5 Anime Keren Yang Tayang Di TV Indonesia


5 Anime Keren Yang Tayang Di TV Indonesia 1

Anime mengacu pada film animasi, meski ada dua perbedaan dalam mendefinisikan anime ini. Di luar Jepang, anime di definisikan sebagai animasi khusus yang berasal dari Jepang. Sebaliknya di Jepang sendiri, anime mengacu kepada semua jenis animasi di dunia. Sejarah anime di Jepang dimulai sekitar tahun 1917 ketika televisi belum lahir. Namun karena gempa dan perang, banyak studio dan teater yang hancur. Dan pada era 60’an anime kemudian mulai ditayangkan di televisi. Tepatnya pada tahun 1963, Tetsuwan Atom (Astro Boy) tayang perdana di televisi.

Saat ini animasi-animasi Jepang telah berkembang pesat, seiring dengan perkembangan teknologi untuk memproduksi-nya. Animasi Jepang tidak hanya tayang di dalam negeri saja, namun hampir di seluruh dunia. Di Indonesia animasi Jepang ini juga banyak yang tayang di televisi nasional. Penggemar dari tayangan ini sebagian besar memang di dominasi oleh remaja bahkan juga orang-orang dewasa. Nah, berikut delapan anime keren yang pernah tayang atau sebagian masih tayang di televisi-televisi Indonesia :

 

One Piece

5 Anime Keren Yang Tayang Di TV Indonesia 3

One Piece merupakan serial  anime yang diangkat dari manga dengan judul yang sama. Manga ini ditulis dan diilustrasikan oleh  Eiichiro Oda, seorang mangaka Jepang dari  prefektur Kumamoto. Serial manga One Piece merupakan manga terlaris selama sejarah manga. Serial manga ini diterbitkan di majalah Weekly Shōnen Jump milik Shueisha sejak 22 Juli 1997 hingga sekarang. Serial animennya mulai tayang pada tanggal 21 September 2008. Serial ini di kerjakan oleh studio Toei Animation, dengan produser Tsuyoshi Sakurai dan Katsumi Tokoro sebagai sutradaranya.

Serial One Piece ini bercerita tentang seorang kapten bajak laut bernama Monkey D.Luffy dan kawan-kawannya. Dia merupakan sosok bajak laut dengan topi jerami yang bertualang mengelilingi dunia. Pertempuran-pertempuran serta alur cerita yang tidak monoton membuat One Piece ini hingga kini masih begitu digemari di seluruh dunia.

 

Naruto

5 Anime Keren Yang Tayang Di TV Indonesia 4

Anime yang ke dua ini juga diambil dari serial manga dengan judul yang sama. Serial manga ini dikarang oleh Masashi Kishimoto dan diterbitkan oleh Shueisha dalam majalah Weekly Shonen Jump. Serial manga Naruto diterbitkan mulai 21 September 1999 – 10 November 2014. Sedangkan untuk serial animenya ditayangkan pada tanggal 3 Oktober 2002 – 23 Maret 2017 (2 Seri). Seri anime ini dikerjakan oleh Studio Pierrot dan tayang di saluran asli TV Tokyo.

Serial Naruto bercerita tentang perjalanan seorang ninja bernama Naruto. Dia yang bercita-cita menjadi Hokage (Pemimpin Desa Daun/Konoha) harus menjadi incaran para tokoh antagonis (Akatsuki) dalam serial ini. Hal itu dikarenakan dalam tubuhnya tersegel makhluk siluman yang disebut biju dengan kekuatan yang besar bernama Kyuubi. Perjuangan Naruto dan kawan-kawannya kemudian berbuah manis di akhir cerita. Naruto berhasil mengalahkan Akatsuki  dan menciptakan perdamaian di dunia ninja.

 

Detektif Conan

5 Anime Keren Yang Tayang Di TV Indonesia 5

Detektif Conan merupakan judul manga dan anime yang diterbitkan di Indonesia, di Jepang manga ini dinamakan Meitantei Konan, di negara lain disebut juga dengan nama Case Closed atau Detective Conan. Serial manga ini ditulis dan diilustrasikan oleh  Gosho Aoyama. Manga ini mulai terbit pada tanggal 19 Januari 1994 sampai sekarang. Diterbitkan oleh Shogakukan dalam majalah Weekly Shonen Jump. Sedangkan untuk seri anime, mulai ditayangkan pada tanggal 8 Januari 1996 sampai sekarang.

