4 Anime Tentang Depresi yang Bikin Kita Peduli

4 Anime Tentang Depresi yang Bikin Kita Peduli

Menonton tak hanya dapat menghibur dan pengisi waktu luang saja namun kita juga bisa mengambil pesan moral yang terkandung dari yang kita tonton tersebut. Nah, di bawah ini ada beberapa tentang yang bikin kita peduli, apa saja? Langsung simak artikel berikut ini yuk!

1. Colorful

4 Anime Tentang Depresi yang Bikin Kita Peduli

ini bercerita tentang seorang remaja SMP bernama Makoto Kobayashi yang meninggal karena bunuh diri. Sebelum dirinya pergi ke alam baka, Makoto diberi kesempatan kedua untuk hidup kembali dan memperbaiki kesalahannya dahulu dengan ditemani oleh PuraPura. Singkat cerita Makoto menjalani aktivitasnya di sekolah dengan ingatannya yang mendadak hilang. Sehingga dirinya kembali beradaptasi dengan lingkungannya serta mencoba mencari alasan kenapa dirinya mengakhiri hidupnya.

Fakta-fakta mulai terkuak seiring berjalannya waktu, ketika Makoto mendapati ibunya berselingkuh dengan pria lain, ayahnya yang selalu sibuk, kakaknya yang selalu meremehkannya, teman-teman sekolahnya yang kerap kali membullynya dan juga Hiroka, perempuan yang disukainya ternyata menjual dirinya pada pria hidung belang hanya untuk memenuhi gaya hidupnya yang mewah.

Baca juga  Manga Shingeki No Kyojin : Ymir Telah Berniat Memakan Armin

Dalam kondisi terpuruk itu, Makoto bertemu dengan Saotome yang mengajarinya untuk melihat kehidupan dari sudut pandang yang lain. Hal itu membuat Makoto berusaha untuk menjalani hidupnya dengan baik.

2. The Anthem of Heart

4 Anime Tentang Depresi yang Bikin Kita Peduli

ini bercerita tentang seorang gadis SMA bernama Jun Narase yang memiliki gangguan psikologis karena trauma dengan perceraian orangtuanya yang disebabkan oleh dirinya. Hingga Jun kerap kali sakit perut jika berbicara. Suatu ketika gurunya meminta Jun untuk menjadi panitia kegiatan amal di sekolahnya agar Jun bisa berinteraksi dengan teman-temannya. Selain Jun, ada tiga orang lainnya yang bergabung yaitu Takumi, Daiki dan Nitou.

Baca juga  Misteri Besar Yang Telah Terkuak Dalam Serial Attack On Titan

Jun diam-diam menyukai Takumi yang jago bermain musik, sehingga Jun berusaha untuk keluar dari belenggu yang mengungkungnya selama ini. Sedangkan Takumi malah menyukai Nitou dan Daiki yang merupakan mantan pemain baseball yang agak menyebalkan itu menyukai Jun.

3. Only Yesterday

4 Anime Tentang Depresi yang Bikin Kita Peduli

dari studio Ghibli ini bercerita tentang seorang wanita bernama Taeko Ojima yang berusia 27 tahun, dirinya kerap kali disuruh cepat menikah oleh keluarganya dan dijodohkan oleh kedua kakaknya. Hal itu membuat Taeko kesal dan mengambil cuti kerja untuk berlibur ke Yamagata. Di sana Taeko tinggal di rumah keluarga kakak iparnya, dan bertemu dengan Toshio, anak dari keluarga tersebut.

Baca juga  10 Karakter Terkuat di Anime Fairy Tail

Selama di Yamagata, Taeko sering mengingat luka masa kecilnya yang belum sembuh dan membuatnya agak . Taeko sering membicarakan hal itu pada Toshio, sehingga tanpa disadari mereka menjadi dekat.

4. A Silent Voice

4 Anime Tentang Depresi yang Bikin Kita Peduli

ini bercerita tentang seorang siswa SMA bernama Shoya Ishida yang tengah mencoba bunuh diri dengan menabrakkan dirinya ke mobil, namun niat itu diurungkannya karena melihat kembang api. Hal itu membuat Shoya mengingat kembali kejadian kelam saat di sekolah dasar. Dulu Shoya terkenal karena suka membully Shoko Nishimiya, seorang gadis tuna rungu hingga Shoko pindah sekolah. Sejak kejadian itu, Shoya menjadi target bully teman-temannya, sampai dia SMA, dirinya tak pernah memiliki teman.

Suatu ketika, tanpa sengaja Shoya bertemu dengan Shoko, dan dirinya mencoba untuk menebus kesalahannya di masa lalu. Namun ternyata Shoko mencoba untuk bunuh diri karena luka di masa kecilnya itu, meskipun bunuh diri itu digagalkan oleh Shoya.

Nah, itu dia keempat tentang yang bikin kita peduli, semoga bermanfaat ya!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Purwanti