur dengan waktu normal, namun dalam hal ini adalah kita menggunakan suatu zat yang bernama etilen yaitu untuk mempercepat proses pematangan dari atau yang dianggap lebih cepat dari waktu normal.

Zat ini adalah zat yang terkandung dalam sebuah tanaman atau -buahan yang merupakan sebuah hormon yang kemudian diambil dan diberikan pada sebuah tanaman atau -buahan, agar atau misalnya -buahan agar cepat matang atau menguning.

Zat Etilen untuk Mempercepat Matangnya Buah, Aman atau tidak ?

pisang yang tadinya hijau kemudian berwarna kuning dengan cepat, ini merupakan proses alami yang dibuat oleh suatu zat alami yang disemprot atau di berikan pada atau -buahan agar cepat matang.

Proses ini tidak membutuhkan waktu lama dan dengan secara praktis kita bisa memanen -buahan atau sayur- dengan jangka waktu yang lebih cepat dari waktu normal.

Baca juga  Selain Dapat Mencegah Kanker, Ini Manfaat dari Buah Semangka

Zat ini memang membuat menjadi lebih lunak, misalnya saja proses pematangannya dengan warna kulitnya saja cepat merubah warna hijau menjadi warna kuning.

Hasilnya terlihat begitu menarik sementara karena dengan aroma dan juga  tekstur yang hampir sama ini, zat ini memang sangat berkhasiat untuk dan buah-buahan.

Meratakan matangnya buah

Fungsi dari zat etilem ini juga dapat merangsang pertumbuhan atau mempercepat proses matangnya buah dan , dimana ketika ada buatlh yang tidak bareng matang nya bisa bareng matang.

Beberapa jenis buah yang matangnya tidak berbarengan itu dengan adanya zat etileb ini bisa meratakan matangnya buah, sehingga menjadi berwarna kuning semua.

Baca juga  7 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Kamu Makan Zaitun

Keamanan bagi kesehatan

Selama ini penggunaan ini memang dirasa cukup aman tidak menimbulkan efek racun atau bagi kesehatan manusia,karena penggunaan ini semacam gas yang nantinya jika gasnya habis ini akan menguap dan hilang.

Dan ini hanya merangsang pada buah saja, sehingga tidak berpengaruh pada rasa dari buah tersebut. Rasa dari buah tersebut yang diberikan zat tersebut tidak jauh berbeda dengan rasa buah yang tumbuh dengan normal, tanpa adanya penambahan zat perangsang ini.

Aturan pakai

Mengenai penggunaan atau aturan pakai dari penggunaan ini memang cukup mudah yaitu dengan memberikan sekitar 1 mililiter zat tersebut yang dicampur dengan 1 liter air biasa yang kemudian diaduk dan kemudian buah yang sudah dipanen yang sekiranya belum matang sempurna atau belum matang secara merata bisa dimasukkan dicelupkan atau disemprot dengan zat tersebut, sehingga proses dari pematangan itu akan terlihat bagaimana buah tersebut akan matang dengan merata dan juga terlihat lebih menarik.

Baca juga  5 Buah & Sayur Yang Melambangkan Cinta

Asal mula

Penggunaan senyawa etilen ini merupakan rangkaian proses dari terbentuknya hormon yang ada dalam tumbuhan atau buah-buahan dan ini merupakan zat yang memang berasal dari hormon dari tumbuh-tumbuhan, tanaman tanaman dan buah-buahan yang kemudian diproduksi secara buatan dan dijadikan sebagai zat untuk merangsang pertumbuhan dan proses pematangan dari buah atau sayur-.

Sehingga aman untuk dipergunakan, dan tidak menimbulkan efek atau bahaya bagi kesehatan tubuh manusia, karena ini juga diperbolehkan untuk dipergunakan karena saat ini memang sangat cocok untuk pertumbuhan dari senyawa etilen sendiri.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Wiranto