Detektif Conan menceritakan tentang detektif SMA berusia 17 Tahun, yang diracun oleh 2 orang misterius sehingga tubuhnya mengecil. Untuk menyembunyikan identitasnya dan mengawasi sindikat tersebut, ia menyamarkan namannya menjadi Conan Edogawa. Kemudian ia tinggal bersama seorang teman sejak kecil, Ran Mouri, putri seorang detektif swasta Kogoro Mouri. Meskipun tubuhnya mengecil, namun kemampuannya memecahkan kasus masih sama seperti sebelumnya. Biasanya, ia menyelesaikan kasus-kasus tersebut dengan meniru suara Kogoro Mouri dengan alat yang diciptakan oleh tetangganya, Profesor Agasa. Selain alur ceritanya dalam memecahkan berbagai kasus kriminal, perjalanan Detektif Conan merupakan kisah permusuhannya dengan organisasi hitam yang pernah meracuninya.

 

Dragon Ball

5 Anime Keren Yang Tayang Di TV Indonesia 6

Sebelum diangkat dalam serial anime, Dragon Ball juga merupakan manga. Serial ini ditulis dan diilustrasikan oleh Akira Toriyama, seorang mangaka Jepang yang menjadi inspirator mangaka-mangaka lain. Serial manga ini di tulis dan diilustrasikan antara November 1984 dan Mei 1995. Dan keseluruhan dari manga ini diterbitkan oleh Weekly Shonen Jump sebelum di akuisi oleh Sheisa. Sedangkan serial animenya ditayangkan pada Februari 1986 dengan hak animasi oleh Studio Toei Animation.

Dragon Ball menceritakan tentang perjalanan Son Goku, seorang bocah yang tinggal sendirian di pegunungan. Dia bertemu dengan seorang perempuan genius bernama Bulma yang sedang mencari 7 bola ajaib yang konon ketika bisa di kumpulkan akan memanggil seekor naga yang dapat mengabulkan berbagai permintaan. Bola-bola itulah yang kemudian disebut Dragon Ball. Setiap kali bola ini terkumpul dan memanggil seekor naga dan telah mengabulkan permintaan, maka bola ini akan kembali tersebar keseluruh dunia. Pencarian dan perebutan bola inilah yang kemudian memicu berbagai konflik dan pertempuran dalam serial Dragon Ball ini. Berbagai musuh yang kuat baik dari planet bumi maupun planet lain akan bertemu dan bertempur dengan Son Goku dan kawan-kawannya.

 

 

Captain Tsubasa

5 Anime Keren Yang Tayang Di TV Indonesia 7

Captain Tsubasa merupakan manga dan anime yang bergenre olaraga. Manga Captain Tsubasa ditulis dan diilustrasikan oleh Yoichi Takahashi. Kemudian serial anime diadaptasi dengan judul yang sama dan dikerjakan oleh Group TACT serta Toei Animation. Serial anime ini di tayangkan di saluran Animax dan TV Tokyo.

Captain Tsubasa bercerita tentang perjalanan seorang anak bernama Tsubasa Ozora untuk membawa Jepang menjuarai Piala Dunia Sepak Bola. Ketika masih dalam sekolah dasar, Tsubasa bermain untuk tim sekolahnya, Nankatsu. Perjuangan demi perjuagan di lakukan oleh Tsubasa yang pada akhirnya mampu membawa Jepang menjadi Juara Piala Dunia. Serial manga dan anime yang satu ini memang cukup menarik. Banyak kemudian pemain-pemain sepak bola terkemuka di dunia terinspirasi dari manga dan anime ini.

Nah, itulah 5 serial anime yang pernah atau masih tayang di televisi Indonesia. Karya-karya dari negeri sakura ini memang begitu populer di Indonesia. Tentunya tak hanya sekedar hiburan semata, beberapa diantaranya dapat kita pelajari hikmah dan pelajarannya. Atau setidaknya kita bisa sedikit belajar tentang pemikiran orang-orang Jepang, salah satu negara yang saat ini paling maju di dunia.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Elang

   

Semenjak lama suka menulis, kemudian mencoba untuk menuangkannya melalui media sosial atau blog. Sekarang sedang merawat blog di http://tanimillenial.com

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap